Analisis Fase-Fase Pendidikan Anak dalam Perspektif Hadist Sunan Abu Dawud No 418
DOI:
https://doi.org/10.69698/jis.v4i2.1473Keywords:
Pendidikan Islam, Hadits, Fase PendidikanAbstract
Latar Belakang: Pendidikan anak dalam Islam memiliki landasan normatif yang kuat dalam hadis Nabi Muhammad saw., salah satunya hadis Sunan Abu Dawud No. 418 yang memberikan panduan pendidikan shalat dan adab anak secara bertahap. Hadis ini relevan untuk dikaji secara mendalam dalam konteks perkembangan anak dan tantangan pendidikan modern. Tujuan Penelitian: Artikel ini bertujuan untuk menganalisis fase-fase pendidikan anak dalam perspektif hadis Nabi dengan fokus pada pembiasaan shalat pada usia tujuh tahun, pemberian disiplin pada usia sepuluh tahun, serta pemisahan tempat tidur sebagai bentuk pendidikan adab dan karakter. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (library research) dengan pendekatan naratif-integratif, mengkaji sumber primer berupa hadis dan syarahnya, serta sumber sekunder yang meliputi literatur psikologi perkembangan anak dan kajian pendidikan Islam kontemporer. Hasil Penelitian: Hasil kajian menunjukkan bahwa hadis tersebut memuat kerangka pendidikan bertahap (tadarruj) yang sejalan dengan teori perkembangan modern, seperti Piaget, Erikson, dan Vygotsky. Hadis ini merepresentasikan tiga fase pendidikan anak yang mencakup dimensi spiritual, moral, sosial, dan kognitif. Implementasi pendidikan shalat dalam konteks modern memerlukan adaptasi dengan tantangan era digital, perubahan pola asuh keluarga, serta prinsip perlindungan anak, sehingga pendekatan disiplin positif, keteladanan, dan dialog edukatif lebih relevan dibandingkan penerapan instruksi secara literal. Kesimpulan: Penelitian ini menegaskan bahwa integrasi antara perspektif hadis Nabi, teori psikologi perkembangan, dan konteks pendidikan modern mampu melahirkan model pendidikan Islam yang komprehensif, adaptif, dan berorientasi pada pembentukan karakter anak secara holistik
References
Abu Dawud, S. ibn al-A. al-S. (2023). Sunan Abi Dawud, Kitab Shalat, Bab fi Amri al-Shibyan bi al-Shalat (Hadis No. 418). Maktabah Al-Ma’arif Al-Sa’udiyyah.
Al-Jauziyyah, I. Q. (1997). Tuhfat al-Mawdud bi Ahkam al-Mawlud. Dar al-Kutub al-Ilmiyyah.
Al-Nawawi. (2001). Al-Majmu’ Syarh al-Muhadzdzab. Dar al-Fikr.
Al-Suyuthi, J. (1997). Sharh Sunan Abi Dawud. Maktabah al-Ma’arif.
Al-Syaibani, O. M. (1979). Falsafah Pendidikan Islam. Dar al-Kutub al-Ilmiyyah.
Amri, A. (2023). Masa dan Rentang Waktu Pendidikan dalam Perspektif Hadis. Qonun Iqtishad EL Madani Journal, 2(1), 27–31. https://doi.org/10.55438/jqim.v2i1.81
Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Prentice Hall.
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa
Erikson, E. H. (n.d.). Identity: Youth and Crisis. Norton.
Indonesia, P. R. (2014). Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.
Jahroh, F. (2024). Islamic Education Methods For The Millennial Generation In The Perspective Of The Quran And Hadith. AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, 9(2), 234–250. https://doi.org/10.58788/alwijdn.v9i2.3786
Khotimah, K. (2022). Tahap Pendidikan Anak dalam Islam : Metode Khusnul Khotimah pun berjanji akan meningkatkan derajat bagi orang-orang yang manusia sangat dipengaruhi saat berusia 0-5 tahun atau pada fase. Jurnal Agama Dan Hak Azazi Manusia, 11(2). https://ejournal.uin-suka.ac.id/syariah/inright/article/view/2718/1848
Lewis, S. (2015). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. In Health Promotion Practice (Fourth edi, Vol. 16, Issue 4). SAGE Publications. https://doi.org/10.1177/1524839915580941
Nurdin, M. (2022). Konsep Tadarruj dalam Pendidikan Islam: Analisis terhadap Fase Pembinaan Anak. Jurnal Al-Tarbiyah, 8(3), 211–225.
Page, M. J., McKenzie, J. E., Bossuyt, P. M., Boutron, I., Hoffmann, T. C., Mulrow, C. D., Shamseer, L., Tetzlaff, J. M., Akl, E. A., Brennan, S. E., Chou, R., Glanville, J., Grimshaw, J. M., Hróbjartsson, A., Lalu, M. M., Li, T., Loder, E. W., Mayo-Wilson, E., McDonald, S., … Moher, D. (2021). The PRISMA 2020 statement: an updated guideline for reporting systematic reviews. BMJ, n71. https://doi.org/10.1136/bmj.n71
Piaget, J. (n.d.). The Psychology of the Child. Basic Books.
Rahman, A. (2021). Tahapan Pendidikan dalam Islam Berdasarkan Hadis Nabi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 10(2), 145–157.
Redhatul Hayati, & Jamilus. (2023). Fase Perkembangan Manusia dalam Pendidikan Islam Ditinjau Dari Al-Qur’an dan Hadits. Cognoscere: Jurnal Komunikasi Dan Media Pendidikan, 1(2), 30–37. https://doi.org/10.61292/cognoscere.v1i2.93
Salsabila, G. F. (2025). Konsep Psikologis tentang Tahap Perkembangan Anak dalam Pendidikan Islam. Jurnal RRAFI, 7(2), 88–89.
Santrock, J. W. (2019). Child Development. McGraw-Hill Education.
Setyaningsih, R. (2023). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Religius Anak Usia Sekolah Dasar.
Siregar, A. B., & Chotimah, C. (2025). Fase-Fase Pendidikan Anak dalam Konteks Hadits. Jurnal Alwatzikhoebillah : Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora, 11(2), 894–905. https://doi.org/10.37567/alwatzikhoebillah.v11i2.2559
Snyder, H. (2019). Literature Review as a Research Method: An Overview and Guidelines. Journal of Business Research, 104, 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.
Zahra, F. (2024). Internalisasi Nilai Ibadah Shalat pada Anak Usia Pra-Baligh di Lingkungan Keluarga Muslim. Jurnal Pendidikan Islam Anak, 9(1), 22–23.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 AL-KAINAH: Journal of Islamic Studies

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




