Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Untuk Generasi Milenial
DOI:
https://doi.org/10.69698/jpai.v2i1.514Keywords:
Ekstremisme, Generasi Milenial, Internalisasi, RadikalismeAbstract
Paham ekstremisme dan radikalisme merambah pada setiap kalangan, terutama di kalangan generasi milenial yang lebih rentan terhadap gerakan radikal dikarenakan cara pandang yang cenderung melihat masalah agama secara hitam putih. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan bentuk internalisasi nilai-nilai moderasi beragama bagi generasi milenial. Generasi milenial merupakan kelompok yang memiliki karakteristik unik dalam menghadapi tantangan dan perubahan dalam era globalisasi saat ini. Penelitian ini didasarkan pada tinjauan pustaka yang mencakup teori, temuan, dan sumber dari penelitian terdahulu sebagai landasan untuk penulisan artikel ini. Melalui kajian literatur review, penelitian ini mengidentifikasi berbagai faktor yang mempengaruhi proses internalisasi nilai-nilai moderasi beragama pada generasi milenial, seperti pengaruh media sosial, lingkungan pergaulan, dan pendidikan agama. Hasil kajian literatur review menunjukkan bahwa pendekatan yang holistik dan terintegrasi antara pendidikan formal dan non-formal, serta peran orang tua dan komunitas dalam memberikan contoh yang baik, dapat menjadi solusi efektif dalam memperkuat internalisasi nilai-nilai moderasi beragama bagi generasi milenial. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya peran semua pihak dalam menciptakan lingkungan yang mendukung dan mendorong generasi milenial untuk menginternalisasi nilai-nilai moderasi beragama guna menciptakan masyarakat yang lebih harmonis dan toleran
References
Bessa, C., Hastie, P., Araújo, R., & Mesquita, I. (2019). What Do We Know about the Development of Personal and Social Skills within the Sport Education Model: A Systematic Review. Journal of Sports Science & Medicine, 18(4), 812.
Dawing, D. 2018. “Mengusung Moderasi Islam Di Tengah Masyarakat Multikultural.” Rausyan Fikr: Jurnal Studi Ilmu Ushuluddin dan Filsafat 13(2): 225–55.
Ferdilla, I. Qamaria, R. S., Yasin, M. N., Mukaromah, S. Risalatul Muawanah, R., & Ghaisani, L. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3(1), 23–34.
Gunawan, H., Ihsan, M. N., & Jaya, E. S. (2021). Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran PAI di SMA Al-Biruni Cerdas Mulia Kota Bandung. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 6(1), 14-25.
Habibah, S. M., Setyowati, R. N., & Fatmawati, F. (2022). Moderasi beragama dalam upaya internalisasi nilai toleransi pada generasi Z.
Haryani, E. (2020). Pendidikan Moderasi Beragama untuk Generasi Milenia: Studi Kasus Lone Wolf” pada Anak di Medan. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 18(2), 145-158.
Haryani, H., Salong, A., de Vega, N., Januaripin, M., Yohana, Y., Nelly, N., ... & Subaedah, S. (2024). Profesi Keguruan: Teori & Konsep Profesi Keguruan yang Profesional untuk Menghasilkan Peserta Didik yang Unggul. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Inayatillah, I. (2021). Moderasi Beragama di Kalangan Milenial Peluang, Tantangan, Kompleksitas dan Tawaran Solusi. Tazkir: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 7(1), 123-142.
Januaripin, M. (2024). Analisis Kualitas Pelayanan Akademik dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Tepat Waktu. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 264-270.
Januaripin, M. (2024). Relevansi Model Pembelajaran RADEC (read-answer, discuss, explain and create) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 2057-2063.
Maulana, I. Idi, A., Munir, Ramdoni, M. R.(2024). Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Di Pondok Pesantren Aulia Cendekia Palembang. Relinesia: Jurnal Kajian Agama dan Multikulturalisme Indonesia, 3(1), 48-57.
Nata, A. (2018). Pendidikan Islam di era milenial. Conciencia, 18(1), 10-28.
Nusa, L. (2021). Milenial dan Cyber Religion.
Panggabean, J. Z. Z., Januaripin, M., Husnita, L., Wulandari, T., Pureka, M. N. Y., Arsyati, A. M., ... & Judijanto, L. (2024). Teknologi Media Pembelajaran: Penerapan Teknologi Media Pembelajaran di Era Digital. PT. Green Pustaka Indonesia.
Ritonga, A. W., (2021). Konsep Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Bagi Generasi Milenial Berbasis Al-Qur’an. Al-Afkar : Journal For Islamic Studies 4(1), 72-82.
Rosyada, H. (2022). Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI di sekolah. Al-Khos: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2(2), 55–64.
Rurojifah, D. & Khafidoh. (2023). Internalisasi nilai-nilai Moderat Melalui Program Dakwah Imamah Khitobah Wa di Pondok Pesantren Al-Iman Ponorogo. Integratia: Journal of Education, Human Development, and Community Engagement 1(1), 59-68.
Saniyah, N. D., Z. & Slam, Z. (2022). Internalisasi Nilai – Nilai Moderasi Beragama Pada Perilaku Mahasiswa Semester Awal. Civilia : Jurnal Kajian Hukum dan Pendidikan Kewarganegaraan, 1(2), 110–134.
Sanusi, I. Ruswandi, U., Thohir, A. As’ad, M., (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Melalui Mentoring Karakter Terintegrasi Pendidikan Agama (METAGAMA). Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH) 3(11), 880-897.
Schwartz, S. S., Dkk. 2007. “Dua Wajah Islam: Moderatisme vs Fundamentalisme Dalam Wacana Globa.”
Yusnawati. Wira, A., & Afriwardi. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama di Instagram. Jurnal Diklat Keagamaan 15(1), 01-09.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Shela Rahmadhani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.