Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Safikri Taufiqurrahman STSI Bina Cendekia Utama Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.69698/jis.v2i2.466

Abstract

Pendidikan Karakter merupakan hal yang terpenting dalam sebuah kurikulum. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai Pendidikan karakter yang ada didalam kurikulum merdeka. Metode dalam penelitian ini yaitu studi pustaka (library research) pengumpulan data dengan cara mencari sumber dan merekonstruksi dari berbagai sumber sepert buku, jurnal, dan riset-riset yang sudah ada. Hasil dari penelitian ini  ada beberapa contoh yang bisa di terapkan guru dalam implementasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran seperti: 1) keyakinan kepada Tuhan Yang Maha Esa Materi agama dapat diajarkan dengan menekankan nilai-nilai universal seperti membaca kitab suci, 2) Kebhinekaan Global Pengenalan Budaya dan Tradisi: Mengajarkan siswa tentang berbagai budaya dan tradisi di seluruh dunia melalui cerita, 3) bergotong-royong, seperti membersihkan lingkungan sekolah atau melakukan penanaman pohon bersama-sama, 4) kreatif Menggunakan permainan edukatif yang menarik dan interaktif untuk mengajarkan konsep-konsep pembelajaran, seperti permainan papan yang dirancang khusus untuk mempelajari matematika atau ilmu pengetahuan alam. , 5) bernalar kritis Membaca dan Menganalisis Sumber Beragam: Mendorong siswa untuk membaca berbagai sumber informasi, termasuk buku, artikel, dan sumber-sumber daring, kemudian mengajukan pertanyaan tentang kebenaran, keakuratan, dan keandalan informasi yang diberikan. 6)kreatif Proyek Pembelajaran Mandiri: Memberikan proyek-proyek pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk bekerja secara mandiri dalam menyelesaikan tugas-tugas tertentu.

 

References

Ade, S. M. and Anggraeni, D. D. (2021) ‘Implementasi Nilai Pancasila Sila Keempat pada Anak Siswa Sekolah Dasar’, Pendidikan Tambusai, 5(3).

Angga et al. (2021) ‘Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar’, Basicedu, 6(4), pp. 7174–7187.

Baharudin (2011) Dikotomi Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dwi, Y. V. (2021) ‘Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat’, EduPsyCouns, 3(1).

Insani and Sunan UIN Kalijaga (2019) ‘Sejarah Perkembangan Kurikulum di Indonesia Sejak Awal Kemerdekaan Hingga Saat Ini’, Assalam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(1), pp. 43–64.

Jufri, M. (2022) Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Edited by Nurhijrah. Purbalingga: Eureka Media Aksara Repository.

Kemdikbud (2022) Buku Saku Kurikulum Merdeka: Tanya Jawab. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud (2021) Capaian Pembelajaran Dalam Balitbangbuk.

Kemendikbudristek (2022) Dimensi, Elemen dan Sublemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka.

Kristiawan and Muhammad (2019) Analisis Perkembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Bengkulu: Unit Penerbitan dan Publikasi FKIP Univ Bengkulu.

M Purba et al. (2021) Naskah Akademik: Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differen Instruction). Jakarta: Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tekhnologi.

Marlita, K. S. J., Anggraeni, D. D. and Furi, F. Y. (2020) ‘Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Pada Anak Sekolah Dasar’, Action Research Literate, 4(1).

Masykur, R. (2019) Teori dan Telaah Pengembangan Kurikulum. Bandar Lampung: Aura.

Miza, N. et al. (2022) ‘Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka’, Edumaspul, 6(1), p. 2.

Nugraha, S. (2022) ‘Kurikulum Merdeka Untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran’, Inovasi Kurikulum, 19(2), pp. 251–262.

Prihatini, A. and Sugiarti (2022) ‘Citra Kurikulum Baru: Kesiapan Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka’, Ghancaran : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(3), pp. 58–70.

Siti, M. et al. (2022) ‘Manajemen Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka’, Ilmu Pendidikan, 4(4).

Syah, A. R. H. and Iswandi, P. M. H. (2021) ‘Role Model Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pada Program Studi Non-Agama’, Sosial dan Budaya Syar-I, 8(6).

Tri, A. N. H. and Ulfatun, N. F. (2022) ‘Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Di Era Pandemi Covid-19’, Kewarganegaraan, 6(2).

Downloads

Published

2023-12-19

How to Cite

Safikri Taufiqurrahman. (2023). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah . AL-KAINAH: Journal of Islamic Studies, 2(2), 91–105. https://doi.org/10.69698/jis.v2i2.466