KARAKTERISTIK DAN NILAI-NILAI MORAL DALAM QASHASHUL QUR’AN : PERSFEKTIF ETIKA ISLAM

Authors

  • Muhammad Lutfi Hakim IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Nita Fauziah IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • M Abu Amar IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Alam Tarlam STAI Miftahul Huda Pamanukan Subang

DOI:

https://doi.org/10.69698/jis.v3i1.567

Keywords:

Kisah-kisah, Al-Qur'an, Islam

Abstract

Abstrak

Kisah-kisah dalam Al-Qur'an menarik perhatian karena mengandung hubungan sebab-akibat yang logis dan memberikan pesan serta pelajaran sejarah yang mendalam. Al-Qur'an memuat berbagai kisah yang mencakup masa lalu dan masa depan, seperti kisah Ashabul Kahfi dan burung Hudhud dalam cerita Nabi Sulaiman, yang memberikan pelajaran melalui simbol-simbol. Kisah-kisah ini disajikan dengan tujuan memberikan pelajaran moral dan spiritual, memperkokoh keimanan, serta membimbing manusia menuju kebaikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kepustakaan untuk mengkaji kisah-kisah tersebut secara mendalam, guna mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif dan bermanfaat bagi kehidupan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Qashashul Qur'an, yang berarti cerita atau berita dalam bahasa Arab, merujuk pada kisah-kisah umat terdahulu, kenabian, dan peristiwa dalam Al-Qur'an. Kisah-kisah tersebut dibedakan berdasarkan waktu dan materi, dan disajikan tanpa urutan kronologis yang ketat, menunjukkan keindahan sastra Al-Qur'an sekaligus mempertahankan kebenaran historisnya. Dengan demikian, studi ini tidak hanya mengungkapkan karakteristik naratif Al-Qur'an tetapi juga mendalami nilai-nilai moral yang terkandung dalam kisah-kisah tersebut, menjadikan mereka sebagai sumber inspirasi etika Islam bagi umat manusia.

References

Ajhari. 2018. Ulumul Qur’an (Ilmu-ilmu Al-Qur’an). Yogyakarta : Aswaja Pressindo.

Al-Qattan, Manna. 2015. Mabahits fi Ulum Al-Quran, Riyadh: Mak’tabah Ma’arif. Cetakan Ke-3.

Ash-Shiddieqy. Hasby, T.M. 1972. Ilmu-ilmu Al-Qur’an. Jakarta:Bulan Bintang.

Chirjin. Muhammad, 1989. Al-Qur’an dan Ummul Qur’an, Yogyakarta : Dana Bakti Prima Yasa.

Hanafi,A. 1983. Segi-segi Kesasteraan Pada Kisah-kisah Al-Qur’an, Pustaka al-Husna Jakarta.

Irfiani. Vivi, Alam Tarlam, 2023. Potensi Manusia Dalam Perspektif Islam: Menggali Potensi Diri Untuk Kesempurnaan Spiritual. Kamaliyah : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 1. No. 2. p-ISSN2987-6788 e-ISSN 2987-6710.

Munawir. Fajrul dkk., 2005. Al-Qur’an. Yogyakarta : Pokja Akademik UIN Sunan Kalijaga.

Rais. Muhammad Syaiful, Alam Tarlam, Anwar Musyaddat. 2024. Ajaran Imam Al Ghozali Dalam Pembentukan Karakter Anak, JUPIDA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Miftahul Huda. Volume 02 Nomor 1.

Poska. Yanuari, Beti, (2018). Qashashul Quran Ayat-Ayat yang Menunjuk Peristiwa Nabi dan Sejarah. Jurnal Alwatzikhoebillah : Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora. Vol. 4 No. 1.

Khalil. Manna, 2002. Studi Ilmu-ilmu Qur’an/Manna Khalil Qur’al- Qattan, Jakarta : PT. Mitra Kerja Indonesia.

Tarlam. Alam, 2015. Nalisis Dan Kritik Metode Hermeneutika Al-Qur’an Muḥammad Shaḥrūr. JURNAL EMPIRISMA, Vol. 24 No. 1.

Tarlam, Alam. Abdullah Zaky, Anwar Musyaddat, 2023. Strategi Rasulallah Dalam Pendidikan Perspektif Tafsir Tarbawi, Jurnal Al-Mau-izhoh, Vol. 5, No. 1.

Yarni. M. 2022. Muhammad Ridha.Nilai dalam Kisah Al-Qur’an. MUSHAF JOURNAL: Jurnal Ilmu Al Quran dan Hadis, Vol. 2. No. 2.

Zaenudin, Alam Tarlam, Didin Nurul Rosidin, 2023. Studi Kritik Pemikiran John Wansbrough Terhadap Al-Qur’an, Kenabian Muhammad dan Islam, Risalah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, P-ISSN : 2085-2487; E-ISSN : 2614-3275. Vol. 9, No. 4.

Downloads

Published

2024-06-24

How to Cite

Muhammad Lutfi Hakim, Nita Fauziah, M Abu Amar, & Alam Tarlam. (2024). KARAKTERISTIK DAN NILAI-NILAI MORAL DALAM QASHASHUL QUR’AN : PERSFEKTIF ETIKA ISLAM. AL-KAINAH: Journal of Islamic Studies, 3(1), 177–187. https://doi.org/10.69698/jis.v3i1.567