Memahami Tugas Manusia Dari Segi Agama Islam

Authors

  • Yana Yuhana IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Alam Tarlam STAI Miftahul Huda Subang

Keywords:

TUGAS MANUSIA AGAMA ISLAM

Abstract

Manusia adalah makhluk paling mulia di bumi. Manusia tidak hanya diberkahi dengan kecerdasan untuk berpikir, tetapi juga diberkahi dengan posisi kepemimpinan di Bumi, sesuatu yang tidak dapat dilakukan oleh semua makhluk lain. Pergolakan dan perubahan zaman yang tak terelakkan harus dihadapi dengan memperkuat fondasi kehidupan, yaitu agama dan moralitas. Islam telah mengajarkan bahwa orang yang unggul adalah orang yang akhlaknya paling baik. Artikel ini membahas tentang keberadaan serta tugas seorang manusia di muka bumi ditinjau dari segi Agama Islam. Artikel ini disusun dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan. Dari hasil pembahasan dapat kita pahami bahwasanya manusia sebagai makhluk ciptaan Allah SWT, memiliki tiga fungsi utama diantaranya : (1) Manusia sebagai hamba, berarti manusia harus tunduk atas kehendaknya; (2) Manusia sebagai Khalifah. berarti, Ini termasuk pemenuhan kewajiban kekhalifahan terhadap diri, keluarga dan masyarakat serta terhadap alam. ; (3) Manusia sebagai penyampai risalah. Hal ini diemban oleh orang yang beriman kepada Allah SWT dan tentu saja yang didakwahkan adalah Islam sebagai agama yang diRidhoi oleh Allah SWT.

 

References

Amalia, F., Akhmad, F., Widopuspito, A., Sari, M., & Aprianto, D. (2022). Dasar Kepemimpinan Dalam Islam. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 1(2), 45–47.

Anwar, A. S. (2017). Konseptualisasi Fitrah Manusia Implikasinya Terhadap Proses Pendidikan Islam. Genealogi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(01), 1–12.

Badrudin, H. (2015). Pengantar Ilmu Tasawuf. Serang: Penerbit A-Empat.

Hamzah, A. A. (2022). Eksistensi Manusia dan Tugas pokoknya. Ash-Shahabah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 27-34.

Nata, A. (2010). Akhlak Tasawuf. Jakarta: Rajawali Pers.

Rahman, A. (2022). Tugas Manusia Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 1(3), 242–249.

Razak, N. (1973). Dienul Islam. Bandung: PT Al-Ma'arif.

Shihab, M. Q. (2020). Khilafah: Peran Manusia di Bumi. Ciputat: Lentera Hati.

Downloads

Published

2023-05-31

How to Cite

Yana Yuhana, & Alam Tarlam. (2023). Memahami Tugas Manusia Dari Segi Agama Islam . KAMALIYAH : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 34–44. Retrieved from https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/kamaliyah/article/view/124

Issue

Section

Articles