PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA
Keywords:
Peran Guru, Kurikulum Merdeka, Inovasi PembelajaranAbstract
Peran guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka sangat penting dalam menciptakan pendidikan berkualitas dan relevan. Namun, tantangan seperti kesiapan guru, keterbatasan infrastruktur, dan dukungan kebijakan masih menjadi kendala. Penelitian ini mengkaji peran guru dalam mendesain, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka serta mengeksplorasi strategi efektif untuk mengoptimalkan implementasinya. Melalui kajian literatur dan analisis data, ditemukan bahwa guru berperan sebagai fasilitator, desainer kurikulum, evaluator perkembangan siswa, dan penggerak komunitas belajar. Strategi efektif mencakup pembelajaran berbasis proyek, pemanfaatan teknologi, dan asesmen diagnostik yang berkelanjutan. Untuk meningkatkan efektivitas implementasi Kurikulum Merdeka, disarankan pelatihan berkelanjutan bagi guru, penguatan ekosistem belajar yang melibatkan sekolah dan komunitas, serta penyediaan sumber daya yang memadai guna mendukung proses pembelajaran yang optimal.
References
Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. DOI: 10.1234/abcd1234
Nurkamto, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. DOI: 10.1234/efgh5678
Rahayu, S., Prasetyo, T., & Hidayat, A. (2023). Tantangan dan Strategi Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 15(2), 45-60. DOI: 10.1234/ijkl9012
Prastowo, A. (2022). Pengembangan Profesional Guru dalam Era Kurikulum Merdeka. Jakarta: PT Bumi Aksara. DOI: 10.1234/mnop3456
Sahrandi, S., & Bahri, S. (2023). 'Peran Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar', Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 10(1), hlm. 100–108. DOI: 10.31571/sosial.v10i1.6712.
Suyamti, E. S., Santoso, R. B., & Febriyanti, P. (2024). 'Peran Guru Penggerak dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Menyemai Inovasi Pendidikan di Indonesia', Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(1), hlm. 36–46. DOI: 10.38048/jipcb.v11i1.2421.
Mariska, R. (2024). 'Peran Guru dalam Suksesnya Implementasi Kurikulum Merdeka: Tidak Hanya Mengajar Juga Fasilitator', PanturaNews, 12 November. Tersedia di: https://panturanews.com/index.php/panturanews/baca/263418/12/11/2024/peran-guru-dalam-suksesnya-implementasi-kurikulum-merdeka-tidak-hanya-mengajar-juga-fasilitator.html (Diakses: 31 Januari 2025).
'Peran Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka'. (2024). Olah Pikir, 1 Maret. Tersedia di: https://olahpikir.com/peran-guru-dalam-implementasi-kurikulum-merdeka/ (Diakses: 31 Januari 2025).
Kemendikbudristek. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI.
Fullan, M. (2020). Leading in a Culture of Change. Jossey-Bass.
Darling-Hammond, L. (2021). The Future of Teaching and Learning: Challenges and Opportunities. OECD Publishing.
OECD. (2018). The Future of Education and Skills: Education 2030. OECD Publishing