Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas IV MIN 17 Aceh Barat
DOI:
https://doi.org/10.69698/jis.v4i1.1370Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pelaksanaan penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran tematik di kelas IV MIN 17 Aceh Barat, termasuk tantangan yang dihadapi guru serta faktor pendukung dan penghambatnya. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan populasi guru dan siswa kelas IV. Sampel penelitian meliputi tiga guru kelas IV, kepala sekolah, dan siswa kelas tersebut. Data dikumpulkan melalui observasi pembelajaran, wawancara mendalam, serta dokumentasi RPP dan catatan kegiatan siswa, dengan instrumen berupa pedoman wawancara, lembar observasi, dan checklist dokumentasi, yang kemudian dianalisis menggunakan triangulasi data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter terintegrasi dalam pembelajaran tematik melalui keteladanan guru, diskusi kelompok, dan tugas kolaboratif yang mengajarkan nilai-nilai religius, tanggung jawab, gotong royong, kemandirian, dan integritas. Tantangan utama yang dihadapi adalah keterbatasan waktu akibat padatnya kurikulum serta minimnya fasilitas pendukung. Faktor pendukung berasal dari komitmen guru dan dukungan kepala sekolah. Kesimpulannya, penguatan pendidikan karakter efektif dalam membentuk sikap positif siswa, meskipun diperlukan strategi yang berkelanjutan agar nilai-nilai karakter dapat tertanam lebih mendalam.
References
Dewi, A. C., Ramadhan, B., Fadhil, A. A., Fadhil, F., Idris, A. M., Hidayat, M. R., & Yusrin, M. A. D. (2023). Pendidikan Moral Dan Etika Mengukir Karakter Unggul Dalam Pendidikan. Ijoce: Indonesia Journal Of Civic Education, 3(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.31539/Ijoce.V3i2.8195
Dini, M., Nabilla, S. M., Fitriani, K., Julasari, D., Fahmiyanti, E., Az-Zahra, C., Dewi, S. A., Putri, J., Setiawan, B., & Iasha, V. (2024). Systematic Literature Review (Slr): Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di Sekolah Dasar. Action Research Journal Indonesia (Arji), 6(4), 486–510. Https://Doi.Org/10.61227/Arji.V6i4.274
Dwiyana, E., Azmalasari, D. P., Lestari, W. P., & Nuriyati, T. (2025). Penerapan Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam Yang Efektif Di Lingkungan Sekolah. Tadribuna: Journal Of Islamic Management Education, 5(2), 134–145. Https://Doi.Org/10.61456/Tjiec.V5i2.274
Eryandi, E. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pendidikan Karakter Di Era Digital. Kaipi: Kumpulan Artikel Ilmiah Pendidikan Islam, 1(1). Https://Ejournal.Stais-Garut.Ac.Id/Index.Php/Kaipi/Article/View/27
Fadilah,M.Pd, Rabi’ah, Alim, W. S., M.Pd, A. Z., Lestari,M.Pd, I. W., Pd, A. B., M., & S.Km.,M.Kes, A. D. E. (2021). Pendidikan Karakter. Agrapana Media.
Fairus, A. N., Anzani, D., & Atikah, H. F. (2024). Analisis Urgensi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Inklusif. Cendekia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(2), 177–186.
Ginting, M. A. B., Tampubolon, E. K., Rismayani, G., Simanjuntak, Y. B. R., & Napitupulu, S. (2025). Analisis Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ppkn Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(4), 1333–1337.
Herawati, S., Arafat, Y., & Puspita, Y. (2020). Manajemen Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana Pembelajaran. Attractive : Innovative Education Journal, 2(3), 21–28. Https://Doi.Org/10.51278/Aj.V2i3.68
Husna, M., & Ependi, R. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Guru Mata Pelajaran Pai Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Ansiru Pai : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 8(1), 1–10. Https://Doi.Org/10.30821/Ansiru.V8i1.19315
Iftitah Ainaya, 160209082. (2020). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik Di Min 5 Kota Banda Aceh [Skripsi, Uin Ar-Raniry Banda Aceh]. Https://Library.Ar-Raniry.Ac.Id/
Ihwani, N. N., Ayu, M. P., Rahma, D., Caturiasari, J., & Wahyudin, D. (2023). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi. Jurnal Sinektik, 6(2). Https://Ejurnal.Unisri.Ac.Id/Index.Php/Sin/Article/View/9156
Indrawan, I. P. O., Lepiyanto, A., Juniari, N. W. M., Intaran, I. N., & Sri, A. A. I. R. (2022). Penumbuhan Literasi Lingkungan Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1). Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jippg/Article/View/47385
Islamiyah, N. M. (2025). Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 61–74. Https://Doi.Org/10.35878/Tintaemas.V4i1.1565
Jumrawarsi, J., & Suhaili, N. (2020). Peran Seorang Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif. Ensiklopedia Education Review, 2(3), 50–54. Https://Doi.Org/10.33559/Eer.V2i3.628
