Pengarusutamaan Moderasi Beragama Bagi Muda Muslim Millenial dalam Ranah Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.69698/jis.v2i1.109Keywords:
moderasi beragama, muda muslimAbstract
Artikel ini ingin menguaraikan bagaimana pengarusutamaan moderasi beragama di negara multikultural seperti Indonesia. Pengarusutamaan ini untuk membendung laju kelompok eksklusif yang terus menuai gagasan radikalisme agama. Pengarusutamaan ini dilakukan oleh muda muslim millenial yang berperan besar demi kemajuan bangsannya. Muda muslim millenial ini menjadi Agen Sosial of Change dalam membendung arus paham radikalisme agama. Dengan menggunakan metode library research diharapkan uraikan ini memberikan jawaban atas problematika muda muslim millenail yang selama ini dianggap paling mudah terpengaruh dengan arus paham radikalisme dan intoleran. Pengarusutamaan ini dengan menggunakan Sekolah Moderasi dan Dialog Antar Agama dalam memberikan gambaran, paling tidak mengenalkan kepada muda muslim millenial dalam gerakan moderasi beragama. Di tambah, di lingkup pendidikan mereka diharapkan menjadi mitra pemerintah dalam memendarkan gagasan wasathiyyah melalui dunia pendidikan. Sebab, muda muslim millenial dalam hal ini bukan hanya untuk dirinya gagasan moderasi beragama, melainkan juga bagi masyarakat secara luas.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 AL-KAINAH: Journal of Islamic Studies
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.