Modernisasi Pendidikan Islam Perspektif Nurcholish Madjid
DOI:
https://doi.org/10.69698/jpai.v1i2.431Keywords:
Modernisasi, Pendidikan Islam, Nurcholish MadjidAbstract
Modernisasi pendidikan Islam mengintegrasikan nilai-nilai Islam dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, relevan dalam tantangan zaman. Nurcholish Madjid menekankan perlu pembaruan dalam pemikiran, metodologi, dan pendekatan terhadap ajaran Islam. Konsepnya mengenai reintegrasi ilmu pengetahuan dan teknologi ke dalam norma agama, moral, dan etika. Penelitian ini menggunakan studi pustaka untuk mengumpulkan data dan menganalisis teori-teori relevan. Madjid mengusulkan integrasi keislaman, keindonesiaan, dan keilmuan dalam sistem pendidikan Indonesia yang tradisional. Modernisasi pendidikan Madjid mengedepankan metode berpikir filosofis progresif dan inklusif serta meningkatkan kualitas guru untuk menjawab problematika pendidikan Islam di Indonesia.
References
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Haq, V. A. (2022). Konstruksi Modernisasi Pendidikan Islam Perspektif Nurcholish Madjid. 1(5), 1211–1222.
Hasyim, A., & Derlan, A. M. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Kabupaten Subang. 22(1), 97–107. https://doi.org/10.29300/atmipi.v22.i1.9719
Heriyudanta, M. (2022). Model Modernisasi Pendidikan Islam di Indonesia. 3(2), 189–202.
Ismail, S., Suhana, S., & Hadiana, E. (2020). Kompetensi Guru Zaman Now dalam Menghadapi Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 5(2), 198–209. https://doi.org/10.15575/ath.v5i2.8659
Iswahyudi, M. S., Irianto, I., Salong, A., Nurhasanah, N., Leuwol, F. S., Januaripin, M., & Harefa, E. (2023). Kebijakan Dan Inovasi Pendidikan: Arah Pendidikan di Masa Depan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Iswahyudi, M. S., Munizu, M., Muktamar, A., Badruddin, S., Suryani, L., Kustanti, R., ... & Kelana, R. P. (2023). Kepemimpinan Organisasi: Teori Dan Praktik. PT. Green Pustaka Indonesia.
Januaripin, M. (2023). Penerapan Metode Diskusi Hubungannya Dengan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII IPA Madrasah Aliyah Miftahul Huda Subang. Journal on Education, 6(1), 9814-9821.
Liwaul Liwaul, Mubaroqah, S., Pairin Pairin, & Aris Try Andreas Putra. (2022). Model Pengelolaan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Melibatkan Metode Cooperative Learning. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 265–277. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10579
Miftakhul, M. (2017). Modernisasi pendidikan islam dalam perspektif nurcholish madjid. 1(2), 202–222.
Mudzakir. (2019). Modernisasi Pendidikan Pesantren Perspektif Nurcholis Madjid. J. Madani, 2(1), 51–68.
munasir. (2023). Model Pendidikan Akhlak Bagi Anak Dalam Keluarga Kyai. KAMALIYAH : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 1–17. Retrieved from https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/kamaliyah/article/view/33
Musyrifin, Z. (2016). PEMIKIRAN NURCHOLIS MADJID TENTANG PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM. 2, 328–340.
Ridwanulloh, M. U., & Wulandari, A. D. W. (2022). Peran Pendidikan Agama Di Era Modernisasi Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Baik. SITTAH: Journal of Primary Education, 3(1), 28–44. https://doi.org/10.30762/sittah.v3i1.53
Rosyidah, A., & Wantini. (2021). Tipologi Manusia Dalam Evaluasi Pendidikan: Perspektif Al-Qur’an Surat Fatir Ayat 32. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(1), 1–17. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6222
Safitri, L., & Manshur, F. M. (2016). Tujuan Pendidikan Islam Dalam Pandangan Nurcholish Madjid . Tsamrah Al-Fikr, 10(1), 1–8. https://doi.org/10.20884/1.matan.2019.1.1.1916
Saihu. (2015). MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. Al-Amin, Volume 3,.
Siti Yumnah, M. M. P. A. Z. M. T. S. M. J. T. T. M. Z. A. H. A. R. K. H., Abdul Khakim, M. P., Design, L. T. Z., Pustaka, P. C., & Januaripin, M. (2023). Studi Agama Islam Kontemporer. Pena Cendekia Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=qVzqEAAAQBAJ
Zairi, L. (2022). KONSEP INKLUSIVISME DALAM PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF NURCHOLISH MADJID. PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROFESOR KIAI HAJI SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Adam Hasyim, Munasir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.