Implementasi Model Cooperative Learning Tipe Tebak Kata dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa
Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Tebak Kata, Hasil Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan yang terdapat ketika kegiatan belajar mengajar, diantaranya aktivitas belajar yang membosankan, kurangnya komunikasi antara siswa dan guru atau siswa dan siswa, kurang aktifnya siswa ketika pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruhnya model cooperative learning tipe tebak kata dalam peningkatan hasil belajar siswa. Implementasi model cooperative learning tipe tebak kata terdiri dari langkah-langkah pembelajaran, adapun bentuk-bentuk tipe tebak kata yaitu tebak kata berpasangan, tebak kata kelompok, tebak kata berwaktu dan tebak kata menggunakan media. Dan juga faktor internal dan eskternal yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada tahap selanjutnya, hasil dari wawancara selanjutnya diinterpretasi, dideskripsi dan dianalisis. Khusus untuk hasil observasi, wawancara dan dokumentasi pada siswa dianalaisis berdasarkan indikator mengenai langkah-langkah model cooperative learning tipe tebak kata, bentuk- bentuk model cooperative learning tipe tebak kata dan faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Setelah analisis data dilakukan, peneliti mengecek keabsahan data dengan menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Kemudian menyusun laporan dan melaporkan hasil penelitian. Hasil analisis yang penulis lakukan dari penelitian ini ditemukan hasil yang baik, dapat dilihat dari siswa yang bersemangat, antusias dan lebih aktif saat pembelajaran berlangsung. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa guru telah memberikan peran yang baik kepada siswa dalam kegiatan pembelajaran berlangsung. Implementasi model cooperative learning tipe tebak kata dalam peningkatan hasil belajar dapat dikatakan baik, terlihat dari siswa yang semakin bersemangat dan aktif ketika pembelajaran berlangsung, dan pemahaman terhadap materi semakin kuat.
References
Agus, A. N. (2021). Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Tebak Kata Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Aqidah Ahklak. uinfasbengkulu.
Agustinova, D. E. (2015). Memahami metode penelitian kualitatif; teori dan praktik. Yogyakarta: Library.fis.uny.ac.id.
Andi Sulistio, Nik Haryanti. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning Model). Purbalingga, Jawa Tengah: Eureka Media Aksara, April 2022 Anggota IKAPI Jawa Tengah No.225/JTE/2021.
Anisah, Siti. 2018. Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Tebak Kata pada Mata Pelajaran PAI di SMK Madinatul Ulum Jenggawah Jember. Jember.
Astuti, Fitri Dwi. 2017. Dengan judul “Penerapan Model Tebak Kata Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Demangrejo Sentolo.
Aqib, Zainal dan Ali Murtadlo (2022). Ensiklopedia Metode Pembelajaran Inovatif.
Yogyakarta: Pustaka Referensi.
Aqib, Zainal. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, S. (2013). metodologi penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, S. B. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta. Djaali. 2020. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.
Efferi, A. (2023). Analisis kepuasan pengguna alumni magister manajemen pendidikan islam di iain kudus. iainkudus.
Fajriani, D. (2019). Penerapan metode tebak kata pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI 43 batulotong kec.larompong kab. luwu. iainpalopo.
Febriani, Linda. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Tebak kata untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII di MTs Nurul Islahl Islam Kateng Tahun Pelajaran 2016/2017.
Feny Rita Fiantika, d. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sumatera Barat: PT. Global Eksekutif Teknologi.
Husamah. Pantiwati, Yuni. Restian, Arina. Sumarsono, Puji. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Malang: UMM Press.
Isjoni. (2012). Pembelajaran kooperatif. repo.uinsatu.ac.id, 23. KBBI. (1988).
Departemen P&K. Jkarta: Balai Pustaka.
Khuluqo, I. E. (2017). Belajar dan pembelajaran: konsep dasar, metode dan aplikasi nilai-nilai spiritualitas dalam proses pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka belajar.
Miles, M. B. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. Sage Publications.
Mulyani Sumantri, N. S. (2010). Perkembangan Peserta Didik. Universitas Terbuka, 72.
Oemar, H. (2010). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Octavia, Shilphy A. (2020). Model-model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish (Grup Penerbit CV Budi Utama).
Pahlephi, R. D. (2022, november rabu). Dokumentasi adalah: mengenal fungsi, kegiatan dan jenisnya. Retrieved from detikbali.
Putra, Angga. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Sekolah Dasar. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.
Sari. (2023). 7 masalah yang dihadapi siswa di sekolah dan cara mengatasinya. kejarcita.
Subagia, Wayan. Dan Wiratma, G.L. (2016). Profil Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 13: Jurnal Pendidikan Indonesia.
Sereliciouz. (2021, November 03). Quipper Blog. Retrieved from Quipper Blog: https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/model-pembelajaran-kooperatif/
Siregar, S. (2017). Statistik Parametik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Bumi Aksara.
Sudijono, Anas. 2018. Pengantar Statistik Pendidikan. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Sudjana, N. (2006). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiono. (2022). Metode Penelitian Kulitatif, Kuantitatif dan R&D . Bandung: ALFABETA, CV.
Sulistyorini. (2006). Manajemen Pendidikan Islam. Surabaya: Elkaf. Suryosubroto,
B. (2002). proses belajar mengajar disekolah: wawasan baru,
bebearpa metode pendukung, dan beberapa komponen layanan khusus. Jakarta: Rineka Cipta.
Suwardi, D. R. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa kompetensi dasar ayat jurnal penyesuaian mapel akuntasi. Economic education analysis journal.
Syah, Muhibbin. (2005). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Thabroni, G. (2022, Mei 04). Serupa.id. Retrieved from Serupa.id:https://serupa.id/model-pembelajaran-kooperatif-cooperative learning/Tuasikal, M. A. (2015). Menuntut ilmu, jalan paling cepat menuju surga. Rumaysho.com.
Tukiran Taniredja, d. (2011). Model-model Pembelajaran Inovatif. repo.uinsatu.ac.id, 60.
Turniasih. 2013. Keefektifan Penerapan Tebak Kata Terhadap Minat dan Hasil Belajar PKN Materi Komponen Pemerintah Pusat Kelas IV SD Negeri Debong Tengah Kota Tegal. Tegal.
Windari. 2017. Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Tebak Kata dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Di MTsN 1 Losari. Losari.
Wendra, I. W. (2006). keterampilan berbicara. Singaraja: Undikhsa, 12.
Yulianto, T. (2015). Pengertian Pembelajaran Kooperatif menurut para ahli.
Pendidikan Umum.
Zain, S. B. (2006). Strategi belajar Mengajar . Rineka Cipta, 71.