Perkembangan Peradaban Islam Indonesia Pada Masa Penjajahan Jepang

Authors

  • Na’imatul Hasanah Universitas Islam Negeri Walisongo
  • Muhammad Yusuf Tsaqif As’ad Universitas Islam Negeri Walisongo
  • Nasikhin Universitas Islam Negeri Walisongo
  • Fihris Universitas Islam Negeri Walisongo

DOI:

https://doi.org/10.69698/jpai.v1i2.432

Keywords:

Pengembangan Islam, Jepang, Penjajahan, Peradaban Indonesia

Abstract

Pemerintahan kolonial Jepang di Indonesia berlangsung dari tahun 1942 hingga 17 Agustus 1945. Perubahan yang lebih luas dibawa oleh masuknya Jepang ke Indonesia, terutama dalam bidang pendidikan. Pendidikan Islam digunakan untuk memperkuat posisi pemerintah Jepang melawan ancaman dari sekutu selama penjajahan Jepang. Pengembangan peradaban Islam di Indonesia selama pendudukan Jepang dibahas dalam artikel ini. Studi ini menunjukkan tiga hal menggunakan metode literatur: 1) dinamika kondisi sosial-budaya saat Jepang berada di Indonesia, 2) fungsi sistem pemerintahan, dan 3) strategi peradaban Islam di Indonesia. Sistem politik yang terbentuk, pendekatan yang diambil untuk memberi dakwah kepada umat Islam di bawah pemerintahan kolonial Jepang, dan empat faktor lainnya. 4) Kesulitan yang dihadapi, 5) Pemain kunci dalam peristiwa itu. Kurangnya tema dalam periode peradaban Islam selama pendudukan Jepang membuat studi ini merupakan tambahan penting untuk studi tentang pengajaran Islam di Indonesia.

References

Ary H.Gunawan, Kebijakan- Kebijakan Pendidikan (Bina Aksara, 1986).

Bahtiar Effendy, Islam dan Negara: Transformasi Pemikiran dan Praktek Politik Islam di Indonesia, (Jakarta: Paramadina, 1998).

Dwi Ari, Sejarah 1 : Untuk SMA/MA Kelas X, (Jakarta:Pusat Perbkuan, Departemen Pedidikan nasional).

Harry J. Bennda Terj. Daniel Dhakidae, Bulan Sabit dan Matahari Terbit: Islam Indonesia Pada Masa Pendudukan Jepang, (Jakarta:Pustaka Jaya,1998).

Hermanto Fredy, Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.

Iswahyudi, M. S., Irianto, I., Salong, A., Nurhasanah, N., Leuwol, F. S., Januaripin, M., & Harefa, E. (2023). Kebijakan Dan Inovasi Pendidikan: Arah Pendidikan di Masa Depan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Iswahyudi, M. S., Munizu, M., Muktamar, A., Badruddin, S., Suryani, L., Kustanti, R., ... & Kelana, R. P. (2023). Kepemimpinan Organisasi: Teori Dan Praktik. PT. Green Pustaka Indonesia.

Januaripin, M. (2023). Penerapan Metode Diskusi Hubungannya Dengan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII IPA Madrasah Aliyah Miftahul Huda Subang. Journal on Education, 6(1), 9814-9821.

Junaedi, M., Nasikhin, N., & Hasanah, S. (2022). Issues in the Implementing of Online Learning in Islamic Higher Education During the Covid-19 Pandemic. Ta'dib, 25(1), 33-46.

Junaedi, Mahfud, Nasikhin Nasikhin, and Silviatul Hasanah. (2022). "Issues in the Implementing of Online Learning in Islamic Higher Education During the Covid-19 Pandemic." Ta'dib 25.1.

munasir. (2023). Model Pendidikan Akhlak Bagi Anak Dalam Keluarga Kyai. KAMALIYAH : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 1–17. Retrieved from https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/kamaliyah/article/view/33

Nasikhin, N., & Raaharjo, R. (2022). Moderasi Beragama Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah dalam Konsep Islam Nusantara dan Islam Berkemajuan. Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman, 11(1), 19-34.

Nasikhin, N., & Shodiq, S. (2021). Different Perspective Of Religious Education In Islamic Theology And West Theology. Jurnal AlFatih, 4(2), 328-342.

Nasikhin, N., Ismutik, I., & Albab, U. (2022). Philosophy Of Islamic Science In Al-Farabi's Perspective. Rusydiah: Jurnal Pemikiran Islam, 3(1), 20-34.

Nurhalisa, Siti, et al. "The Urgence Of Islamic Philosophy For Education In Elementary School." JASNA: Journal For Aswaja Studies 2.2 (2022): 31-40.

R. Tresna, Peradilan Indonesia dari Abad ke-Abad, (Jakarta: Pradnya Paramita, 1978).

Ramayulis, Sejarah Pendidikan Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2011).

Ratna, Sukmayani dkk., ILMU PENGETAHUAN SOSIAL 3, (Jakarta:Grasindo,2008).

Saefudin, Ahmad, et al. "Active Non-Violence Education in Rural Culture." Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman 33.2 (2022): 287-308.

Siti Yumnah, M. M. P. A. Z. M. T. S. M. J. T. T. M. Z. A. H. A. R. K. H., Abdul Khakim, M. P., Design, L. T. Z., Pustaka, P. C., & Januaripin, M. (2023). Studi Agama Islam Kontemporer. Pena Cendekia Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=qVzqEAAAQBAJ

Tamburaka, Rustam E, dkk.. Sejarah Sulawesi Tenggara dan 40 Tahun Sultra Membangun. (Kendari: Inco TBK., 2005).

Wahab, Rohidin FZh, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, (Bandung: Alfabeta, 2004).

Zuhairini, dkk. , SejarahPendidikan Islam, ( Jakarta: BumiAksara2011).

Downloads

Published

2023-11-27

How to Cite

Na’imatul Hasanah, Muhammad Yusuf Tsaqif As’ad, Nasikhin, & Fihris. (2023). Perkembangan Peradaban Islam Indonesia Pada Masa Penjajahan Jepang. KAMALIYAH : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 87–97. https://doi.org/10.69698/jpai.v1i2.432