Kepercayaan Diri Sebagai Prediktor Prestasi Akademik Siswa
DOI:
https://doi.org/10.69698/jpai.v2i1.575Keywords:
Kepercayaan Diri, Prestasi AkademikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kepercayaan diri sebagai prediktor prestasi akademik siswa. Metode studi kepustakaan digunakan untuk memahami teori-teori terkait dan hasil penelitian sebelumnya. Hasil analisis menunjukkan bahwa keyakinan diri terhadap kemampuan, keterampilan sosial dan emosional, serta dukungan lingkungan merupakan faktor penting yang harus dimiliki siswa untuk mencapai prestasi akademik yang tinggi. Keyakinan diri memungkinkan siswa untuk menghadapi tantangan belajar dengan lebih efektif, sementara keterampilan sosial dan emosional membantu mereka dalam berinteraksi dan mengelola stres. Dukungan lingkungan, baik dari keluarga, teman, maupun guru, juga berperan signifikan dalam meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi belajar siswa. Dengan demikian, peningkatan kepercayaan diri dapat berkontribusi positif terhadap prestasi akademik
References
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Aliansyah, S., Muswardi, M., & Mayasari, S. (2017). Upaya Meningkatkan Percaya Diri Dalam Belajar Melalui Layanan Konseling Kelompok Teknik Gestalt. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 5(3), Article 3. https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/13758
Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.33369/jpmr.v3i2.7520
Angelia, I., Raid, N., & F, D. I. (2023). FACTORS AFFECTING PERFORMANCE ACADEMIC STUDENTS IN WEST SUMATRA. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, 6(1), Article 1.
Aprilia, B. D., Darmiany, & Nurhasanah. (2023). HUBUNGAN KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI SDN 1 GERUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), Article 3. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11080
Bachtiar, A. (2020). OBAT MINDER Rahasia Menjadi Pribadi Percaya Diri, Berani Tampil Beda dan Dikagumi. Araska Publisher. https://books.google.co.id/books?id=Okg6EAAAQBAJ
D.m, G. A., Yuliadi, I., & Karyanta, N. A. (2014). Hubungan antara Body Image dan Imaginary Audience dengan Kepercayaan Diri pada Siswi Kelas X SMA Negeri 2 Nganjuk. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 3(3 Des), Article 3 Des. https://candrajiwa.psikologi.fk.uns.ac.id/index.php/candrajiwa/article/view/86
Fuadi, A. (2020). Prestasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Ditinjau Dari Konsep Diri Akademik Dan Kecerdasan Emosi. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 19(2), 18–32. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v19i2.4058
Ghufron, M. N., & Rini Risnawita, S. (2010). Teori-Teori Psikologi, yogyakarta. Ar-Ruzz Media, 1(3), 156–165.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. CV. Pustaka Setia.
Haryani, H., Salong, A., de Vega, N., Januaripin, M., Yohana, Y., Nelly, N., ... & Subaedah, S. (2024). Profesi Keguruan: Teori & Konsep Profesi Keguruan yang Profesional untuk Menghasilkan Peserta Didik yang Unggul. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Januaripin, M. (2024). Analisis Kualitas Pelayanan Akademik dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Tepat Waktu. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 264-270.
Januaripin, M. (2024). Relevansi Model Pembelajaran RADEC (read-answer, discuss, explain and create) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 2057-2063.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional. (2017). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pusat Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Khotimah, R. H., Radjah, C. L., & Handarini, D. M. (2016). Hubungan Antara Konsep Diri Akademik, Efikasi Diri Akademik, Harga Diri Dan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Smp Negeri Di Kota Malang. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(2), Article 2.
Marjanti, S. (2015). Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri Melalui Konseling Kelompok Bagi Siswa Xii Ips 6 Sma 2 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.24176/jkg.v1i2.412
Panggabean, J. Z. Z., Januaripin, M., Husnita, L., Wulandari, T., Pureka, M. N. Y., Arsyati, A. M., ... & Judijanto, L. (2024). Teknologi Media Pembelajaran: Penerapan Teknologi Media Pembelajaran di Era Digital. PT. Green Pustaka Indonesia.
Risnawita, R., & Ghufron, M. N. (2010). Teori-teori psikologi. Yogyakarta: ArRuzz.
Sari, E. P., & Purwaningish, S. M. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Program Ipa Di Sma Negeri 1 Cerme Gresik. AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah, 6(3). https://ejournal.unesa.ac.id
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.
Sulastri, T., Hidayat, S., & Suryana, Y. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Manonjaya. Jurnal Abmas, 21(1), Article 1. https://doi.org/10.17509/abmas.v21i1.35467
Suryabrata, S. (2006). Psikologi Pendidikan. Raja Grafindo Persada.
Tu’u, T. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Grafindo.
Yulianti, Y., & Bulkani, B. (2018). Studi Kasus Faktor Penyebab Low-Self Confidence Pada Siswa Kelas 1/4 Mutawasit Arunsat Vitaya School Saiburi, Pattani, Thailand Selatan. Suluh: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(1), 35–38. https://doi.org/10.33084/suluh.v4i1.479
Zaini, R. (2024). Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Akademik Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). Ar-Raudah: Jurnal Pendidikan Dan Keagamaan, 3(1), 25–30. https://doi.org/10.61891/ar-raudah.v3i1.201
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhamad Januaripin, Munasir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.