Kale, D. Y. A., Mas’ud, F., & Nassa, D. Y. (2025). Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Karakter Bangsa Yang Tangguh Di Era Digital. Media Sains, 25(1), 9–14. Https://Doi.Org/10.69869/54ce0473
Khairani, D. (2021). Analisis Implementasi Lima Nilai Karakter Pendidikan Pada Kegiatan Pembelajaran Di Sekolah Dasar [Other]. Research & Learning In Elementary Education. Https://Repository.Uir.Ac.Id/14817/
Kholidiyah, S., & Amala, N. (2024). Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 308–317. Https://Doi.Org/10.19105/Kiddo.V1i1.12768
Listari, M., Tabroni, I., & Nurjanah, E. (2022). Kerjasama Orang Tua Dan Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Uptd Sdn 1 Campakasari. El Bidayah: Journal Of Islamic Elementary Education, 4(2), 200–212. Https://Doi.Org/10.33367/Jiee.V4i2.2944
Muklis, M. (2012). Pembelajaran Tematik. Fenomena. Https://Doi.Org/10.21093/Fj.V4i1.279
Palupi, M. F. T., & Norhabiba, F. (2021). Edukasi Literasi Digital Pada Remaja Dalam Menangkal Cyberbullying. Jurnal Abdidas, 2(4), 1014–1020. Https://Doi.Org/10.31004/Abdidas.V2i4.408
Rachmadyanti, P. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kearifan Lokal. Jpsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 201–214. Https://Doi.Org/10.30870/Jpsd.V3i2.2140
Rahmi, R. (2021). Nilai-Nilai Keislaman Pada Materi Pokok Ilmu Pengetahuan Sosial Dalam Buku Tematik Kelas Iv Sd/Mi Tema “Peduli Terhadap Makhluk Hidup.” Al-Ihtirafiah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Vol.1 Nomo, 89–101.
Rahmi, R. (2024). Patterns Of Relationship Between Islamic Values And Social Science Issues In Thematic Books For Grade Iv Elementary School. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 16(2), 135–149.
Rahmi, R., Hasanah, A., & Anti, S. L. (2020). Konsep Pendidikan Karakter Pada Sekolah Inklusi Tingkat Usia Dasar. Ar-Riayah: Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 4 No., 155–172.
Rakhmawati, D., Hendracipta, N., Pribadi, R. A., & Nurhasanah, A. (2024). Peran Guru Dalam Mengoptimalkan Model-Model Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Abad 21. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(1), 75–85. Https://Doi.Org/10.51494/Jpdf.V5i1.1352
Rosyadi, A. I., Toharudin, M., & Wahid, F. S. (2025). P Implementasi Pembinaan Karakter Disiplin Melalui Ekstrakurikuler Pramuka Di Sd Negeri Cerih 03 Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(3). Https://Journal.Unpas.Ac.Id/Index.Php/Pendas/Article/View/31283
Saputra, A., & Setiawan, A. (2024). Hambatan Dan Solusi Menejemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Proceedings Of International Conference On Educational Management, 2(1), 257–270.
Sholihah, A. M., & Maulida, W. Z. (2020). Pendidikan Islam Sebagai Fondasi Pendidikan Karakter. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(1). Https://Ejournal.Insuriponorogo.Ac.Id/Index.Php/Qalamuna/Article/View/214
Taufiqurrahman, T., Kurahman, O. T., & Rusmana, D. (2025). Tantangan Pendidik Dalam Pengintegrasikan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Di Sekolah Negeri Pada Era Globalisasi. Ihsan : Jurnal Pendidikan Islam, 3(1). Https://Ejournal.Yayasanpendidikandzurriyatulquran.Id/Index.Php/Ihsan/Article/View/563
Umam, M. K. (2018). Paradigma Pendidikan Profetik Dalam Pendekatan Pembelajaran Tematik Di Madrasah Ibtida’iyah. Proceeding: The Annual International Conference On Islamic Education, 3(1), 120–132.
Urfa, M., Fitri, R. R., Herda, S. N., Putra, M. J. A., & Sari, M. Y. (2024). Kendala Dan Solusi Guru Dalam Penerapan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar Di Tengah Tantangan Global. Anthor: Education And Learning Journal, 3(4). Https://Anthor.Org/Anthor/Article/View/331
Wiyansih, H. E. W., Erliana, V., Fatimah, R. A. N., Khoerunnisa, H. S., Nurjannah, S., & Asri, A. (2023). Membangun Lingkungan Sekolah Yang Kondusif Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(3), 332–340.
Yuliana, E. (2024). Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas Rendah Dalam Pembelajaran Tematik Di Sdn 19 Aceh Barat. Jurnal Edutrained: Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, 8(1), 11–21.
Yunisa, F. R., Andraika, P., Faturahman, D. M., & Casiavera, C. (2025). Dukungan Sosial Masyarakat Terhadap Lansia Di Rumah Bahagia Bintan. Peshum : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 4(2), 1482–1487. Https://Doi.Org/10.56799/Peshum.V4i2.6919
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 AL-KAINAH: Journal of Islamic Studies

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





