Peran Guru Kelas dalam Mencegah Terjadinya Bullying

Authors

  • Yudi Hadiansyah Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Huda Subang
  • Nurul Fadila STAI Miftahul Huda Subang

Keywords:

Bullying, Guru Kelas, Pencegahan, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan bullying di kalangan siswa semakin mengkhawatirkan. Bullying dapat berdampak buruk pada kesejahteraan siswa, seperti menurunkan rasa percaya diri, meningkatkan tingkat kecemasan dan depresi, serta menurunkan prestasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tindakan guru kelas dalam mencegah terjadinya bullying, hambatan- hambatan dalam mencegah terjadinya bullying serta upaya dalam pencegahan bullying di kelas VI. Karena pada tingkat sekolah dasar, yang menjadi komponen penting dalam melaksanakan Pendidikan adalah guru kelas. Guru kelas tentunya memiliki tugas utama yang salah satunya adalah melakukan bimbingan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data antara lain dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada tahap selanjutnya, hasil dari wawancara kepada guru lalu diinterpretasi, dideskripsi dan dianalisis. Khusus untuk hasil observasi, wawancara dan dokumentasi pada siswa dianalisis berdasarkan indikator mengenai peran guru kelas dalam mencegah terjadinya bullying. Setelah analisis data dilakukan, peneliti mengecek keabsahan data dengan menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Kemudian menyusun laporan dan melaporkan hasil penelitian. Hasil dari penelitian ini mengungkap berbagai strategi yang dapat diterapkan guru kelas, mulai dari membangun hubungan yang kuat dengan siswa, mengajarkan keterampilan sosial, menegakkan aturan sekolah, .pengembangan program anti-bullying, hingga penanganan kasus bullying secara efektif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan program pencegahan bullying di sekolah dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya peran guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi semua siswa

References

Ahmad Izzan dan Saehudin, Hadis Pendidikan “Konsep Pendidikan Berbasis Hadis” (Bandung: Humaniora, 2016) hlm. 34

Alsa, A. (2011). Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif Serta Kombinasinya Dalam Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Andi Prastowo, sumber belajar dan pusat sumber belajar (Depok : Prenadamedia Group, 2018) hlm. 41

Ardani Anwar, Khiyarusoleh Ujang, “Pendekatan Guru Dalam Menangani Kasus Korban Bullying Siswa Kelas IV Negeri Kalierang 01 Kecamatan Bumiayu”, Jurnal Dinamika Pendidikan Vol.12 No. 3, November 2019.

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arya Lutfi, Melawan Bullying, Mojokerto: CV. Sepilar Publishing House Anggota IKAPI, 2018.

Bachtiar S. Bachri, 2010. “Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif”, Jurnal Teknologi Pendidikan, 10, no. 1: 50.

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Hamka, Tafsir Al-Azhar (Jakarta: Gema Insani, 2015), 425

Irnie Victorynie, “Mengatasi Bullying Siswa Sekolah Dasar Dengan Menerapkan Manajemen Kelas Yang Efektif,” PEDAGOGIK Vol. 5, No. 1 (Februari 2017) h. 39.

Irwansyah, Tati Riang Dewi Andi, Nurhaedah, “Strategi Guru dalam Mengatasi School Bullying Siswa di Sekolah Dasar”, Jurnal Publikasi Pendidikan Vol. 10 No. 1, Oktober 2023.

Kuswandi Dedi, Hadi Syamsul, Mayasari Amiirohana, “Tindak Perundungan di Sekolah Dasar dan Upaya Mengatasinya”, Jurnal Pendidikan, Vol. 4 No

Maret 2019.

Muhadjir Noeng. 1998. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.

N Abdullah - Jurnal Magistra, 2013 - garuda.kemdikbud.go.id

Ni Laurentius, Wahyu Yuliana, Mulia Bernadeta, “Peran Guru Dalam Menyiapkan Mental Siswa Di Era Revolusi Industri 4.0”, Jurnal Literasi Pendidikan Dasar. Vol. 1, No.1, Oktober 2023.

P. Ratu Ile Tokan, Manajemen Penelitian Guru untuk Pendidikan Bermutu (Jakarta : PT Grasindo, 2016), hlm. 298

Ponny Retno Astuti, Meredam Bullying : 3 Cara Efektif Menanggulangi Kekerasan pada Anak (Jakarta: PT Grasindo, 2008), h.3

Rohmah, Noer. Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Teras, 2012. Djamarah, Syaiful Bahri. Psikologi Belajar .Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Sufriani dan Eva Purnama Sari. “Faktor Yang Mempengaruhi Bullying pada Anak Usia Sekolah di Sekolah Dasar Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh”.Idea Nursing Journal, Vol VIII No. 3. 2017: 327-328.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta, CV

Susanto, 2015 dalam Buku Panduan Melawan Bullying

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 tentang Perlindungan Terhadap Hak Atas Anak Pasal 28B ayat (2)

Undang-Undang Dasar Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak Pasal 54.

Wardhana Katyana dalam Buku panduan Melawan Bullying

Wiyani, Novan Ardy, Save Our Children From School Bullying (Yogyakarta: Ar- Ruzz Media, 2012), h.17

Downloads

Published

2024-09-06

How to Cite

Hadiansyah, Y., & Fadila, N. (2024). Peran Guru Kelas dalam Mencegah Terjadinya Bullying. AL-HUDA: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 1(2). Retrieved from https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/alhuda/article/view/706