Perspektif Filsafat Konsep Nilai Idealisme Dalam Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.69698/jpai.v1i2.434Keywords:
Filsafat, Aliran Idealisme, Pendidikan IslamAbstract
Filsafat idealis merupakan salah satu aliran filsafat dimana dalam aliran tersebut menekankan pentingnya keutamaan jiwa, pikiran atau ruh di atas materi atau benda. Esensi manusia adalah apa yang disebut jiwa atau spiritualitas, atau ``Roh.''dimana Pikiran adalah bentuk dimana dunia dapat dirasakan, dan juga merupakan suatu penggerak dalam semua tindakan manusia. Peranan filsafat di dalam dunia pendidikan yaitu sebagai acuan filsafat pendidikan dengan tujuan mewujudkan filsafat pendidikan yang sangat diinginkan oleh bangsa dan masyarakat . dalam penelitian ini bersifat deskriptif dan menggunakan metode literatur . Di Sepanjang sejarah, filsafat idealisme juga sering dikaitkan dengan hubungan ketuhanan, yang keduanya fokus pada aspek spiritual. Oleh karena itu, dalam pembahasan filsafat idealis pendidikan Islam juga meliputi beberapa hal seperti, kurikulum , tujuan , bahan ajar , metode , kedudukan peserta didik dalam pendidikan Islam, kedudukan siswa dalam pendidikan Islam yang juga Mencakup sudut pandang yang berbeda-beda terhadap suatu permasalahan juga peran pengajar dan pendidik dalam pendidikan Islam.
References
Alam, L. (2016). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Perguruan Tinggi Umum Melalui Lembaga Dakwah Kampus. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 101. https://doi.org/10.24269/ijpi.v1i2.171
Basettu, B. (2017). Konflik Dan Ketenangan Dalam Hukum Islam Antara Idealisme Dan Realisme. Al-Bayyinah, 1(2), 29–42. https://doi.org/10.35673/al-bayyinah.v1i2.15
Frimayanti, A. I. (2017). Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), Hal. 240.
Hasan Basri, Filsafat Pendidikan Islam, Cet. I, (Bandung: Pustaka Sentia, 2009), hal. 9.
Iswahyudi, M. S., Irianto, I., Salong, A., Nurhasanah, N., Leuwol, F. S., Januaripin, M., & Harefa, E. (2023). Kebijakan Dan Inovasi Pendidikan: Arah Pendidikan di Masa Depan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Iswahyudi, M. S., Munizu, M., Muktamar, A., Badruddin, S., Suryani, L., Kustanti, R., ... & Kelana, R. P. (2023). Kepemimpinan Organisasi: Teori Dan Praktik. PT. Green Pustaka Indonesia.
Januaripin, M. (2023). Penerapan Metode Diskusi Hubungannya Dengan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII IPA Madrasah Aliyah Miftahul Huda Subang. Journal on Education, 6(1), 9814-9821.
Muhammad Ichsan Thaib. (2015). Essensialisme dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 4(2), 731–762.
munasir. (2023). Model Pendidikan Akhlak Bagi Anak Dalam Keluarga Kyai. KAMALIYAH : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 1–17. Retrieved from https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/kamaliyah/article/view/33
Muzayyin Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, Cet. II, (Jakarta: Bumi Aksara, 2005), hal. 3
Siti Yumnah, M. M. P. A. Z. M. T. S. M. J. T. T. M. Z. A. H. A. R. K. H., Abdul Khakim, M. P., Design, L. T. Z., Pustaka, P. C., & Januaripin, M. (2023). Studi Agama Islam Kontemporer. Pena Cendekia Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=qVzqEAAAQBAJ
Yanuarti, E. (2016). Pendidikan Islam Dalam Perspektif Filsafat Idealisme. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 146–166.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Alifkhan, Muhammad Yusron Maulana El-Yunusi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.