Berdzikir dan Berpikir Sebagai Proses Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.69698/jis.v3i1.624Keywords:
Berdzikir, Berfikir, Pendidikan Agama IslamAbstract
Berdzikir (mengingat Allah) dan berpikir (refleksi atau pemikiran rasional) adalah konsep penting dalam pendidikan Islam yang membentuk karakter dan perkembangan intelektual seseorang. Untuk mendekatkan diri kepada Allah, meningkatkan pengetahuan spiritual, dan memperkuat hubungan dengan-Nya, orang melakukan dzikir dengan mengulang nama-nama Allah atau doa-doa tertentu. Sebaliknya, berpikir Islam mengacu pada proses yang diilhami oleh Al-Quran dan Hadis untuk berpikir kritis, menganalisis, dan membuat keputusan berdasarkan pengetahuan dan hikmah. Keduanya saling melengkapi dalam membentuk kepribadian yang seimbang antara aspek intelektual dan spiritual. Pendidikan Islam idealnya menggabungkan kedua ide ini untuk mendidik manusia yang tidak hanya taat secara ritualistik tetapi juga memiliki kemampuan untuk berpikir kritis dan bijak saat menghadapi tantangan hidup. Akibatnya, kombinasi berdzikir dan berpikir dapat menghasilkan insan kamil, atau manusia sempurna, yang berakhlak mulia, memiliki pengetahuan yang luas, dan mampu berkontribusi positif kepada masyarakat.
References
Hafidz, A. (t.t.). KONSEP DZIKIR DAN DOA PERSPEKTIF AL-485.
Ismail, M. (2014). KONSEP BERPIKIR DALAM AL-QUR’AN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN AKHLAK. 02.
Konsep Berpikir dan Dzikir sebagai Proses Pendidikan Islam.pdf. (t.t.).
Latif, U. (2022). DZIKIR DAN UPAYA PEMENUHAN MENTAL-SPIRITUAL DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN. At-Taujih : Bimbingan dan Konseling Islam, 5(1), 28. https://doi.org/10.22373/taujih.v5i1.13729
Nurhusni, F. A., & Nugraha, D. (2023). Implementasi Pendidikan Prenatal dalam Upaya Menumbuhkan Kecintaan pada Al-Qur’an. AL-KAINAH: Journal of Islamic Studies, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.69698/jis.v2i1.111
Setiawan, M. A., Armina, S. H., & Reyhan, M. (2023). Peran Nilai-Nilai Islam dalam Kewirausahaan Sosial: Studi Komparatif Pengusaha Muslim dan Non-Muslim. AL-KAINAH: Journal of Islamic Studies, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.69698/jis.v2i2.336
Syakiroh, I., Nurazizah, N., & Nurhalipah, N. (2023). Strategi Penanaman Nilai PAI dalam Memebentuk Karakter Religius Di Era Globalisasi. AL-KAINAH: Journal of Islamic Studies, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.69698/jis.v2i2.330
Tarlam, A. (2023). Studi Analisis Metodologi Tafsir Mafatih Al-Ghayb Karya Fakruddin Al-Razi. AL-KAINAH: Journal of Islamic Studies, 2(1), 46–68.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 AL-KAINAH: Journal of Islamic Studies
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.