INOVASI PEMBELAJARAN PAI DALAM MEMBENTUK KREATIVITAS PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SDN GALUNGGUNG TASIKMALAYA)
Keywords:
PAI, Inovasi Pembelajaran, Kreativitas, Metode.Abstract
Artikel ini akan membahas tentang inovasi pembelajaran PAI dalam membentuk kreativitas peserta didik. Pokok bahasannya meliputi model atau metode pembelajaran, gaya belajar, tantangan yang dihadapi, fasilitas pendukung dan evaluasi akhir pembelajaran. Dalam metode pembelajaran menerapkan sistem pembelajaran yang berbasis problem solving, proyek based learning dan pembelajaran diferensiasi untuk meningkatkan ide-ide kreativitas peserta didik khususnya dalam konteks keagamaan. Penggunaan multimedia visual, auditori dan kinestetik, praktek ibadah merupakan gaya belajar yang diakomodasikan. Untuk tantangannya meliputi keterbatasan waktu pembelajaran, kemampuan peserta didik yang beragam dan kurangnya minat anak. Fasilitas pendukung yang difasilitasi yaitu penambahan jam pembelajaran PAI. Evaluasi akhir melalui hasil penilaian PTS dan asesmen evaluasi praktek.
References
Ahmad, M. Y., & Mawarni, I. (2021). Kreativitas Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Pengaruh Lingkungan Sekolah dalam Pengajaran. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 222–243. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).7382
Anwar, R. R. (2022). Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Pembelajaran di MTSN 3 Pasaman Barat. Indonesian Research Journal On Education, 3(1), 789–798. https://doi.org/10.31004/irje.v3i1.356
Appulembang, Y. A. (2017). Norma Kreativitas Menggunakan Torrance Test of Creativity Thinking Untuk Anak Usia 6-12 Tahun. Jurnal Psikologi Pendidikan, Vol 9(1), 41–57.
El-yunusi, M. Y. M., & Almaghfiroh, Z. A. (2024). Inovasi Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Keterlibatan Siswa dan Guru. 07(01), 1675–1691.
Halimurosyid, A, Syafe’i, R, fathurrahman, A. (2021). Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PAI di SDN Bingawati Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur Jawa Barat Halimurosid,. THANZHIMUNA: Jurnal Managemen Pendidikan Islam, 1(1), 19–34. https://www.jurnal.stit-buntetpesantren.ac.id/index.php/tanzhimuna/article/view/64
Hermawati, K. A. (2021). Implementasi Model Inkuiri dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Analisis pada Materi Pembelajaran Toleransi. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(1), 56–72. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6159
Junita, E. R., Karolina, A., & Idris, M. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Dalam Membentuk Sikap Sosial Peserta Didik Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri 02 Rejang Lebong. Jurnal Literasiologi, 9(4), 43–60. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v9i4.541
Kariyawan, B. (2022). Challenges in the world of education and their implications for educational innovation and learning in Islamic religious education. Jurnal Lingkar Pendidikan (JLP), 1(1), 1–5. http://journal.unilak.ac.id/index.php/jlp/article/view/11733
Lestari, S., & Widda Djuhan, M. (1970). Analisis Gaya Belajar Visual, Audiotori dan Kinestetik dalam Pengembangan Prestasi Belajar Siswa. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 1(2), 79–90. https://doi.org/10.21154/jiipsi.v1i2.250
Muhammad Nur Hadi, Syaifullah, & Wiwin Fachrudin Yusuf. (2022). Inovasi Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mu’allim, 4(1), 53–66. https://doi.org/10.35891/muallim.v4i1.2948
Munawarah. (2022). INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL DI SMA SATYA DHARMA BALUNG SKRIPSI Diajukan kepada Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Untuk memenuhi salah satu persyaratan memperoleh gelar Sarjana Pendidikan ( S.
Nurhidin, E. (2017). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Kontekstual Dan Pengembangan Budaya Religius Di Sekolah. Kuttab, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.30736/kuttab.v1i1.95
Oci, M. (2016). Kreativitas Belajar. Sanctum Domine: Jurnal Teologi, 4(2), 55–64. https://doi.org/10.46495/sdjt.v4i2.26
Rafliyanto, M., & Mukhlis, F. (2023). Pengembangan Inovasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Lembaga Pendidikan Formal. Tarbiyatuna Kajian Pendidikan Islam, 7(1), 121. https://doi.org/10.69552/tarbiyatuna.v7i1.1853
Rahmawati, L., & Gumiandari, S. (2021). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial Dan Kinestetik) Mahasiswa Tadris Bahasa Inggris Kelas 3F IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 16(1), 54–61. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v16i1.1876
Rahmayanti, R. (2016). Kreativitas Belajar Pada Siswa. 62.
Raniyah, F., Hasnah, N., & Gusmaneli, G. (2024). Pengembangan Strategi Pembelajaran Kreatif dan Inovatif Pendidikan Agama Islam (PAI) di Era Digital. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(2), 29–37. https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i2.2438
Rizal, Setria Utama, Hamdi, N. H. (2023). Digitalisasi Pembelajaran PAI dalam Menunjang Kualitas Pembelajaran dan Implikasinya Terhadap Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Prosiding The 3nd Annual Conference on Islamic Religious Education, 3, 1–9. http://acied.pp-paiindonesia.org/index.php/acied
Rusdiana, H. . (2014). Konsep inovasi pendidikan. Pustaka Setia, 187. https://etheses.uinsgd.ac.id/8787/1/Buku Konsep Inovasi Pendidikan.pdf
Tiara Febriani Harahap, & Zainal Efendi Hsb. (2024). Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Audiovisual. Al-Tarbiyah : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(4), 292–301. https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v2i4.1468
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Alisya Lutfiana Fiana, Yanto Maulana Restu, Neni, Lutfy Husnian Zaini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.