Perspektif Filsafat Konsep Nilai Idealisme Dalam Pendidikan Islam

Authors

  • Muhammad Alifkhan Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Muhammad Yusron Maulana El-Yunusi Universitas Sunan Giri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.69698/jpai.v1i2.434

Keywords:

Filsafat, Aliran Idealisme, Pendidikan Islam

Abstract

Filsafat idealis merupakan salah satu aliran filsafat dimana dalam aliran tersebut menekankan pentingnya keutamaan jiwa, pikiran atau ruh di atas materi atau benda. Esensi manusia adalah  apa yang disebut jiwa atau spiritualitas, atau ``Roh.''dimana Pikiran adalah bentuk dimana dunia dapat dirasakan, dan juga merupakan suatu penggerak dalam semua tindakan manusia. Peranan filsafat di dalam dunia pendidikan yaitu sebagai acuan  filsafat pendidikan dengan tujuan mewujudkan filsafat pendidikan yang sangat diinginkan oleh  bangsa dan masyarakat . dalam  penelitian ini bersifat deskriptif dan menggunakan metode literatur . Di Sepanjang sejarah, filsafat idealisme juga sering dikaitkan dengan hubungan ketuhanan, yang keduanya fokus pada aspek spiritual. Oleh karena itu, dalam pembahasan filsafat idealis pendidikan Islam juga meliputi beberapa hal seperti, kurikulum , tujuan , bahan ajar , metode , kedudukan peserta didik dalam pendidikan Islam, kedudukan siswa dalam pendidikan Islam yang  juga Mencakup sudut pandang yang berbeda-beda terhadap suatu permasalahan juga peran pengajar dan  pendidik dalam pendidikan Islam.

References

Alam, L. (2016). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Perguruan Tinggi Umum Melalui Lembaga Dakwah Kampus. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 101. https://doi.org/10.24269/ijpi.v1i2.171

Basettu, B. (2017). Konflik Dan Ketenangan Dalam Hukum Islam Antara Idealisme Dan Realisme. Al-Bayyinah, 1(2), 29–42. https://doi.org/10.35673/al-bayyinah.v1i2.15

Frimayanti, A. I. (2017). Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), Hal. 240.

Hasan Basri, Filsafat Pendidikan Islam, Cet. I, (Bandung: Pustaka Sentia, 2009), hal. 9.

Iswahyudi, M. S., Irianto, I., Salong, A., Nurhasanah, N., Leuwol, F. S., Januaripin, M., & Harefa, E. (2023). Kebijakan Dan Inovasi Pendidikan: Arah Pendidikan di Masa Depan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Iswahyudi, M. S., Munizu, M., Muktamar, A., Badruddin, S., Suryani, L., Kustanti, R., ... & Kelana, R. P. (2023). Kepemimpinan Organisasi: Teori Dan Praktik. PT. Green Pustaka Indonesia.

Januaripin, M. (2023). Penerapan Metode Diskusi Hubungannya Dengan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII IPA Madrasah Aliyah Miftahul Huda Subang. Journal on Education, 6(1), 9814-9821.

Muhammad Ichsan Thaib. (2015). Essensialisme dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 4(2), 731–762.

munasir. (2023). Model Pendidikan Akhlak Bagi Anak Dalam Keluarga Kyai. KAMALIYAH : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 1–17. Retrieved from https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/kamaliyah/article/view/33

Muzayyin Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, Cet. II, (Jakarta: Bumi Aksara, 2005), hal. 3

Siti Yumnah, M. M. P. A. Z. M. T. S. M. J. T. T. M. Z. A. H. A. R. K. H., Abdul Khakim, M. P., Design, L. T. Z., Pustaka, P. C., & Januaripin, M. (2023). Studi Agama Islam Kontemporer. Pena Cendekia Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=qVzqEAAAQBAJ

Yanuarti, E. (2016). Pendidikan Islam Dalam Perspektif Filsafat Idealisme. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 146–166.

Downloads

Published

2023-11-27

How to Cite

Muhammad Alifkhan, & Muhammad Yusron Maulana El-Yunusi. (2023). Perspektif Filsafat Konsep Nilai Idealisme Dalam Pendidikan Islam. KAMALIYAH : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 106–113. https://doi.org/10.69698/jpai.v1i2.434