https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/jupida/issue/feed JUPIDA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Miftahul Huda 2025-01-31T18:46:13+00:00 Drs. Sukatma, M.Pd.I sukatma@stai-mifda.ac.id Open Journal Systems <p><strong>JUPIDA : Jurnal Pendididkan Islam Anak Usia Dini Miftahul Huda</strong> Adalah Jurnal kajian Pendidikan Anak Usia Dini pada progam studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Huda Subang. Kajian jurnal ini difokuskan pada pendidikan anak usia dini. Mulai terbit pada tahun 2023 yang terbit 2 (dua) kali dalam satu tahun, yaitu bulan Juni dan Desember. Redaksi memberikan ruang seluas-luasnya kepada masyarakat baik dalam lingkungan akademik maupun praktisi untuk berpartisipasi dalam mengembangkan dan menyumbangkan pemikirannya dalam bentuk artikel baik dalam bahasa Indonesia, Arab, maupun Inggris.</p> https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/jupida/article/view/984 POLA ASUH NARSISTIK PERSONALITY DISORDER (NPD) TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOLOGI ANAK USIA DINI 2025-01-30T16:46:29+00:00 fitri amelia n.fitriamaliya@stai-mifda.ac.id <p>Pola asuh yang diterapkan oleh orang tua memainkan peran yang sangat penting dalam perkembangan psikologis anak. Pola asuh yang salah, seperti otoriter, permisif, atau mengabaikan kebutuhan emosional anak, dapat memberikan dampak negatif pada perkembangan mereka, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Artikel ini membahas pengaruh pola asuh orang tua dengan <em>Narsistic Personality Disorder</em> (NPD) terhadap perkembangan psikologis anak usia dini. NPD adalah gangguan kepribadian yang ditandai oleh kebutuhan berlebihan untuk mendapatkan perhatian dan pengakuan, serta kurangnya empati terhadap orang lain. Pola asuh yang diberikan oleh orang tua dengan NPD dapat memengaruhi perkembangan emosional, sosial, dan kognitif anak pada usia dini. Penelitian ini juga mengulas bagaimana anak-anak yang dibesarkan dalam lingkungan yang dipengaruhi oleh NPD cenderung mengalami kesulitan dalam membangun hubungan sosial yang sehat dan berfungsi dengan baik di masyarakat. serta dampaknya dalam jangka panjang. Temuan menunjukkan bahwa anak-anak yang dibesarkan dalam lingkungan dengan pola asuh narsistik berisiko mengalami masalah dalam perkembangan emosional dan sosial, termasuk rendahnya harga diri, kesulitan dalam berinteraksi dengan orang lain, serta masalah dalam membangun identitas diri yang sehat.</p> 2025-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 JUPIDA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Miftahul Huda https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/jupida/article/view/982 TRANSFORMASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL 2025-01-30T09:43:00+00:00 ruslan ruslan dr.dederuslam@gmil.com Syahidin syahidin@upi.edu <p>Artikel ini bertujuan untuk membahas mengenai transformasi pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital. Penelitian ini menggunakan metode library research untuk menggali literatur-literatur yang relevan dengan transformasi pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital. Penelusuran literatur akan dilakukan dengan menggunakan kata kunci seperti inovasi pembelajaran, pendidikan agama Islam, teknologi pendidikan, kualitas pembelajaran, dan transformasi teknologi pembelajaran pada berbagai database seperti <em>google scholar</em>, <em>scopus</em>, dan buku referensi dan lain sebagainya. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah Pendidikan agama Islam memiliki peranan penting dalam membentuk karakter dan moralitas umat Islam, pendidikan ini perlu mengalami transformasi untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya. Transformasi tersebut mencakup berbagai aspek, seperti pembelajaran daring (e-learning) yang memberikan fleksibilitas dan jangkauan yang lebih luas bagi peserta didik. Pembelajaran berbasis multimedia, dengan menggunakan media audiovisual seperti video, presentasi interaktif, dan kuis berbasis game, dapat memperkaya pengalaman belajar dan membuat pembelajaran lebih menarik. Pembelajaran berbasis game (<em>game based learning</em>) juga membantu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan efektif dengan mengintegrasikan elemen-elemen permainan yang menantang. Kolaborasi dalam pembelajaran sosial melalui platform digital, seperti google classroom dan microsoft teams, memfasilitasi interaksi dan kerjasama antar peserta didik. Selain itu, evaluasi berbasis digital memungkinkan pendidik untuk melacak perkembangan peserta didik secara lebih cepat dan efisien, memberikan umpan balik langsung, dan meningkatkan kualitas proses evaluasi. Secara keseluruhan, transformasi pendidikan agama Islam melalui penggunaan teknologi digital dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih fleksibel, menarik, dan efektif, sesuai dengan kebutuhan zaman.