Membentuk Pendidikan Karakter Melalui Kesalehan Masyarakat
DOI:
https://doi.org/10.69698/jpai.v2i1.522Keywords:
Pendidikan Karakter,, Kesalehan Masyarakat,, Teladan,, Masyarakat,, Nilai,, NormaAbstract
Pendidikan karakter merupakan aspek penting dalam pembentukan individu yang berkualitas dan masyarakat yang harmonis. Tulisan ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran kesalehan masyarakat dalam membentuk pendidikan karakter yang berkualitas. Melalui pendekatan kualitatif yang melibatkan wawancara mendalam dan studi kasus, tulisan ini menyelidiki bagaimana nilai-nilai, norma, dan praktik-praktik kesalehan masyarakat berkontribusi terhadap pembentukan karakter individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalehan masyarakat memberikan contoh dan teladan yang kuat bagi individu, menetapkan norma dan nilai bersama, serta menyediakan dukungan sosial yang penting dalam pengembangan karakter yang berintegritas dan bertanggung jawab. Selain itu, melalui proses sosialisasi informal, individu belajar untuk menginternalisasi nilai-nilai moral dan etika dalam kehidupan sehari-hari. Implikasi dari temuan ini adalah perlunya upaya kolaboratif antara lembaga pendidikan, masyarakat, dan pemerintah untuk memperkuat peran kesalehan dalam pendidikan karakter. Dengan demikian, tulisan ini menyajikan kontribusi penting dalam pemahaman tentang bagaimana masyarakat dapat menjadi agen yang efektif dalam membentuk karakter individu melalui praktik-praktik kesalehan yang berkembang disekitarnya
References
Abuddin Nata. (2013) Pendidikan Islam Dalam Perspektif Sosial. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Agustina, D. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(2), 411-420.
Alwasilah, A. Chaedar. (2011). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Bohlin, K. (2005). Teaching character education through literature: Awakening the moral imagination in secondary classrooms. Routledge.
Clearinghouse, W. W. (2016). Character education interventions evidence review protocol.
Definisi, I., Secara, C. K. S., & Swt, A. (n.d.). KESALEHAN SOSIAL DALAM BERMASYARAKAT ISLAM. 54–70.
Fahmi Arifin, M. (2017). Model kerjasama Tripusat Pendidikan dalam Pendidikan Karakter Siswa INFORMASI ARTIKEL. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 78–86.
Haryani, H., Salong, A., de Vega, N., Januaripin, M., Yohana, Y., Nelly, N., ... & Subaedah, S. (2024). Profesi Keguruan: Teori & Konsep Profesi Keguruan yang Profesional untuk Menghasilkan Peserta Didik yang Unggul. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Jalil, A. (2016). Karakter Pendidikan untuk Membentuk Pendidikan Karakter. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 175–194. https://doi.org/10.21580/nw.2012.6.2.586
Januaripin, M. (2024). Analisis Kualitas Pelayanan Akademik dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Tepat Waktu. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 264-270.
Januaripin, M. (2024). Relevansi Model Pembelajaran RADEC (read-answer, discuss, explain and create) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 2057-2063.
Madjid, Nurcholish. (1997) Masyarakat Religius. Jakarta: Yayasan Paramadina,
Munawwaroh, S. (n.d.). A n w r u l. 3, 1044–1054.
Mustari, M., &Rahman, M. T. (2011). Nilai karakter:Refleksi untuk pendidikan karakter. Jakarta: Raja Grafika Persada.
Panggabean, J. Z. Z., Januaripin, M., Husnita, L., Wulandari, T., Pureka, M. N. Y., Arsyati, A. M., ... & Judijanto, L. (2024). Teknologi Media Pembelajaran: Penerapan Teknologi Media Pembelajaran di Era Digital. PT. Green Pustaka Indonesia.
Ramdhani, M. A., Besar, G., Sunan, U., & Djati, G. (2014). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. 28–37. www.journal.uniga.ac.id
Sudrajat, A. (2011). Mengapa pendidikan karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 47-58.
Sulhan, Najib. (2010) Pendidikan Berbasis Karakter. Surabaya: PT. Jepe Press Media Utama
Susanti, R. (2013). Penerapan Pendidikan Karakter Di Kalangan Mahasiswa. Al-Ta Lim Journal, 20(3), 480–487. https://doi.org/10.15548/jt.v20i3.46
Thohiroh, N. S., Guk, R. R. G., Putri, A. R., & Febyya, B. E. (2023). IMPLEMENTASI TEST BAKAT DALAM MENENTUKAN KARIR. Obyektif, 1(1), 1-8.
Wahidin Unang. (2017). Pendidikan Karakter Bagi Remaja . Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 03(No. 02).
Walker, D. I., Roberts, M. P., & Kristjánsson, K. (2015). Towards a new era of character education in theory and in practice. Educational review, 67(1), 79-96.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Oren Satipa Mulia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.