Pembiasaan Membaca Al-Qur’an Sebagai Model Pendidikan Islam Preventif Terhadap Krisis Moral Di Smk Bhakti Kencana Pamanukan
DOI:
https://doi.org/10.69698/jis.v4i1.1368Keywords:
Pendidikan Islam, Pembiasaan Membaca Al Qur'an, Krisis Moral, Karakter RemajaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pembiasaan membaca Al-Qur’an di SMK Bhakti Kencana Pamanukan sebagai model pendidikan Islam yang bersifat preventif dalam menghadapi krisis moral remaja. Latar belakang penelitian ini berangkat dari fenomena meningkatnya perilaku menyimpang di kalangan pelajar, seperti tawuran dan rendahnya kontrol emosi, sehingga dibutuhkan strategi pendidikan yang lebih aplikatif dan berbasis nilai agama. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi kegiatan tilawah di sekolah, wawancara mendalam dengan siswa, guru, serta orang tua, dan dokumentasi berupa arsip sekolah. Analisis dilakukan secara interaktif melalui reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dengan teknik triangulasi sumber dan metode untuk menjaga keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan membaca Al-Qur’an yang dilaksanakan rutin setiap pagi tidak hanya meningkatkan keterampilan membaca, tetapi juga memberikan dampak positif terhadap ketenangan batin, kedisiplinan, pengendalian emosi, serta sikap religius siswa. Guru mengamati adanya penurunan pelanggaran tata tertib, sementara siswa merasa lebih fokus dan tenang dalam belajar. Meskipun demikian, penelitian juga menemukan hambatan berupa keterbatasan waktu, rendahnya motivasi sebagian siswa, serta kurangnya dukungan orang tua di rumah. Kesimpulanya adalah pembiasaan membaca Al-Qur’an dapat dikatakan efektif sebagai strategi preventif pendidikan Islam dalam membentuk karakter remaja yang religius dan berakhlak mulia, meskipun masih diperlukan penguatan melalui variasi metode, pendampingan khusus, dan sinergi sekolah–keluarga.
References
Amalia, D. R., & Vatimah, V. S. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Al-Qur’an Android Terhadap Motivasi Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Smp Islam Terpadu Al-Falah Muhammadiyah Cilawu Garut. Masagi, 1(2), 110–117. https://doi.org/10.37968/masagi.v1i2.293
Aroma, I. S., & Suminar, D. R. (2012). Hubungan antara tingkat kontrol diri dengan kecenderungan perilaku kenakalan remaja. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 01(02), 1–6. journal.unair.ac.id/filerPDF/110810241_ringkasan.pdf
Arve, M. (2023). PERSEPSI GURU TERHADAP EFEKTIVITAS PROGRAM KEAGAMAAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMPS FAJAR HIDAYAH ACEH. In UIN AR Raniry Darussalam Banda Aceh (Vol. 183, Issue 2).
Departemen Agama Replublik Indonesia (Ed.). (2020). Al-Qur’an & Terjemahan. CV Darus Sunnah.
Diana, R. R. (2015). Pengendalian Emosi Menurut Psikologi Islam. Unisia, 37(82), 41–47. https://doi.org/10.20885/unisia.vol.37.iss82.art5
Fajriyah, R. Z., Maemonah, M., & Maryamah, M. (2021). Teori Humanistik Kebutuhan Maslow dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (Analisis Artikel Jurnal Sinta 2-6). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(8), 893–898. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i8.361
Febriyanti, M., Hindun, H., & Juliana, R. (2022). Implementasi Program Metode Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Pertama. Islamic Education Studies : An Indonesia Journal, 5(1), 15–29. https://doi.org/10.30631/ies.v5i1.36
Firdaus, C. A., & Saifulah. (2024). Pengembangan pembiasaan membaca al-qur’an dalam menanamkan karakter islami pada siswa di ma siti fatimah pandaan. 3(5), 1064–1074.
Fithri, R. (2014). Buku Perkuliahan: Psikologi Belajar. Prodi Psikologi Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi Uin Sunan Ampel Surabaya, 1–164.
Ma’arif, M. N. (2023). Pengantar Pendidikan. In Global Eksekutif Teknologi.
Mardlotillah, F. (2013). Implementasi Kebijakan Sekolah dalam Upaya Pengembangan Pendidikan Karakter melalui Program Pembiasaan Membaca Al-Qur’an. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 1(2), 150–155.
Marti, P. D., & Sajdah, M. (2024). Pengaruh Kebiasaan Membaca Al-Qur’an Terhadap Akhlak Siswa Kelas VII Adi SMP Negeri 7 Kotabumi Tahun Ajaran 2023/2024. JPIB: Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 3(2), 23–33.
Redaksi Tinta Hijau. (2024). Diduga Hendak Tawuran, Polsek Pamanukan Subang Tangkap Dua Remaja Bawa Senjata Tajam. TintaHijaum.Com. https://www.tintahijau.com/megapolitan/diduga-hendak-tawuran-polsek-pamanukan-subang-tangkap-dua-remaja-bawa-senjata-tajam/
Safikri Taufiqurrahman. (2023). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah. AL-KAINAH: Journal of Islamic Studies, 2(2), 91–105. https://doi.org/10.69698/jis.v2i2.466
Salsabila, U. H. (2018). TEORI EKOLOGI BRONFENBRENNER SEBAGAI SEBUAH PENDEKATAN DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Jurnak Komunikas Dan Pendidikan Islam, 7(1), 302.
Syahro, F. (2023). PENGALAMAN PRAKTIK LAPANGAN : PEMBIASAAN ZIKIR PAGI DAN TADARUS AL- QUR ’ AN DI MTS MA ’ ARIF NU SRAGI. Al-Nizam: Indonesian Journal of Research and Community Service, 1(2), 53. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/4910
Tafonao, T., Nor, M. K., & Aziz, A. (2024). Pendekatan Behavioristik dalam Analisis dan Intervensi Perilaku. Educatum: Jurnal Dunia Pendidikan, 2(1), 66–80. https://doi.org/10.62282/je.v2i1.66-80
Wahyuni, T. (2024). PEMBACAAN AL-QUR’AN DI RUANG PUBLIK : REFLEKSI PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DITENGAH KEPANIKANMORAL. 2(1), 306–312.
Yuhana, Y. (2024). Dampak Penggunaan Kecerdasan Buatan Dalam Proses Pendidikan Islam. AL-KAINAH: Journal of Islamic Studies, 3(1), 167–176. https://doi.org/10.69698/jis.v3i1.149
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 AL-KAINAH: Journal of Islamic Studies

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





