PANDANGAN FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP MANUSIA
DOI:
https://doi.org/10.69698/jpai.v2i2.656Keywords:
Filsafat, Pendidikan Islam, ManusiaAbstract
Manusia merupakan salah satu ciptaan Allah, diciptakan sebagai makhluk yang paling sempurna dan mulia. Penelitian ini mengeksplorasi perspektif filsafat pendidikan Islam terhadap manusia dengan menggunakan metode penelitian perpustakaan kualitatif, bersumber dari buku dan jurnal yang relevan. Ini mengkaji tiga konsep: al-Basyar, menyoroti kebutuhan fisik manusia seperti makanan dan keamanan; al-Insan, menekankan potensi manusia untuk tumbuh positif secara fisik dan mental; dan an-Naas, dengan fokus pada manusia sebagai makhluk sosial yang membutuhkan orang lain untuk membentuk komunitas. Allah menciptakan manusia berpasang-pasangan dan berbangsa-bangsa yang berbeda-beda untuk menumbuhkan saling pengertian, kerjasama, dan keharmonisan masyarakat.
References
Adnan, M. (2019). Konsep Manusia dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Kependidikan, 7(2), 264–273. https://doi.org/10.24090/jk.v7i2.3517
Albina, M., & Aziz, M. (n.d.). Hakikat Manusia dalam Al-Quran dan Filsafat Pendidikan Islam. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2414
Al Khoziny, I. (n.d.). MANUSIA DALAM TINJAUAN FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM.
Fitrotunnisa, A., & Prasetyawati, S. (2023). Jurnal Studi Islam Indonesia (JSII) Pandangan Filsafat Pendidikan Tentang Manusia, Masyarakat Dan Lingkungan. Jurnal Studi Islam Indonesia (JSII), 1(1), 117–126.
Hamdi, M. M., Syafingi, M. H., & Mubarok, M. (2022). HAKIKAT MANUSIA DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM. 2(1). https://ejournal.staida-krempyang.ac.id/index.php/CERMIN
Hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam Man, P. DI, & Rony Zulfirman, M. (n.d.). IMPLEMETASI METODE OUTDOOR LEARNING DALAM. Pendidikan Dan Pengajaran |, 3, 2022. http://dx.doi.org/10.30596%2Fjppp.v3i2.11758
Ilyas, M. (2019). Fase Perkembangan Manusia dalam Pendidikan Islam. AL-LIQO: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.46963/alliqo.v4i1.12
Jarbi, M. (n.d.). HAKIKAT MANUSIA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. https://uit.e-journal.id/JPAIs/
Kajian Islam, J., & Damayanti, E. (n.d.). AL-QALAM HAKIKAT MANUSIA (PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM). 13(1), 2021. http://journal.al-qalam.iaims.ac.id
Muhammad. 2020. Tinjauan Antroposentris Tentang Konsep Pendidikan Manusia . (n.d.).
Nisa Pangesti Br Tarigan, G., & Wiryanti Siregar, W. (2022). HAKIKAT MANUSIA DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Vol. 1, Issue 3).
Rahman, A. (2022). Tugas Manusia Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam (Vol. 1, Issue 3).
Rijal Fadli, M. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1
Rukmi Octaviana, D., Aditya Ramadhani, R., Achmad Siddiq Jember, U. K., & Sunan Kalijaga Yogyakarta, U. (n.d.). HAKIKAT MANUSIA: Pengetahuan (Knowladge), Ilmu Pengetahuan (Sains), Filsafat Dan Agama. In Jurnal Tawadhu (Vol. 5, Issue 2).
Sartika, L., Tinggi, S., Islam, A., & Perdagangan, P. B. (2023). MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM. 1(1).
Theosofi, J., & Islam, P. (n.d.). AL-HIKMAH.
Vina Destiana, Lntan Putri Lestari, M Haris Hanafi, M Sofwan Ghalib, & Wismanto Wismanto. (2024). Hakikat Manusia ( Perspektif Filsafat Pendidikan Islam). Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 70–87. https://doi.org/10.61132/jmpai.v2i1.61
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Vidia Isma'ul Chusna, Saiful Anwar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.