PERAN LINGKUNGAN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA MODERN

Authors

  • Munasir Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Huda Subang
  • A. Supiana Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Huda Subang
  • Muhamad Januaripin Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Huda Subang
  • Muhammad Zaki Akhbar Hasan Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Huda Subang
  • Adam Hasyim Hasyim Fuad Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.69698/jpai.v2i2.717

Keywords:

Kata Kunci : Peran Lingkungan, Pendidikan Islam, Modern

Abstract

Lingkungan pendidikan Islam memainkan peran yang sangat penting dalam membentuk kepribadian dan karakter siswa di era modern. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana keluarga, sekolah, dan masyarakat berperan sebagai komponen utama lingkungan pendidikan Islam dalam menghadapi tantangan globalisasi, kemajuan teknologi, dan perubahan nilai-nilai sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif untuk melihat bagaimana lingkungan pendidikan Islam dapat mempertahankan nilai-nilai akhlak dan spiritualitas sambil tetap relevan di tengah perkembangan zaman.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keluarga berfungsi sebagai pondasi awal dalam pembentukan moralitas anak, sekolah berfungsi sebagai tempat formal untuk menanamkan nilai-nilai agama secara sistematis, dan masyarakat mendapatkan pengalaman nyata dalam penerapan ajaran Islam. Sinergi antara ketiga komponen ini semakin penting di zaman sekarang karena teknologi dan media sosial memengaruhi perkembangan mental dan spiritual siswa. Untuk mencapai hal ini, metode pembelajaran harus diubah, teknologi harus digunakan dengan baik, dan peran guru harus ditingkatkan sebagai agen perubahan. Oleh karena itu, lingkungan pendidikan Islam dapat menghasilkan generasi yang berakhlak mulia dan berdaya saing di seluruh dunia selain menjawab tantangan masa kini.

 

References

Amatullah, R. S., Wahyudi, W., Fm, D. Z. A., Nurrohmah, M., & Sumarni, E. (2024). Makna Qoryah dalam Al-Quran dan Kaitannya dengan Lingkungan Pendidikan Islam (Analisis Semantik Karya Toshihiku Izutsu). Al-Muhith: Jurnal Ilmu Qur’an Dan Hadits. https://doi.org/10.35931/am.v2i1.2943

Arisanti, D. (2017). Manajemen Lingkungan Pendidikan dalam Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).620

Bt Abdul Rahman, W. (2020). Lingkungan Pendidikan Islam Dalam Perspektif Al Qur’an. Alashriyyah. https://doi.org/10.53038/alashriyyah.v6i01.124

Budiarto, G. (2020). Indonesia dalam Pusaran Globalisasi dan Pengaruhnya Terhadap Krisis Moral dan Karakter. Pamator Journal. https://doi.org/10.21107/pamator.v13i1.6912

Fauziah, R. F., & Masyithoh, S. (2023). Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Tadzkirah : Jurnal Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.55510/tadzkirah.v6i1.207

Hamzah, A. R. (2017). KONSEP PENDIDIKAN DALAM ISLAM PERSPEKTIF AHMAD TAFSIR. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam. https://doi.org/10.24127/att.v1i01.336

Hasneli, H. (2019). MANAJEMEN DAN LINGKUNGAN PENDIDIKAN ISLAM. Al-Qalb : Jurnal Psikologi Islam. https://doi.org/10.15548/alqalb.v6i2.819

Iskandar Sultani, D., & Nahar, S. (2022). Lingkungan Pendidikan Islam Perspektif Hadis. Journal Analytica Islamica. https://doi.org/10.30829/jai.v11i2.14291

Kasandra, A., Hendrawan, F. E., Amisar, S. R. F., & Abdila, Y. E. (2023). Peran Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Journal of Education on Social Issues. https://doi.org/10.26623/jesi.v2i3.52

Kasiono, Muhammad Amri, & Indo Santalia. (2023). Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i4.134

Marimba, D. A. (1981). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. PT Al-Ma’rif.

Mashuri, M., Maisah, M., & Hakim, L. (2023). ANALISIS LINGKUNGAN INTERNAL LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Inovasi Global. https://doi.org/10.58344/jig.v1i2.30

Murali. (2022). Integrasi Ilmu Agama dan Ilmu Umum. Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society.

Nasiruddin, N. (2021). ISLAMISASI SAINS DAN SEKULARISASI PENDIDIKAN DI INDONESIA. Jurnal Keislaman. https://doi.org/10.54298/jk.v2i1.3378

Ramayulis. (2008). Ilmu Pendidikan Islam.

Riadi, D. (2019). Peran Lingkungan Pendidikan Islam. International Seminar on Islamic Studies , IAIN Bengkulu ,.

Sadiyah, H. (2019). INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN BERBASIS KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILLS) DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMP MA’ARIF 4 PAMEKASAN. Islamuna: Jurnal Studi Islam. https://doi.org/10.19105/islamuna.v5i2.2101

Ulum, F. B., & Hidayati, R. (2024). Sinergitas Faktor Lingkungan Pendidikan Islam untuk Mewujudkan Tujuan Pendidikan Islam. Fahima. https://doi.org/10.54622/fahima.v3i1.128

Wahdaniyah, W., & Malli, R. (2021). Urgensi Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Tantangan Modernitas. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam. https://doi.org/10.26618/jtw.v6i02.6158

Yunus, M. (1983). Metode Khusus Pendidikan Agama. PT. Hidakarya Agung.

Downloads

Published

2024-11-16

How to Cite

Munasir, A. Supiana, Muhamad Januaripin, Muhammad Zaki Akhbar Hasan, & Hasyim Fuad, A. H. (2024). PERAN LINGKUNGAN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA MODERN. KAMALIYAH : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 183 –. https://doi.org/10.69698/jpai.v2i2.717