PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI PERILAKU MENYIMPANG SISWA Di SMPN 1 PRAGAAN
DOI:
https://doi.org/10.69698/jpai.v2i2.660Keywords:
Peran, Upaya Guru Pendidikan Agama Islam,, Perilaku MenyimpangAbstract
Peran mencerminkan tindakan yang dilakukan oleh individu dalam peristiwa tertentu. Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) bertugas menyampaikan pendidikan moral yang berakar pada ajaran Islam untuk mengatasi perilaku menyimpang. Penelitian ini mengeksplorasi bentuk dan penyebab penyimpangan siswa serta upaya guru PAI mengatasinya di SMPN 1 Pragaan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Temuan mengungkapkan perilaku seperti membolos sekolah, menggunakan ponsel di kelas, penindasan, dan menyalin tugas. Penyebabnya antara lain pengaruh internal, keluarga, dan teman sebaya. Guru PAI melakukan tindakan represif dan preventif, termasuk sanksi dan pembinaan melalui kegiatan keagamaan sehari-hari seperti membaca Surah Yasin dan salat berjamaah
References
Afifah, BEA. (2022). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perilaku Menyimpang Siswa Kelas VII Dan VIII SMP Negeri 5 Ngawi. Undergraduate (S1) thesis: IAIN Ponorogo. http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21034
Arifin, G. (2015). Surat YasinTtajwid Warna &Ttahlil Plus Doa Ayat-Ayat Rezeki Jakarta: Shahih.
Arini, U. S., & Rossa, H. (2021). Peran Penting Public Relations Di Era Digital. Sadida: Islamic Communications Media Studies, 1(2), 12-28.
Astarani, K., & Taviyanda, D. (2020). Optimalisasi Tugas Keluarga Dalam Mencegah Dan Mengatasi Perilaku Bullying Dalam Kehidupan Anak. JCEH: Journal of Community Engagement in Health, 3(1), 39-43. https://doi.org/10.30994/jceh.v3i1.31
Atikah, D. A., Iin, P. S., & Rahmat, R. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Menyimpang Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di SD Negeri Pleburan 03 Semarang. HARMONY: Jurnal Pendidikan IPS Dan PKN, 6(1),1-5. https://doi.org/10.15294/harmony.v6i1.43951
Baro’ah, S. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Tawadhu: Perubahan Dalam Dunia Pendidikan, 4(1), 1063-1073.
Budiyanti, N., Rizal A. S., & Sumarna, E. (2016). Implikasi Konsep Ulul Ilmi Dalam Al-Qur’an Terhadap Teori Pendidikan Islam. TARBAWY: Indonesian Journal Of Islamic Education, 3(1), 51-74.
Daradjat, Z. (2011). Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Hawi, A. (2013). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Henslin, J. M. (2006). Sosiologi Dengan Pendekatan Membumi 6 (1). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Hisyam, C. J. (2021). Perilaku Menyimpang Tinjauan Sosiologis. Jakarta: Bumi Aksara.
Mahda, N., Ramly, F., & Wildan, R. (2021). Pengaruh Wirid Terhadap Spiritualitas Kaum Ibu Di Kecamatan Sawang. JPI: Jurnal Pemikiran Islam, 1(1), 89-100. http://dx.doi.org/10.22373/jpi.v1i1.10358
Mardawani. (2020). Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar Dan Analisis Data Dalam Perspektif Kualitatif. Yogyakarta: Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA.
Maulidi, A. (2020). Peningkatan Kecerdasan Spiritual Siswa Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Mata Pelajaran Al-Islam. Reflektika: Jurnal Keislaman IDIA Prenduan, 15(1), 15-31. http://dx.doi.org/10.28944/reflektika.v15i1.398
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muhlis, A., et al. (2021). Students’ Destructive Behavior Towards The Teacher in The Teaching and Learning Process. Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan, 19(1), 21-46. https://doi.org/10.21154/cendekia.v1i1.2392
Mulyati, M., Hidayati, M., & Hariyanto, M. (2020). Pengaruh Keteladanan Guru dan Orang Tua terhadap Sikap Kejujuran Siswa SMK Klaten, Jawa Tengah. Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(2), 183-195.
Musleh, M. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Kesenian Macopat: Studi Etnografi Kebudayaan Masyarakat Madura di Sumenep Tahun 2018. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 6(1), 21–44.
Nabilah, F., & El-Faradis, F. (2023). Peran Kepala Sekolah dalam Membentuk Kedisiplinan Siswa SDI Nurul Bayan Kebun agung Sumenep. Faidatuna: Jurnal Prodi MPI dan PAI, 4(2), 143-163.
Narwoko, J. D. (2007). Sosiologi Teks Pengantar Dan Terapan. Jakarta: Kencana.
Putri, A. H., Hadi, W., Ari, K. D. (2023). Analisis Perilaku Menyimpang Siswa Terlambat Ke Sekolah Di MI Sunan Giri Gresik. Khasanah Pendidikan: Jurnal Ilmiah Nasional, 17(1), 134-141.
Rinah, R. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa. IRJE: Indonesian Research on Journal Education, 3(2), 901-907. https://doi.org/10.31004/irje.v3i2.387
Rinnanik, R. (2016). Program Pembelajaran Agama Islam Pada Lembaga Pendidikan Umum. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(2), 221-229.
Rukhayati, S. (2019). Strategi Guru PAI Dalam Membina Karakter Peserta Didik SMK Al Falah. Salatiga: LP2M Press IAIN Salatiga.
Said, A. (2021). Perilaku Bullying di kalangan santri Dayah Terpadu Kota Lhokseumawe. Medan: CV. Pusdikra Mitra Jaya.
Saidah, Z. (2021). Pendidikan Berbasis Konstruktivisme Dalam Meningkatkan Kebermaknaan Belajar Di Era Digital. Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman, 7(2), 163-175.
Santrock, J. W. (2009). Psikologi Pendidikan Buku 1 (3). Jakarta: Salemba Humanika.
Sari, Y. P. (2022). Peran Orang Tua Dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang Remaja Akibat Game Online Higgs Domino Di Kelurahan Padang Kapok Bengkulu Selatan. Diploma thesis: UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8153
Sarwono, S. W. (2011). Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali pres.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Sulaiman, U. (2020). Perilaku Menyimpang Remaja Dalam Perspektif Sosiologi, Edisi Revisi. Makassar: Alauddin University Press.
Willis, S. (2008). Remaja Dan Masalahnya. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Uswatun Hasanah, Cholila Dwi FebriYanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.