PERAN ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN MORAL PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR
Keywords:
peran orang tua, perkembangan moral, anak usia sekolah dasarAbstract
Perkembangan moral anak usia sekolah dasar berada pada tahap prakonvensional dan konvensional. Orang tua sebagai pendidik bertanggungjawab terhadap tumbuh kembang anak, termasuk dalam perkembangan moral. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam perkembangan moral pada anak usia sekolah dasar. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah lima orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam perkembangan moral pada anak usia sekolah dasar adalah a) member pesan atau nasihat, b) mengajak berdiskusi atau tanya jawab, c) mengajak anak untuk merasakan suatu peristiwa atau kondisi, d) member contoh atau keteladanan, dan e) mengikutsertakan anak ke Taman Pendidikan Alquran (TPA). Hambatan yang ditemukan orang tua dalam mendidik moral anak adalah pengaruh lingkungan, gadget, dan karakter anak. Polaasuh yang lebihv banyak digunakan orang tua dalam mendidik moral anak adalah pola asuh demokratis dan otoriter.
References
Agustin, D. S. Y., Suarmini, N. W., & Prabowo, S. (2015). Peran Keluarga Sangat Penting dalam Pendidikan Mental, Karakter Anak serta Budi Pekerti Anak. jsh: Jurnal Sosial Humaniora, 8 (1), 46-54.
Apriyanti, Masayu Endang. (2020). Mendidik Anak Agar Percaya Diri dan Mampu Memanajemen Waktu dengan Baik. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(3), 141-152.
Creswell, John W. (2018). 30 Keterampilan Esensial untuk Peneliti Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Folandra, Danil. (2020). Aktivitas Sosial Keagamaan Santri Yayasan Amal Saleh Air Tawar Barat Kota Padang. Potret Pemikiran, 24 (1), 23-46.
Maharani, L. (2014). Perkembangan Moral pada Anak. Konseli: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1 (2), 104-109.
Nida, F. L. K. (2013). Intervensi Teori Perkembangan Moral Lawrence Kohlberg dalam Dinamika Pendidikan Karakter. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8 (2), 271-290.
Rakhmawati, I. (2015). Peran Keluarga dalam Pengasuhan Anak. Konseling Religi: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6 (1), 1-18.
Suhada, I. (2017). Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Yanizon, A. (2016). Peran Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak dalam Keluarga. Jurnal Kopasta 3(2), 46-55.