Penguatan Berpikir Kritis Santri Melalui Bahtsul MasᾹil

Authors

  • Riyen Sefiyani UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Arditya Prayogi UIN KH Abdurraman Wahid Pekalongan
  • Nurul Husnah Mustika Sari UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.69698/jpai.v2i1.510

Keywords:

Bahtsul Masᾱil, Berpikir Kritis, Pondok Pesantren, Penguatan Berpikir

Abstract

Artikel ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses penguatan berpikir kritis serta dampaknya bagi santri di pondok pesanten Al Utsmani Kajen Pekalongan melalui kegiatan bahtsul masᾱil. Hal ini mengingat berpikir kritis merupakan kemampuan yang dapat mengarahkan seseorang tepat dalam berpikir dan dapat menentukan sesuatu dengan akurat. Seseorang yang memiliki kemampuan berpikir kritis dapat memberikan jawaban dan argumen yang logis berdasarkan keilmuan yang dimilikinya. Artikel ini disusun dengan menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam artikel ini adalah ketua pelaksana kegiatan bahtsul masᾱil, moderator, dan santri yang mengikuti kegiatan bahtsul masᾱil di pondok pesantren Al Utsmani Kajen Pekalongan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa peningkatan berpikir kritis santri melalui kegiatan bahtsul masᾱil terbagai menjadi dua yaitu upaya santri sebelum kegiatan bahtsul masᾱil dan upaya santri dalam kegiatan pada saat terlaksananya kegiatan bahtsul masᾱil. Adapun dampak positif santri yang mengikuti kegiatan bahtsul masᾱil, yaitu menciptakan rasa percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki, menghargai keragaman pendapat, melatih mental, membangkitkan semangat belajar para santri dan mengukur tingkat pengetahuan.

References

Abdillah, K., Maylissabet, & Taufiq, M. (2019). KONTRIBUSI BAHTSUL MASAIL PESANTREN DI MADURA DALAM MENGHADAPI PERKEMBANGAN HUKUM ISLAM KONTEMPORER. Perada: Jurnal Studi Islam Kawasan Melayu, 2(1), 67-80.

Anam, M., & Prayogi, A. (2024). Theoretical Study of Concepts and Forms of Social Structure. Cognitionis Civitatis et Politicae, 1(1), 13-23.

Arifin, M. H., Zuhdi, A., & Shidiq, N. (2022). MEMBANGUN DAYA KRITIS SANTRI MELALUI METODE MUSYAWARAH KUBRO (BAHTSUL MASAIL) DI PPTQ AL-ASY’ARIYYAH III KALIBEBER WONOSOBO. repo.fitk-unsiq.ac.id , 1-9.

Awaliyani, S. A., & Ummah, A. K. (2021). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Kegiatan Muhadhoroh. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 246-252.

Haryani, H., Salong, A., de Vega, N., Januaripin, M., Yohana, Y., Nelly, N., ... & Subaedah, S. (2024). Profesi Keguruan: Teori & Konsep Profesi Keguruan yang Profesional untuk Menghasilkan Peserta Didik yang Unggul. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Hastari, R., Sidiq, N., & Alawiyah, L. (2019). ANALISIS KEGIATAN BAHTSUL MASAIL MATERI FIQIH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SANTRI DI PONDOK PESANTREN ULUMUL QUR’AN AL-QINDILIYYAH KALIBEBER, MOJOTENGAH, WONOSOBO. Jurnal Al-Qalam, 20(2), 49-60.

Helmi, A. M., & Hanifuddin. (2023). Kontribusi Kegiatan Bahtsul Masail dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Kitab Kuning dan Berfikir Kritis Santri di Forum Musyawarah Anjang Sana Anjang Sini (FMAA) di Kabupaten Jember. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 2401-2412.

Hidayatullah, F., & Rizal, S. S. (2021). Pemberdayaan Santri dalam Pemaknaan Kitab Kuning Melalui 3 Bahasa. Khidmat, 1(1), 35-44.

Januaripin, M. (2024). Analisis Kualitas Pelayanan Akademik dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Tepat Waktu. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 264-270.

Januaripin, M. (2024). Relevansi Model Pembelajaran RADEC (read-answer, discuss, explain and create) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 2057-2063.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Qualitative Data Analysis. (T. R. Rohindi, Trans.) Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Moleong, L. J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Palah. (2018). MODEL EVALUASI PENDIDIKAN MELALUI KEGIATAN BAHTSUL MASAIL DI PONDOK PESANTREN ASSALAFIYYAH 1 SUKABUMI. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 72-85.

Panggabean, J. Z. Z., Januaripin, M., Husnita, L., Wulandari, T., Pureka, M. N. Y., Arsyati, A. M., ... & Judijanto, L. (2024). Teknologi Media Pembelajaran: Penerapan Teknologi Media Pembelajaran di Era Digital. PT. Green Pustaka Indonesia.

Prameswari, S. W., Suharno, & Sarwanto. (2018). Inculcate Critical Thinking Skills in Primary Schools. National Seminar on Elementary Education (SNPD 2018). 1, pp. 742-750. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Prayogi, A., & Nasrullah, R. (2024). DESCRIPTIVE ANALYSIS OF THE TREASURES OF ISLAMIC SCHOOLS OF THOUGHT. Jurnal Studi Islam dan Sosial, 7(1), 1-13.

Pujiono, I. P., Prayogi, A., & Firdausi, M. I. (2024). WORKSHOP GOOGLE GEMINI UNTUK MEMBUAT ARTIKEL DENGAN TEKNIK SEO BAGI ANGGOTA KOPERASI MAHASISWA UIN KH ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN. Dharma Pengabdian Perguruan Tinggi (DEPATI), 4(1), 45-53.

Romdloni, & Saroh, M. (2023). Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Santri Terhadap Materi Sholat. Jurnal Pendidikan Islam Nusantara Fakultas Agama Islam Universitas Nurul Huda, 2(1), 33-55.

Solikhah, N. B. (2017). Self Regulated Learning Santri Putri Penghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Putri Tahfizhil Qur’an Lirboyo Kediri. Kediri: Tesis IAIN Kediri.

Wahidin, U., & Syaefuddin, A. (2018). Media Pendidikan Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edukasi Islam: rnal Pendidikan Islam, 7(1), 47-66.

Zuhriah, A., & Prayogi, A. (2024). Internalization of Religious Moderation in the IPNU-IPPNU Organization Branch of Bebel Village, Pekalongan Regency - Internalisasi Moderasi Beragama di Organisasi IPNU-IPPNU Ranting Desa Bebel Kabupaten Pekalongan. Al-Maktabah: Jurnal Studi Islam Interdisiplin, 1(1), 21-34..

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Riyen Sefiyani, Arditya Prayogi, & Nurul Husnah Mustika Sari. (2024). Penguatan Berpikir Kritis Santri Melalui Bahtsul MasᾹil. KAMALIYAH : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 145–153. https://doi.org/10.69698/jpai.v2i1.510

Issue

Section

Articles