Strategi Penanaman Nilai PAI dalam Memebentuk Karakter Religius Di Era Globalisasi

Authors

  • Inten Syakiroh Pascasarjana Pendidikan Agama Islam STAI Miftahul Huda Subang
  • Nurazizah Nurazizah
  • Nurhalipah Nurhalipah

DOI:

https://doi.org/10.69698/jis.v2i2.330

Keywords:

penanaman nilai Pai, membentuk karakter, religius

Abstract

Penelitian ini, bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai Pemebelajaran Agama Islam Penelitian ini fokus pada peran nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius peserta didik di era globalisasi. Hasil penelitian menunjukkan langkah-langkah untuk menciptakan siswa berkarakter melibatkan pengenalan nilai, pendidikan nilai, pengembangan kecerdasan berpikir, dan contoh perilaku baik. Penulis meliputi analisis dari sumber literatur relevan, jurnal, buku, dan artikel yang terkait. Metode Literatur Review ini, sangat membantu penulis dalam menganalisis dan memhami teori penelitian serta menambah wawasan mengenai pembelajaran sebelumnya. Sumber data penelitian ini terdiri dari bahan kepustakaan yang membutuhkan pemrosesan secara filosofis dan teoritis, tanpa memerlukan uji empiris. Data yang dipresentasikan merupakan rangkuman kata-kata yang perlu diolah agar lebih singkat dan terstruktur. Proses pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan mencari jurnal-jurnal terkait pendidikan agama Islam sebagai pembentuk karakter di era globalisasi. Bagaimana kontribusi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam shaping karakter religius peserta didik di era globalisasi menjadi pertanyaan penting. Untuk mencapai tujuan tersebut, langkah-langkah praktis perlu diterapkan agar siswa dapat mengembangkan karakter yang kuat dengan menekankan aspek Pendidikan Agama Islam. Dalam era globalisasi, pendidikan karakter menjadi krusial dalam membimbing anak remaja menghadapi perubahan mental dan pola pikir. Pendidikan karakter memegang peran sentral dalam mengatasi krisis moral dan membentuk generasi muda yang berkarakter

References

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. 2(1).

Aly, A., Aziz, S., & Mubarok, A. (2019). Metode Keteladanan dalam Pendidikan Islam terhadap Anak di Pondok Pesantren Pendidikan Islam pada dasarnya merupakan upaya pembinaan dan pengembangan potensi manusia , agar tujuan kehadirannya di dunia ini sebagai hamba Allah dan sekaligus tugas khalifah Allah tercapai sebaik mungkin .. 12(2), 306–321.

Astuti, H. K. (2022). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Ibadah d i Madrasah Ibtidaiyah Ma ’ arif Polorejo Babadan Ponorogo. 3, 187–200. https://doi.org/10.31538/nzh.v3i1.491.3

Dewi, R. C. (2020). MELALUI PROGRAM EKSTRAKURIKULER SKRIPSI Oleh : FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN SEPTEMBER 2020. September.

Dewi, W. T., Maryati, M., & Permana, H. (2022). Strategi Penanaman Nilai-Nilai Religius Peserta Didik Pada Era Revolusi Industri 4 . 0 di SMP N 1 Sukakarya Kabupaten Bekasi. 14(2), 351–363. https://doi.org/10.30596/10597

Dian Popi Oktari1, A. K. (2019). Pendidikan Karakter Religius dan Mandiri di Pesantren. 28, 42–52.

Djiwandon, S. E. W. (2020). Psikologi Pendidikan (Rev-2) (Vol. 2).

Halimurosid, A. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4, 3642–3650.

Handitya, B. (2019). Menyemai Nilai Pancasila Pada Generasi Muda Cendekia. 2, 13–23.

HAYATUN NUPUS. (2023). INTERNALISASI NILAI TRADISI DZIKIR ZAMAN SEBAGAI MEDIA DAKWAH DI DESA MESANGGOK KECAMATAN GERUNG KABUPATEN LOMBOK BARAT.

Khairunisa, L. S., Al, H., & Firdaus, M. A. (2023). AL-AFKAR : Journal for Islamic Studies Penguatan Pendidikan Karakter Religius Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler ROHIS Di SMKN 10 Bandung. 6(3), 642–652. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i3.660.Strengthening

Kholis, N. (2021). PARADIGMA PENDIDIKAN ISLAM DALAM UNDANG-UNDANG SISDIKNAS 2003. II(1), 71–85.

Khosiah, N. (n.d.). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religius Peserta Didik di Sekolah Dasar. 3, 84–96.

Muh Idris. (2019). PENDIDIKAN KARAKTER : PERSPEKTIF ISLAM DAN THOMAS LICKONA. VII(September 2018).

Nur Afni, J. (2020). PERANAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ANAK Nur Afni, Jumahir. 108–139.

Rahmadani, B. (2023). STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MEMBANGUN KARAKTER DISIPLIN DAN RELIGIUS SISWA. 5(4), 586–596. https://doi.org/10.19109/pairf.v5i4

ROHIMAH, S. (2021). PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM MENURUT TUAN GURU MANSUR.

Sanjaya, P. (2018). PENTINGNYA SINERGITAS KELUARGA DENGAN SEKOLAH. 2(2).

Sari, A. D., & Nurjati, I. S. (2021). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Pada Peserta Didik. 7(1), 12–18. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.693

SOLECHA, S. (2018). INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 PROBOLINGGO. November.

Syouqina, R. D., Indonesia, U. P., & Barat, J. (2022). FUNGSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK. 10(2), 225–232.

Wandi, A. (2020). Implementasi Program Keagamaan dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik di SDIT Istiqomah Lembang. 05(01), 104–114.

Downloads

Published

2023-12-16

How to Cite

Syakiroh, I., Nurazizah, N., & Nurhalipah, N. (2023). Strategi Penanaman Nilai PAI dalam Memebentuk Karakter Religius Di Era Globalisasi. AL-KAINAH: Journal of Islamic Studies, 2(2), 79–90. https://doi.org/10.69698/jis.v2i2.330