Penerapan Manajemen Mutu Pendidikan Islam Untuk Penguatan Budaya Literasi Qur’ani Di SDIT Kasih Ibu

Authors

  • Asep Supriatna Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Rakeyan Santang, Indonesia
  • Ahmad Riyadi Manajemen Bisnis Syariah, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Rakeyan Santang, Indonesia, Indonesia
  • Agung Prastyo Manajemen Bisnis Syariah, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Rakeyan Santang, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.69698/jis.v4i1.1372

Keywords:

manajemen mutu, pendidikan Islam, literasi Qur’ani, sekolah dasar Islam terpadu

Abstract

Peningkatan budaya literasi Qur’ani menjadi prioritas utama dalam pendidikan Islam, terutama di sekolah dasar Islam terpadu. Penelitian ini dilatarbelakangi kebutuhan untuk memahami kontribusi manajemen mutu pendidikan Islam dalam memperkuat budaya literasi Qur’ani di sekolah. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi serta menganalisis penerapan manajemen mutu dalam membangun budaya tersebut di SDIT Kasih Ibu. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif-analitik. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi terhadap kepala sekolah, guru, serta staf terkait. Hasil penelitian menunjukkan penerapan manajemen mutu dilakukan secara terencana, mulai dari perencanaan program literasi Qur’ani, pembiasaan membaca Al-Qur’an sebelum pembelajaran, evaluasi berkala, hingga perbaikan berkelanjutan. Strategi ini berdampak positif pada peningkatan minat, keterampilan membaca, dan pemahaman Al-Qur’an siswa. Implikasi penelitian menegaskan bahwa manajemen mutu berbasis nilai Islam mampu menjadi instrumen efektif dalam membentuk karakter dan kompetensi religius siswa sejak dini. Model ini juga dapat diadaptasi oleh sekolah lain yang memiliki visi serupa, serta dikembangkan lebih luas dalam konteks pendidikan Islam.

References

Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Arisinah, Renita, Tohariah, Kartini, A. H., & Fikriansyah. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Qur’ani dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Tarbiyah, 2(1), 73–90.

Asrulla, A., Maisah, M., Hakim, L., Saksitha, D. A., & Wahyuni, D. (2024). Manajemen Strategis Pemetaan Program Pendidikan Dalam Pendekatan Praktis. Jurnal JIPDAS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), 5(1), 705–719. https://doi.org/10.37081/jipdas.v5i1.2582

Dahirin, & Rusmin. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Pada Peserta Didik Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 762–771. https://doi.org/10.58401/dirasah.v7i2.1325

Hakim, A., Syahril, S., & Abun, A. R. (2024). Peran Guru dan Manajemen Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter di SDIT Jaringan Sekolah Islam Terpadu Kota Bandar Lampung. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(001), 1113–1122. https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.7390

Hasby, I. N., & Amirudin, N. (2024). Implementasi Kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an Dalam Menumbuhkan Karakter Qur’ani Pada Diri Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 8(2), 158–167. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v8i2.4313

Husni, M., & Rahmania, A. I. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Manajemen Mutu Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah ( MI ) Biba ’ afadlrah Malang. Urnal Ilmu Sosial & Hukum Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 4077–4084. https://doi.org/10.61104/alz.v3i4.1894

Iqbal, M. (2024). Penerapan Total Quality Management ( TQM ) dalam Mewujudkan Pendidikan Islam Bermutu dan Berdaya Saing. ARINI: Jurnal Ilmiah Dan Karya Inovasi Guru, 2(1), 165–183. https://doi.org/10.71153/arini.v2i1.408

Laisah, N., Wulandari, T., Ventia, E. M., & Afriantoni. (2024). Peran Manajemen Mutu Pendidikan Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 4(2), 324–329. https://doi.org/10.31004/jpion.v4i2.366

Moleong, L. J. (2010). Metodologi penelitian kualitatif (Revised ed.). In Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Remaja Rosdakarya.

Nikmah. (2023). Implementasi Literasi Agama untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar. Edusiana: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.70437/edusiana.v1i2.227

Nurdiyanto, N., Tarsono, T., & Hasbiyallah, H. (2023). Pembiasaan Kegiatan Keberagamaan dalam Membentuk Karakter Siswa SDIT Nur El-Qolam Serang Banten. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(2), 129–143. https://doi.org/10.18860/jpai.v9i2.23953

Nurliah, N. (2024). Pengembangan Kurikulum Program Literasi Al-Qur’an Jenjang SMA. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(6), 135–147. https://doi.org/10.61132/jbpai.v2i6.620

Parino, & Any Diana, V. (2023). Implementasi Total Quality Management (TQM) dalam Lembaga Pendidikan Islam: Studi Empiris di Sekolah Dasar. AKSELERASI: JURNAL PENDIDIKAN GURU MI, 6(2). https://doi.org/10.35719/akselerasi.v4i2.844

Sariah, S., Suhertina, S., Hayati, M., & Rehayati, R. (2023). Sekolah islam terpadu (IT); sebagai alternatif sekolah bergensi untuk membentuk karakter. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 9(1), 41. https://doi.org/10.29210/190400

Selpita, Ade Akhmad, S., & Arwan. (2024). Strategy for Optimizing Islamic Education Management to Improve the Quality of Education at SMP Negeri 3 Banyuasin. Journal of Education & Management and Innovation, 3(1), 13–21.

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R & D dan Penelitian Tindakan). Alfabeta.

Downloads

Published

2025-06-19

How to Cite

Supriatna, A., Ahmad Riyadi, & Agung Prastyo. (2025). Penerapan Manajemen Mutu Pendidikan Islam Untuk Penguatan Budaya Literasi Qur’ani Di SDIT Kasih Ibu. AL-KAINAH: Journal of Islamic Studies, 4(1), 26–38. https://doi.org/10.69698/jis.v4i1.1372

Citation Check