MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS AKHLAKUL KARIMAH: KOLABORASI ANTARA LINGKUNGAN ISLAMI DAN PEMBIAYAAN MODERN
Keywords:
Manajemen Pendidikan Islam, Akhlakul Karimah, Lingkungan Islami, Kurikulum Berbasis Islam, Pembiayaan Syariah, Wakaf Produktif, Crowdfunding IslamAbstract
Manajemen pendidikan Islam berbasis akhlakul karimah berperan penting dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang Islami dan berorientasi pada pembentukan karakter siswa. Pendekatan ini menekankan pengintegrasian nilai-nilai moral dan etika Islam dalam seluruh aspek pendidikan, termasuk kurikulum, metode pembelajaran, kualitas pendidik, lingkungan pendidikan, dan sistem pembiayaan. Kurikulum berbasis nilai-nilai Islam dirancang agar relevan dengan perkembangan zaman melalui integrasi ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dengan nilai-nilai keislaman. Metode pembelajaran interaktif dan kreatif, seperti pembelajaran berbasis proyek dan penggunaan teknologi pendidikan, mendukung pemahaman siswa sekaligus membentuk akhlak mulia. Peningkatan kualitas pendidik dilakukan melalui pelatihan rutin dan pengembangan kompetensi dalam mengimplementasikan metode berbasis akhlakul karimah. Lingkungan pendidikan Islami diwujudkan melalui penyediaan fasilitas memadai, pembiasaan ibadah, dan pembentukan budaya sekolah Islami. Selain itu, pembiayaan pendidikan Islam yang transparan, akuntabel, dan sesuai syariat, didukung oleh inovasi seperti wakaf produktif dan crowdfunding Islam, menjadi solusi strategis dalam keberlanjutan pendidikan Islam. Dengan pendekatan holistik ini, manajemen pendidikan Islam berbasis akhlakul karimah diharapkan mampu menghasilkan generasi beriman, berilmu, dan berakhlak mulia yang siap menghadapi tantangan era modern
References
Afik Faeyza et al., “Pengembangan Kurikulum Berbasis Nilai-Nilai Islam Dalam Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Di MTS Al-Wardah Tembung,” El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4, no. 3 (2024): 1904–13, https://doi.org/10.47467/elmujtama.v4i3.3003
Agus Sujarwo, ” Implementasi Manajemen Pendidikan Islam Berbasis Karakter: Strategi Pembangunan Karakter Siswa Di Madrasah 5 (2024): 2059–70
Al-Attas, S. M. N. (1980). The Concept of Education in Islam. International Institute of Islamic Thought and Civilization (ISTAC).
Anisa Manongga, “Pentingnya Teknologi Informasi Dalam Mendukung Proses Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar,” Pascasarjana Univearsitas Negeri Gorontalo Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 978-623–98, no. November (2021): 1–7.
Dliyaul Hilmi et al., “Kualitas Pendidikan Agama Islam Di Mapm Cukir Diwek Jombang” 1, no. 4 (2024): 481–91.
et all Damayanti, “Strategi Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl),” Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora 2, no. 2 (2023): 706–19, https://publisherqu.com/index.php/pediaqu.
Helmi Aziz, “Kurikulum Integratif Berbasis Nilai-Nilai Islam (Penelitian Di SMP IT Fithrah Insani Kabupaten Bandung Barat),” TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 13, no. 1 (2018): 94, https://doi.org/10.19105/tjpi.v13i1.1535.
Mardan Umar and Feiby Ismail, “Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam (Tinjauan Konsep Mutu Edward Deming Dan Joseph Juran),” Jurnal Ilmiah Iqra’ 11, no. 2 (2018), https://doi.org/10.30984/jii.v11i2.581.
Mardiah Astuti et al., “Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam Melalui Implementasi Teknologi Pendidikan,” Student Scientific Creativity Journal 1, no. 5 (2023): 298–310, https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i5.2043.
Mohamad Siroj and Slamet Untung, “Jurnal Edukasi Terkini : Jurnal,” Manajemen Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik 6, no. 1 (2024): 66–75, https://journalpedia.com/1/index.php/jpm.
Munzir Munzir, “Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam,” Jurnal Guru Kita PGSD 6, no. 4 (2022): 594, https://doi.org/10.24114/jgk.v6i4.39903.
Saeh Udin and Acep Sutisna, “Kurikulum Terpadu Berbasis Nilai-Nilai Islami,” Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi ISlam 1, no. 1 (2020): 1–19, https://doi.org/10.52593/pdg.01.1.01.
Syarhani, “Manajemen Pendidikan Islam, Konsep, Fungsi Dan Prinsip,” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan 16, no. 6 (2022): 2007, https://doi.org/10.35931/aq.v16i6.1258.
Tb Farhan Dwi Latif Muhammad Irfan, Sofwan Harun, “Peningkatan Mutu Pendidikan Islam Di Era Digital: Peluang Dan Tantangan,” Gunung Djati Conference Series, Website: Https://Conferences.Uinsgd.Ac.Id/ 36 (2023): 338–50.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Opik Taupik Kurahman, Wisnu Hambali Hidayat, Ayub Suganda, Qorie Hizratul Muttaqien

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.