Kepemimpinan Sekolah Berbasis Pesantren dan Profil Manager Pendidikan Islam

Authors

  • Fitria Zulfa STAI Darussalam Kunir

Keywords:

Pendidikan,, Sekolah,, Kepemimpinan,

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran secara komprehensip mengenai kepemimpinan sekolah berbasis pesantren dan profil manager pendidikan Islam yang dipandang sangat perlu dalam rangka melakukan pengelolaan pendidikan yang berkemajuan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-analisis dengan metode yang digunakan adalah kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan sekolah berbasis pesantren dapat diterapkan dengan model kepemimpinan tranformasional dan model kepemimpinan spiritual. Kedua model kepemimpinan ini sama-sama mendasarkan pada suatu paradigma bahwa dalam melakukan pengelolaan pendidikan harus didasarkan pada nilai-nilai religius dengan mengedepankan aspek penanaman moral kepemimpinan. Hal ini kemudian secara rinci dapat dilihat dari profil manajer pendidikan Islam yang ditawarkan dengan mendasarkan etika religius melalui empat landasan pokok pengembangan pendidikan, yaitu: kebenaran, kejujuran, keterbukaan, dan keahlian. Hal tersebut secara teoritis akan memberikan implikasi dalam rangka mewujudkan lembaga pendidikan yang berkemajuan.

References

Arifin, Imron. (1993). Kepemimpinan Kiyai: Kasus Pondok Pesantren Tebu Ireng. Malang: Kalimashada Press.

Azra, Azyumardi. (2000). Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos.

Baharudin. (2011). Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam. Malang: UIN Maliki Press.

Billick dan J.A. Peterson. (2001). Competitive Leadership: Twelve Principles for Succes. Chicago: GoalsGuy Learning System, Inc.

Daiman, Suryawati Ningsih. (2018). Kepemimpinan Spiritual Kepala Sekolah Pondok Pesantren Modern Shohwatul Is’ad (Studi Kasus pada SMP IT Shohwatul Is’ad Ma’rang Kab. Pangkep). Eklektika: Jurnal Ilmu Administrasi Pendidikan. 6 (1), 46-62.

Epitropika, Olga. (2001). What is? Transformational Leadership. Inggris: Institut of Work Psychology University of Sheffield.

Farchan, Hamdan dan Syarifuddin. (2005). Titik Tengkar Pesantren; Resolusi Konfilk Masyarakat Pesantren. Yogyakarta: Pilar Religia.

Haris, Abdul. (2017). Kepemimpinan (Leadership) dalam Pondok Pesantren, Madrasah dan Sekolah (Tinjauan Manajemen). Al-Munawwarah: Jurnal Pendidikan Islam. 9 (2), 44-58.

Hasibuan, Malayu S.P. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayat, Ara dan Machali, Imam. (2010). Pengelolaan Pendidikan, Konsep Prinsif dan Aplikasi dalam Mengelola Sekolah. Bandung: Pustaka Educa.

Komariah, Aan dan Triatna, Cepi. (2006). Visionary Leadership; Menuju Sekolah Efektif, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Marno dan Supriyatno, Triyo. (2008). Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung: Refika Aditama.

Nasir, Ridwan. (2005). Mencari Format Tipologi Pendidikan Ideal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rohmah, Lailatu. (2014). Kepemimpinan Pendidikan dalam Manajemen Berbasis Sekolah/Madrasah. Jurnal Al-Bidayah, 6 (1), 73-91.

Romady, Muhammad. dkk. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kiai dalam Pengembangan Sekolah Berbasis Pondok Pesantren. JAMP: Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan. 2 (2), 65-72.

Rouf, Abdur. (2016). Model Kepemimpinan Kepala Sekolah pada Madrasah Berbasis Pesantren”. Jurnal Attarbiyah, 26 (2), 59-90.

Sagala, Syaiful. (2015). Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Pondok Pesantren”. Jurnal Tarbiyah, 22 (2), 205-225.

Sagala, Syaiful. (2007). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sudjana. (2004). Manajemen Program Pendidikan, untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung : Falah Production.

Tobroni. (2012). Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam: Mencari Format Baru Manajemen yang Efektif di Era Globalisasi. Jurnal Nadwa, 6 (1), 7-31.

Tobroni. (2005). The Spiritual Leadership. Malang: UMM Press.

Rohiat. (2009). Manajemen Sekolah Teori dan Praktis. Bandung: Refika Aditama.

Qomar, Mujammil. (2007). Manajemen Pendidikan Islam, Malang: Erlangga.

Yukl, G. (1999). Leadership in Organization. New Jersery: Prentice Hall.

Wibowo. (2012). Manajemen Perubahan. Edisi Ketiga. Jakarta: Rajawali Pers.

Downloads

Published

2023-05-31

How to Cite

Zulfa, F. (2023). Kepemimpinan Sekolah Berbasis Pesantren dan Profil Manager Pendidikan Islam. KAMALIYAH : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 45–62. Retrieved from https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/kamaliyah/article/view/128

Issue

Section

Articles