Implementasi Budaya Saling Memaafkan Timbulkan Energi Positif Terhadap Lingkungan Sosial Perspektif Hadis

Authors

  • Irawati UIN Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.69698/jpai.v1i2.433

Keywords:

Hadis, Memaafkan, Lingkungan Sosial

Abstract

Dalam hubungan sosial, perbedaan kepentingan sering kali dapat menyebabkan konflik antar manusia karena masing-masing pihak cenderung mengutamakan kebutuhan dan kepentingannya sendiri tanpa ingin mengalah. Oleh karena itu, lingkungan sosial yang positif akan berdampak positif pada perkembangan pribadi dan perilaku individu. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan sikap saling memaafkan yang dapat menimbulkan energi positif terhadap lingkungan sosial yang di landasi dengan sebuah hadis nabi muhammad saw. Penelitian ini Penelitian ini merupakan tinjauan pustaka (library research). Sumber data yang dimanfaatkan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Materi yang digunakan terdiri dari buku, jurnal penelitian, artikel ilmiah, dan situs web resmi yang mengandung informasi yang relevan dengan fokus penelitian, yaitu dampak positif sikap saling memaafkan terhadap lingkungan sosial dalam perspektif hadis. Metode analisis yang diterapkan dalam penelitian ini adalah analisis deduktif, di mana data yang terkumpul dianalisis secara umum untuk kemudian diambil kesimpulan khusus. Hasil penelititan ini adalah sikap saling memaafkan dapat menimbulkan energi positif terhadap lingkungan sosial diantaranya hidup menjadi lebih tenang dan bahagia, tidak ada musuh, self healing atau belajar menyembuhkan diri sendiri dari kesalahan orang lain, menjadi orang yang lebih bijaksana, hubungan yang baik dalam berinteraksi sosial dan yang teakhir sikap saling memaafkan baik dalam kesehatan mental.

References

Ariadne A. Trianggon, Danny I. Yatim. (2020). Proses Memaafkan Dalam Konteks Agama Islam Pada Remaja Yang Orang Tuanya Bercerai, Insan Jurnal Psikologi Dan Kesehatan Mental, 5 (2), 89-111.

Catya Alentina. (2016). Memaafkan (Forgiveness) Dalam Konflik Hubungan Persahabatan, Jurnal Ilmiah Psikologi, 9 (2), 168-174.

Eko Zelfikar. (2018) Tradisi Halal Bihalal Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Hadis, Jurnal Studi Al-Qur’an, 14 (2), 29-52.

Fuad Nashori. (2011) Meningkatkan Kualitas Hidup Dengan Pemaafan, UNISIA, 33 (75), 215-226.

Iswahyudi, M. S., Irianto, I., Salong, A., Nurhasanah, N., Leuwol, F. S., Januaripin, M., & Harefa, E. (2023). Kebijakan Dan Inovasi Pendidikan: Arah Pendidikan di Masa Depan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Iswahyudi, M. S., Munizu, M., Muktamar, A., Badruddin, S., Suryani, L., Kustanti, R., ... & Kelana, R. P. (2023). Kepemimpinan Organisasi: Teori Dan Praktik. PT. Green Pustaka Indonesia.

Januaripin, M. (2023). Penerapan Metode Diskusi Hubungannya Dengan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII IPA Madrasah Aliyah Miftahul Huda Subang. Journal on Education, 6(1), 9814-9821.

munasir. (2023). Model Pendidikan Akhlak Bagi Anak Dalam Keluarga Kyai. KAMALIYAH : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 1–17. Retrieved from https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/kamaliyah/article/view/33

Pebry Zuanny, Subandi. (2016). Terapi Pemaafan Untuk Meningkatkan Kebermaknaan Hidup Warga Binaan Pemasyarakatan Di Lembaga Pemasyarakatan, Jurnal Psikoislamedia 1 (1), 23-46.

Perdana Kusuma, Syahra Ramadani Sukimin, Wardaniati, St. Nurkhaliza A, St. Fathimah Az-Sahrah AS, St. Rahmah Dianislamiati Faisal. (2023). Efektivitas Forgiveness Therapy Terhadap Motivasi Memaafkan Pada Wanita. Pinisi : Journal Of Art, Humanity And Social Studies, 3(2), 188-193.

Rahmat Hidayat, (2021) Konsep Memaafkan Dalam Psikologi Positif, Indonesian Journal Of Counseling And Development, 3 (2), 108-119.

Siti Yumnah, M. M. P. A. Z. M. T. S. M. J. T. T. M. Z. A. H. A. R. K. H., Abdul Khakim, M. P., Design, L. T. Z., Pustaka, P. C., & Januaripin, M. (2023). Studi Agama Islam Kontemporer. Pena Cendekia Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=qVzqEAAAQBAJ

Downloads

Published

2023-11-27

How to Cite

Irawati. (2023). Implementasi Budaya Saling Memaafkan Timbulkan Energi Positif Terhadap Lingkungan Sosial Perspektif Hadis. KAMALIYAH : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 98–105. https://doi.org/10.69698/jpai.v1i2.433