PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI PENGINGAT SHOLAT TERHADAP KEDISIPLINAN DAN AMANAH DALAM BERIBADAH
Keywords:
aplikasi pengingat sholat, teknologi keagamaan, amanah, anak muda, ibadah.Abstract
Di era digital yang serba cepat ini, anak muda menghadapi berbagai tantangan dalam mempertahankan keimanan mereka. Salah satunya adalah perjuangan dalam menjaga konsistensi ibadah, terutama shalat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan aplikasi pengingat sholat terhadap kedisiplinan dan amanah dalam beribadah. Dengan perkembangan teknologi yang ada, aplikasi pengingat sholat menjadi alat yang cukup umum digunakan oleh umat Islam dalam membantu mereka menjaga jadwal sholatnya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif dengan pendekatan survei yang melibatkan sejumlah responden aktif yang menggunakan aplikasi pengingat sholat, serta analisis kualitatif terhadap aplikasi pengingat sholat yang tersedia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi pengingat sholat dapat menjadi alat yang efektif dalam membantu anak muda untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya sholat dan memperdalam pemahaman tentang agama. Selain itu, penelitian ini juga menemukan adanya hubungan antara penggunaan aplikasi dengan peningkatan rasa amanah dalam menjalankan ibadah secara keseluruhan. Implikasinya dari penelitian ini adalah pentingnya pemanfaatan teknologi secara bijak dan mendukung praktik keagamaan. Dengan demikian, aplikasi pengingat sholat berpotensi menjadi salah satu solusi inovatif dalam upaya meningkatkan keimanan anak muda di zaman sekarang.
References
Alwi, R. (2018). Hubungan Pelaksanaan Salat Dhuha Berjamaah dengan Kedisiplinan Siswa SMP Islam Ruhama Jakarta. Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Rahman, A., & Azis, A. (2020). Pengaruh Disiplin Ibadah Sholat, Lingkungan Sekolah, dan Intelegensi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 18(2), 163-176.
Fiqhan, A., et al. (2018). Analisis Efektivitas Aplikasi Pengingat Sholat terhadap Kedisiplinan Ibadah Pengguna.
Al-Farisi, M. R., & Rahman, A. (2021). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Meningkatkan Kepatuhan Beribadah: Studi Kasus Aplikasi Pengingat Sholat.
Hassan, M. K., et al. (2019). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Berbasis Religiusitas terhadap Keterikatan Spiritual Individu.
Zulkifli, M., & Ahmad, S. (2020). Inovasi Fitur Aplikasi Keagamaan untuk Meningkatkan Keterlibatan Pengguna.
Rahman, A., & Aziz, A. (2020). Penggunaan Teknologi Digital oleh Mahasiswa untuk Mendukung Aktivitas Ibadah: Sebuah Studi Pendahuluan.
Hassan, M. K., et al. (2019). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Membentuk Perilaku Religius yang Terstruktur.
Zulkifli, M., & Ahmad, S. (2021). Pentingnya Inovasi dalam Aplikasi Berbasis Keagamaan untuk Meningkatkan Keterlibatan Pengguna.
Sulfemi, W. B. (2018). Pengaruh disiplin ibadah sholat, lingkungan sekolah, dan intelegensi terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran pendidikan agama Islam. Edukasi, 16(2), 294585.
Armadananto, A. C., Bijaksana, S., & Hudha, M. N. (2023, January). Perancangan Aplikasi Mobile Pengingat Dan Monitoring Ibadah Sholat Wajib Untuk Siswa Smp Berbasis Android. In Seminar Nasional Teknologi & Sains (Vol. 2, No. 1, pp. 43-50).
Mufti, M., Nurwati, N., & Santoso, Y. (2023). Implementasi Aplikasi Absensi Sholat Sebagai Upaya Mendisiplinkan Siswa Sholat Tepat Waktu. Madaniya, 4(2), 829-837.
Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 21-33.
Dewi, R. M. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengamalan Ibadah Sholat Pada Remaja. Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia, 38-42.
Septy Oktavia, D. T. (2023). Inklusi Teloghy : antara agama dan teknologi dalam perspektif Nauqib al-Attas. At-Tuhfah: Jurnal Studi Keislaman, 59-71.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nabila Andini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.