Manajemen Administrasi dan Keuangan: Memanajemen Lembaga Madrasah dan Pesantren

Authors

  • Ali Muhksin UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Baidi UIN Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.69698/jis.v2i2.479

Keywords:

Manajemen, Keuangan, Pendidikan dan Pondok Pesantren

Abstract

Atikel ini ingin menjelaskan bagaimana manajemen administrasi dan keuangan sangat mempengaruhi pola perkembangan pendidikan terutama di sekolah dan pesantren yang menjadi lembaga pendidikan formal yang ada di Indonesia. Manajemen ini menentukan arah gerak lembaga pendidikan untuk menuju perkembangan baik dan menjadi unggul. Manajemen keuangan ini memang dibutuhkan orang-orang terampil dalam mengelola administrasi dan keuangan yang di dalam lembaga pendidikan. Maka harus bisa bekerjasama dalam mengelola ini semua demi terwujudnya pendidikan yang lebih baik. Dengan menggunakan metode library research dengan penelitian kualitatif penelitian ini melihat bagaimana manajemen administrasi dan keuangan menjadi titik lembah bagi lembaga pendidikan dalam pengembangakan lembaganya. Sebab tidak semua orang bisa memanajemen lembaganya dengan baik maka harus dilakukan upaya penyelarasan dan kesadaran di semua lapisan yang ada di lembaga tersebut guna melakukan revitalisasi lembaga menuju ke arah yang lebih baik. Manajemen keuangan dan administrasi menjadi hal yang paling urgen di sebuah lembaga pendidikan seperti madrasah dan pesantren, keuangan yang sehat dan administrasi yang baik akan membawa lembaga menjadi lembaga yang sehat dan baik. Sebab dengan manajemen keuangan yang sehat akan melahirkan apa yang dinamakan transparansi dan akuntabilitas.

References

Aziz Amrullah. “Peningkatan Mutu Pendidikan.” Studi Islam 10, no. 2 (2015): 1–14.

Azyumardi Azra. Jaringan Ulama Timur Tengah Dan Kepulauan Nusantara Abad XVII & XVIII. Jakarta: Kencana, 2007.

E. Mulyasa. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Feiby Ismail. “IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DI LEMBAGA PENDIDIKAN.” Syria Studies 7, no. 1 (2015): 37–72. https://www.researchgate.net/publication/269107473_What_is_governance/link/548173090cf22525dcb61443/download%0Ahttp://www.econ.upf.edu/~reynal/Civil wars_12December2010.pdf%0Ahttps://think-asia.org/handle/11540/8282%0Ahttps://www.jstor.org/stable/41857625.

Hadi, Abdul. “Konsepsi Manajemen Mutu Dalam Pendidikan.” Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan 2, no. 2 (2018): 269. https://doi.org/10.24252/idaarah.v2i2.5260.

Hakim, Abdul, and N. Hani Herlina. “Manajemen Kurikulum Terpadu Di Pondok Pesantren Modern Daarul Huda Banjar.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 6, no. 1 (2018): 111. https://doi.org/10.36667/jppi.v6i1.157.

Hermanto Nst, Mulyadi. “Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan Islam.” Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman 3, no. 1 (2018): 228–49. https://doi.org/10.31604/muaddib.v1i1.471.

I. Fathurrochman. “Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Santri Pondok Pesantren Hidayatullah / Panti Asuhan Anak Soleh Curup Irwan Fathurrochman A . Pendahuluan Pesantren Menurut Pengertian Dasarnya Adalah Tempat Belajar Para Santri . Sebagai Lemba.” Tadbir 1, no. 01 (2017): 86.

Jamaluddin Iskandar. “Penerapan Manajemen Strategik Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah.” Paedagogia: Jurnal Pendidikan 7, no. 1 (2019): 171–86. https://doi.org/10.24239/pdg.vol7.iss1.38.

Karel Steenbrink. Pesantren Madrasah Sekolah: Pendidikan Islam Dalam Kurun Modern. Jakarta: Dharma Aksara Perkasa, 1986.

Kusumadewi, Subekti. “Pengembangan Model Manajemen Kurikulum Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan 10, no. 1 (2019): 87–96. https://doi.org/10.24176/re.v10i1.3889.

M.R.C Ricklefs. Mengislamkan Jawa, Sejarah Islamisasi Di Jawa Dan Penentangnya Dari 1930 Sampai Sekarang. Jakarta: Serambi, 2013.

Made Saihu. Manajemen Berbasis Madrasah, Sekolah Dan Pesantren. Tangerang Selatan: Yapin An-Namiyah, 2020.

Masyhud Ali. Manajemen Risiko, Strategi Perbankan Dan Dunia Usaha Menghadapi Tantangan Globalisasi Bisnis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006.

Miftahol Arifin. Manajemen Keuangan Pendidikan. Sumenep: Madura Press, 2013.

———. “MANAJEMEN KEUANGAN PONDOK PESANTREN MIFTAHOL.” Andrew’s Disease of the Skin Clinical Dermatology., 20AD.

Moleong, J. Lexy. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2010.

Nanang Fatah. Ekonomi Dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Nurcholish Madjid. Tradisi Islam;Peranan Dan Fungsinya Dalam Pembangunan Di Indonesia. Jakarta: Paramadina, 1997.

Pratama, Linardo, and Warissudin Soleh. “Perumusan Kebijakan Manajemen Pembiayaan Terpadu Dalam Membangun Budaya Kemandirian Pendidikan Islam Di Pondok Pesantren.” AD-DHUHA : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Budaya Islam Https: 3, no. 3 (2022): 46–57.

Purna Wirawan dkk. “MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU MADRASAH DI PONDOK PESANTREN NURMADANI NW MONTONG LISUNG.” Manazhim Jurnal Manajemen Dan Ilmu Pendidikan 5, no. 2 (2023): 582–606.

Suto Prabowo. “TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DALAM PENDIDIKAN.” Acta Materialia 33, no. 10 (2012): 348–52. http://dx.doi.org/10.1016/j.actamat.2015.12.003%0Ahttps://inis.iaea.org/collection/NCLCollectionStore/_Public/30/027/30027298.pdf?r=1&r=1%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jmrt.2015.04.004.

Umar, Surip. “Manajemen Entitas Untuk Perkembangan Pondok Pesantren Di Era Society 5.0.” Tarbawi Ngabar: Jurnal of Education 4, no. 1 (2023): 78–92. https://doi.org/10.55380/tarbawi.v4i1.304.

Winarsih, Sri. “Kebijakan Dan Implementasi Manajemen Pembiayaan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah.” International Conference of Moslem Society 1 (2019): 124–35. https://doi.org/10.24090/icms.2016.2409.

Zamakhsyari Dhofier. Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3S, 1990.

Downloads

Published

2023-12-23

How to Cite

Ali Muhksin, & Baidi. (2023). Manajemen Administrasi dan Keuangan: Memanajemen Lembaga Madrasah dan Pesantren. AL-KAINAH: Journal of Islamic Studies, 2(2), 119–130. https://doi.org/10.69698/jis.v2i2.479