Strategi Guru Al-Quran Hadis dalam Memotivasi Siswa dengan Kesulitan Membaca Mushaf MA Plus Sunan Drajat 7
DOI:
https://doi.org/10.69698/jis.v4i2.1475Keywords:
Strategi Motivasi, Guru Al-Qur'an Hadis, Kesulitan Membaca Mushaf, Pembelajaran Kontekstual, Pendidikan IslamAbstract
Latar Belakang: Kemampuan membaca Al-Qur’an merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik di madrasah, khususnya pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. Namun, realitas di lapangan menunjukkan masih adanya siswa yang mengalami kesulitan membaca mushaf, sehingga diperlukan strategi pembelajaran yang tidak hanya bersifat teknis, tetapi juga mampu menumbuhkan motivasi belajar siswa. Kondisi ini menjadi semakin penting dalam konteks madrasah yang mengintegrasikan kurikulum pesantren dan kurikulum nasional. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang diterapkan guru Al-Qur’an Hadis dalam memotivasi siswa yang mengalami kesulitan membaca mushaf di MA Plus Sunan Drajat 7, serta menelaah persepsi siswa dan faktor pendukung maupun penghambat dalam pelaksanaan strategi tersebut. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan guru Al-Qur’an Hadis dan siswa, observasi langsung terhadap proses pembelajaran, serta dokumentasi berupa arsip madrasah dan literatur yang relevan. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan menerapkan triangulasi sumber, teknik, dan waktu, serta member check untuk menjamin keabsahan data. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan beragam strategi motivasi, antara lain pendekatan personal, metode talaqqi dan musyafahah, pemberian dorongan verbal, pembelajaran bertahap, penggunaan media pembelajaran, serta pembentukan kelompok belajar kecil. Strategi tersebut terbukti mampu meningkatkan kemampuan membaca mushaf siswa, sekaligus menumbuhkan rasa percaya diri, keberanian, dan motivasi intrinsik. Faktor pendukung meliputi dedikasi guru, lingkungan madrasah yang religius, serta fleksibilitas kurikulum, sedangkan faktor penghambat utama adalah perbedaan kemampuan dasar siswa dan keterbatasan waktu pembelajaran. Kesimpulan: Penelitian ini menegaskan bahwa strategi motivasi yang kontekstual dan personal dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis tidak hanya berkontribusi pada peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an, tetapi juga berperan dalam pembentukan karakter religius dan keterampilan sosial siswa
References
Aini, Siti Noor, Fitriah Handayani, Wahyuni Eka Putri, Taufik Warman Mahfuz, and Yuanyuan Wang. 2024. “Audio Visual Media in Learning the Qur’an Hadith.” At-Tasyrih: Jurnal Pendidikan Dan Hukum Islam 10 (1): 261–78. https://doi.org/10.55849/attasyrih.v10i1.236.
AP, Jufri, Wahyu Kurniati Asri, Misnah Mannahali, and Ananta Vidya. n.d. Strategi Pembelajaran: Menggali Potensi Belajar Melalui Model, Pendekatan, dan Metode yang Efektif. Ananta Vidya.
Aththahirah, Afifah, Sakilah, Hanidah Uswatun Hasanah, and Ali Saudi Harahap. 2025. “TEORI BELAJAR HUMANISTIK: PENERAPAN TEORI BELAJAR HUMANISTIK DALAM PENGEMBANGAN POTENSI DAN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK.” Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora 4 (4): 6955–71.
Aziz, Mursal, Hairullah, and Irma Yanti Sitorus. 2025. “Implementasi Pembelajaran PAI Menggunakan Metode Talaqqi dan Musyafahah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa.” ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 9 (1). https://doi.org/10.30651/else.v9i1.24949.
Chandra, Edi, and Muhib Ali Hasan Ristia. 2025. “Pendekatan Komparatif Terhadap Strategi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Di Sekolah Dan Madrasah: Penguatan Literasi Keagamaan Di Era Digital.” Tekno Aulama: Jurnal Teknologi Pendidikan Islam 2 (1): 38–49. https://doi.org/10.53888/teknoaulama.v2i1.896.
Fahmy, Usman, Dwi Gustila Anggi Putri, M.Fadhil, and M.Yudha. 2023. “Strategi Guru Al-Qur’an Hadist Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di MTS Qiro’atul Qur’an Sungai Binjai.” Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1 (1): 9–25. https://doi.org/10.61104/alz.v1i1.80.
Hakim, Abdul. 2025. “Integrasi Media Digital Interaktif Dalam Pengajaran Materi Qur’an Dan Hadist.” IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam 3 (3): 497–504. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i3.1122.
Jus, Jumrahwati, Elpisah Elpisah, and Nurdin Nurdin. 2025. “Implementasi Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Manajemen Perkantoran Dan Layanan Bisnis (MPLB) SMK Negeri 4 Pangkep.” Indonesian Research Journal on Education 5 (1): 980–88. https://doi.org/10.31004/irje.v5i1.2009.
Lubis, Sakban, Nurhayati Hasibuan, Windi Ramadhani Al Kautsar, Siti Jubaidah Pasaribu, Natasya Meliza Azzahra, and Tharisa Indah Syafitri. 2025. “Integrasi Kurikulum Nasional Dan Kurikulum Pesantren: Studi Kasus Lapangan Di MAS Pondok Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan.” EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT 5 (2): 969–78. https://doi.org/10.56832/edu.v5i2.1435.
Tomas, Real. 2025. “ANALISIS HAMBATAN PENJAMINAN MUTU SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KABUPATEN TANA TORAJA.” Satya Widya 41 (1): 30–46. https://doi.org/10.24246/j.sw.2025.v41.i1.p30-46.
Yusanti, Devi, and Sri Dewi Nirmala. 2025. “Pengaruh Model Peer Teaching Berorientasi Humanistik Pada Pembelajaran Matematika.” Jurnal Global Ilmiah 2 (5). https://doi.org/10.55324/jgi.v2i5.193.
Yusni, Rapi. 2024. “Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an.” Khidmat 2 (2): 290–95.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 AL-KAINAH: Journal of Islamic Studies

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




