Analisis Hermeneutik Terhadap Gagasan English Islami Dalam Pemikiran Ismail R. Al-Faruqi

Authors

  • Amir Ahmad Nabil International Institute of Islamic Thought and Civilization (ISTAC-IIUM) Kuala Lumpur, Malaysia, Malaysia
  • Tasnim Abdul Rahman Universiti Sultan Zainal Abidin Terengganu, Malaysia, Malaysia

DOI:

https://doi.org/10.69698/jis.v4i1.1349

Keywords:

Ismail al Faruqi; Toward Islamic English; Islamization of language; Islamicization

Abstract

Artikel ini membahas analisis hermeneutik terhadap gagasan English Islami dalam pemikiran Ismail R. al-Faruqi, seorang filsuf Muslim terkemuka yang menaruh perhatian besar pada isu bahasa, epistemologi, dan Islamisasi ilmu pengetahuan. Latar belakang penelitian ini berangkat dari kebutuhan mendesak umat Islam untuk menjaga otentisitas konsep-konsep Islam dalam bahasa Inggris, mengingat bahasa tersebut telah menjadi lingua franca global yang kerap membawa bias sekuler dan hegemoni Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap makna, relevansi, serta implikasi epistemologis dari gagasan English Islami dengan menggunakan pendekatan hermeneutik sebagai alat analisis untuk memahami teks-teks al-Faruqi secara mendalam. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research), di mana peneliti menelaah dan menafsirkan karya-karya utama al-Faruqi serta literatur pendukung yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa English Islami dalam perspektif al-Faruqi bukan sekadar instrumen linguistik, melainkan juga medium epistemologis yang berfungsi menjaga makna asli istilah-istilah Islam dari distorsi, sekaligus menjadi sarana membangun worldview Islam dalam ranah akademik dan sosial. Dengan menekankan pentingnya bahasa sebagai fondasi cara pandang hidup, al-Faruqi menegaskan bahwa penguasaan Islamic English sangat diperlukan agar umat Islam mampu berpartisipasi aktif dalam percaturan ilmu pengetahuan global tanpa kehilangan identitas epistemologisnya. Kesimpulannya, gagasan English Islami merupakan strategi integral dalam proyek Islamisasi ilmu pengetahuan yang berperan melindungi warisan intelektual Islam sekaligus memperkuat posisi umat Islam di era globalisasi

References

Astuti, Ruli, M. Lutfi Mustofa, and Nur Maslikhatun Nisak. 2024. “Integration of Islamic Values into English Language Teaching in the Digital Era: Challenges and Prospectives.” Halaqa: Islamic Education Journal 8 (1): 26–34.

Azizah, Nur Amalina Wafi’, and Ikhsan Kamil Sahri. 2024. “Konsep Teologi Pendidikan Islam Perspektif Ismail Raji Al-Faruqi.” DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 3 (3): 296–306. https://doi.org/10.54259/diajar.v3i3.2656.

Fatima, Tooba, and Dr Muhammad Shahid Habib. 2024. “The Contributions of Muslim Scholars to Comparative Religion: An Analytical Study of the Thoughts of Sheikh Aḥmad Dīdāt and Ismā‘īl Rājī al-Fārūqī: مسلم علماء کی تقابل ادیان میں خدمات: شیخ احمد دیدات اور اسماعیل راجی الفاروقی کے افکار کا تجزیاتی مطالعہ.” Al-Marjān (المرجان) 2 (3): 265− 287-265− 287.

Habibi, M. Dani. 2024. “Tauhid Sebagai Dasar Prinsip Pengetahuan Dalam Pandangan Ismail R. al-Faruqi.” Indonesian Journal of Islamic Theology and Philosophy 6 (1): 73–86. https://doi.org/10.24042/ijitp.v6i1.22023.

Hasanah, Rizatul, Fauza Masyhudi, and Muhammad Zalnur. 2024. “Konsep Islamisasi Ilmu Pengetahuan: Studi Kritis Terhadap Pemikiran Ismail Raji Al-Faruqi Dan Syad Naquib Al-Attas.” Khidmat 2 (2): 422–31.

Junaedi, Dedi, M. Yunus Abu Bakar, and Ah Zakki Fuad. 2023. “Implikasi pemikiran rekonstruksionisme Ismail Raji Al-Faruqi dalam pendidikan Islam.” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 12 (1): 45–61. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i1.9105.

Mahmudin, Wildan. 2024. “KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF ISMAIL RAJI AL-FARUQI.” Asatidzuna |Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 4 (1): 183–204. https://doi.org/10.70143/asatidzuna.v4i2.295.

Sandi, Radila, Eva Dewi, and Amril M. 2023. “Integrasi Agama Dan Sains Dalam Perspektif Ismail Raji Al-Faruqi.” Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 20 (2): 244–56. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v20i2.816.

Sofia, Isna, Hani Nur Naeni, and Hasna Alfi Salsabila. 2024. “Tauhid, Islamisasi Ilmu Pengetahuan, Dan Kurikulum Perspektif Ismail Raji Al-Faruqi.” Midaduna: Journal of Islamic Studies 1 (01): 30–38.

Sutrisno, Sutrisno. 2023. “Islamization of Science Ismail Raji Al Faruqi in Forming Curriculum Integration at PTKI.” Edunity Kajian Ilmu Sosial Dan Pendidikan 2 (5): 547–58. https://doi.org/10.57096/edunity.v2i5.91.

Syaefudin, Ahmad, Julkifli Ali, and Erwina. 2024. “Konsep Islamisasi Ilmu Pengetahun Prespektif Ismail Raji Al-Faruqi.” Muqaddimah: Journal of Islamic Studies 15 (5): 32–46. https://doi.org/10.71247/dybe3681.

Syakbi, Raiyan, Nelly Mursyidah, and Farhan Raid Suhi. 2024. “Kolaborasi Pembelajaran Aqidah Dan Bahasa Inggris; Peluang Dan Tantangan Di Era Globalisasi.” Al-Gafari : Manajemen Dan Pendidikan 2 (3): 290–300.

Wafa, Zamroni, Sadari, and Asep Maskur. 2024. “Kritik Wacana Tafsir Dalam Dakwah Kontemporer: Isu-Isu Dan Strategi Dakwah Kontemporer.” IQRO: Journal of Islamic Education 7 (2): 262–76. https://doi.org/10.24256/iqro.v7i2.6067.

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Ahmad Nabil, A., & Tasnim Abdul Rahman. (2025). Analisis Hermeneutik Terhadap Gagasan English Islami Dalam Pemikiran Ismail R. Al-Faruqi. AL-KAINAH: Journal of Islamic Studies, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.69698/jis.v4i1.1349

Citation Check