Berdzikir dan Berpikir Sebagai Proses Pendidikan Islam

Authors

  • Munasir Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Huda Subang
  • Andewi Suhartini Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.69698/jis.v3i1.624

Keywords:

Berdzikir, Berfikir, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Berdzikir (mengingat Allah) dan berpikir (refleksi atau pemikiran rasional) adalah konsep penting dalam pendidikan Islam yang membentuk karakter dan perkembangan intelektual seseorang. Untuk mendekatkan diri kepada Allah, meningkatkan pengetahuan spiritual, dan memperkuat hubungan dengan-Nya, orang melakukan dzikir dengan mengulang nama-nama Allah atau doa-doa tertentu. Sebaliknya, berpikir Islam mengacu pada proses yang diilhami oleh Al-Quran dan Hadis untuk berpikir kritis, menganalisis, dan membuat keputusan berdasarkan pengetahuan dan hikmah. Keduanya saling melengkapi dalam membentuk kepribadian yang seimbang antara aspek intelektual dan spiritual. Pendidikan Islam idealnya menggabungkan kedua ide ini untuk mendidik manusia yang tidak hanya taat secara ritualistik tetapi juga memiliki kemampuan untuk berpikir kritis dan bijak saat menghadapi tantangan hidup. Akibatnya, kombinasi berdzikir dan berpikir dapat menghasilkan insan kamil, atau manusia sempurna, yang berakhlak mulia, memiliki pengetahuan yang luas, dan mampu berkontribusi positif kepada masyarakat.

References

Hafidz, A. (t.t.). KONSEP DZIKIR DAN DOA PERSPEKTIF AL-485.

Ismail, M. (2014). KONSEP BERPIKIR DALAM AL-QUR’AN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN AKHLAK. 02.

Konsep Berpikir dan Dzikir sebagai Proses Pendidikan Islam.pdf. (t.t.).

Latif, U. (2022). DZIKIR DAN UPAYA PEMENUHAN MENTAL-SPIRITUAL DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN. At-Taujih : Bimbingan dan Konseling Islam, 5(1), 28. https://doi.org/10.22373/taujih.v5i1.13729

Nurhusni, F. A., & Nugraha, D. (2023). Implementasi Pendidikan Prenatal dalam Upaya Menumbuhkan Kecintaan pada Al-Qur’an. AL-KAINAH: Journal of Islamic Studies, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.69698/jis.v2i1.111

Setiawan, M. A., Armina, S. H., & Reyhan, M. (2023). Peran Nilai-Nilai Islam dalam Kewirausahaan Sosial: Studi Komparatif Pengusaha Muslim dan Non-Muslim. AL-KAINAH: Journal of Islamic Studies, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.69698/jis.v2i2.336

Syakiroh, I., Nurazizah, N., & Nurhalipah, N. (2023). Strategi Penanaman Nilai PAI dalam Memebentuk Karakter Religius Di Era Globalisasi. AL-KAINAH: Journal of Islamic Studies, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.69698/jis.v2i2.330

Tarlam, A. (2023). Studi Analisis Metodologi Tafsir Mafatih Al-Ghayb Karya Fakruddin Al-Razi. AL-KAINAH: Journal of Islamic Studies, 2(1), 46–68.

Downloads

Published

2024-06-18

How to Cite

Munasir, & Andewi Suhartini. (2024). Berdzikir dan Berpikir Sebagai Proses Pendidikan Islam. AL-KAINAH: Journal of Islamic Studies, 3(1), 146–153. https://doi.org/10.69698/jis.v3i1.624