Keterampilan Guru dalam Mengelola Kelas Pada Mata Pelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa

Authors

  • Muhamad Raj Chandra STAI Miftahul Huda Subang
  • Laela Nur Karomah STAI Miftahul Huda Subang

Keywords:

Keterampilan Guru, Pengelolaan Kelas, Kedisiplinan Siswa

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya permasalahan- permasalahan yang terdapat di dalam pengelolaan kelas pada mata pelajaran matematika untuk meningkatkan kedisiplinan siswa kelas IV MI Tarbiyatussibyan secara umum diantaranya adalah keterampilan guru dalam menciptakan dan memelihara suasana kelas yang nyaman, pengelolaan kelas yang belum sesuai dikarenakan masih ada beberapa siswa super aktif menyebabkan kelas tidak kondusif, kedisiplinan siswa sudah mengikuti arahan sesuai dengan tata tertib sekolah. Keberhasilan dari sebuah pembelajaran yang aktif dan kondusif tidak akan lepas dari Keterampilan guru dalam mengelola kelas untuk membuat kelas nyaman dan kondusif dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data antara lain dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada tahap selanjutnya, hasil wawancara kepada guru diinterpretasi, dideskripsi dan dianalisis. Khusus untuk observasi, wawancara, dokumentasi kepada siswa dianlisis berdasarkan indikator mengenai pengelolaan kelas, kedisiplinan siswa. Setelah analisis data di lakukan, peneliti mengecek keabsahan data dengan menggunakan ketekunan pengamatan triangulasi. Hasil analisis yang penulis lakukan dari penelitian ini diperoleh hasil yang baik, dapat dilihat dari beberapa penjelasan guru dalam pengelolaan kelas, keterampilan guru, dan kedisiplinan siswa. Dengan demikian bahwa kedisiplinan siswa berdasarkan kepatuhan dalam diri terhadap tata tertib sekolah. Dan keterampilan guru dilihat dari cara pengelolaan yang baik dan benar.

References

Aslamiah, dkk. (2021). Pengelolaan Kelas. Depok: PT Raja Grafindo Persada. Awilara, dkk. (2020). Pembelajaran Matematika SD Kelas Rendah. (Cetakan

Pertama) CV Bianglala Kreasi Mandiri.

Ahmad Pojo, dkk. Sugiarto. 2019. Faktor Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas X SMK Larenda Brebes. Brebes: Jurnal Mimbar Ilmu

Artikel Cendekiawan Arikunto Suharsimi. 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi, Pengelolaan Kelas Sebuah Pendekatan Evaluatif. (Jakarta: CV. Rajawali, 1992)

Damanik, R., dkk, (2021). Keterampilan Dasar Guru. Medan: Umsu Press. Djarmah, S. B., 2012. Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha

Nasional

Djarmah, S. B., & Zain, A. 2014. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta. Elizabeth B Hurlock; Alihbahasa. 1978. Perkembangan Anak Jilid 1. Psikologi Anak: Hlm 351-354

Fathurrohman, P Dan Sobry Sutikno. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung Hamalik, O. 2015. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hendriati, A. H. 2017, Kemampuan Manajemen Kelas Guru: Penelitian Tindakan Di Sekolah Dasar Dengan Pdf (Diunduh 15 Juni 2019)

Kadir, F. (2014). ”Keterampilan Mengelola Kelas Dan Implementasinya Dalam Proses Pembelajaran”. Jurnal Al-Ta’dib, 7(2), 16-36.

Kadir, Fatimah. 2014. Keterampilan Mengelola Kelas Dan Implementasinya Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Al-Ta’dib.

Karwati, Euis, Dan Donni, Juni Priansa. 2014. Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta

K. Davies, Ivor. 1991 Pengelolaan Belajar II. Jakarta Utara: CV Rajawali.

Kriyati, L. (2017). ”Sistem Pengelolaan Kelas Di Indonesia Dalam

Kurikulum2013”. Jurnal Pendidikan Islam Iqra, 11(2), 25-37.

Lexy J. Moleong, Metodelogi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya.

, H 186.

Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.

Martinis Yamin Jakarta: Gaung Persada Press, 2007: Strafegi Dan Metode Dalam Model Pembelajaran. HM Yamin, M.Pd Referensi

Nana Syaodiah Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosdaykarya, 2010).

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Thun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Yogyakarta: Bening.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Standar Sarana Dan Prasarana Untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (Sd/Mi), Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (Sma/Ma). (Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan).

Prawoto, Microteaching, (Yogyakarta:IKIP Yogyakarta, 2014). Rohani, A. (2004). Pengelolaan Pengajaraan. Jakarta : Rineka Cipta.

Purwanti, Dheni. 2015. Manajemen Kelas Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Se- Kecamatan Danuejan Yogyakarta, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Edisi 3 Tahun Ke IV Bulan Maret Tahun 2015. Diakses Pada Tanggal 20 Februari 2017 Pukul 20:15.

Roskina Siti. 2008. ”Profesionalitas Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran”. Jurnal Inovasi

Sugiyono. 2011, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, (Bandung, Alfabeta, 2017), 15.

Sugiyono (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Dan Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Soegeng Prijodarminto (1940-1998). Disiplin Kiat Menuju Sukses. Jakarta: Pradnya Tulus,

Tu’u (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2010. Yogyakarta: Bening.

Downloads

Published

2024-09-08

How to Cite

Chandra, M. R., & Karomah, L. N. (2024). Keterampilan Guru dalam Mengelola Kelas Pada Mata Pelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. AL-HUDA: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 1(2). Retrieved from https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/alhuda/article/view/710