</p> 2025-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 JUPIDA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Miftahul Huda https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/jupida/article/view/986 PENGAPLIKASIAN MODUL PEMBELAJARAN KARAKTER (PLAY EDUCATION) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI 2025-01-31T09:59:15+00:00 Abdullah Zaky drabdullahzaky@gmail.com <p>Pendidikan anak usia dini (PAUD) memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan motivasi belajar anak. Salah satu pendekatan yang dapat diterapkan untuk meningkatkan motivasi belajar anak usia dini adalah melalui pengaplikasian modul pembelajaran karakter dengan pendekatan <em>play education</em>. Pendekatan ini memanfaatkan kegiatan bermain sebagai sarana untuk mengembangkan karakter dan motivasi belajar anak. Artikel ini membahas bagaimana modul pembelajaran karakter berbasis <em>play education </em>dapat meningkatkan motivasi belajar anak usia dini. Melalui kajian literatur dan penelitian terbaru, artikel ini mengidentifikasi berbagai&nbsp;komponen&nbsp;penting&nbsp;dalam&nbsp;modul&nbsp;pembelajaran&nbsp;karakter,&nbsp;strategi&nbsp;implementasinya,&nbsp;serta dampaknya terhadap perkembangan motivasi belajar anak. Hasil kajian menunjukkan bahwa <em>play education </em>dapat merangsang minat belajar, meningkatkan keterlibatan anak dalam proses belajar, serta mengembangkan berbagai aspek karakter positif yang mendukung motivasi belajar. Oleh karena itu, pengaplikasian modul pembelajaran karakter berbasis <em>play education </em>merupakan&nbsp;salah&nbsp;satu&nbsp;solusi&nbsp;yang&nbsp;efektif&nbsp;untuk&nbsp;menciptakan&nbsp;pengalaman&nbsp;belajar&nbsp;yang&nbsp;menyenangkan dan mendukung pengembangan motivasi belajar anak usia dini. Penelitian ini masih berupa usulan tindakan atau akan kami tindak lanjuti dalam Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kualitatif sekalipun sekalipun data yang dikumpulkan akan berupa data kuantitatif dan data kualitatif.</p> 2025-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 JUPIDA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Miftahul Huda https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/jupida/article/view/983 TRI SUKSES GENERASI PENERUS SEBAGAI KUNCI KEBERHASILAN PENDIDIKAN DI INDONESIA 2025-01-30T09:50:42+00:00 dimas aringga aringgagb16@gmail.com <p>Dewasa ini pendidikan di Indonesia mengalami penurunan kualitas, terutama masalah moral atau akhlaqul karimah. Banyak berita-berita di media sosial atau media cetak yang mengabarkan kasus-kasus di Dunia pendidikan, seperti contoh Guru dipenjara gara-gara mencubit muridnya karena tidak mengerjakan sholat, atau guru dipenjara karena lalai menjaga anak didiknya sehingga jatuh dan cidera. Dari berita-berita tersebut menunjukkan kurangnya moralitas yang baik dari kalangan peserta didik di era sekarang ini. Dengan kondisi demikian, penulis melakukan studi dan penelitian tentang metode pembelajaran dan solusi yang bertujuan untuk meningkatkan akhlaqul karimah dan moral yang baik bagi peserta didik yang ada di Indonesia. Kenapa harus Tri Sukses generus? Karena didalam pendidikan peserta didik harus mempunyai pemahaman materi dunia maupun materi akhirat, peserta didik harus mempunyai attitude yang baik dalam dunia kerja atau wirausaha dan peserta didik harus mempunyai kemandirian dalam hal ibadah dan usahanya mencari nafkah atau mai’syah. Diharapkan semua peserta didik mulai dari pendidikan PAUD, SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi mempunyai visi yang sama yaitu tidak hanya mencerdaskan tapi juga mempunyai akhlaq dan kemandirian yang baik atau bisa di istilahkan “Profesional Religius”.</p> 2025-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 JUPIDA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Miftahul Huda https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/jupida/article/view/981 ANALISIS KONSEPTUAL METODE PEMBELAJARAN UMMI DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN MOTIVASI MEMBACA AL-QUR’AN PADA ANAK USIA DINI 2025-01-30T09:21:56+00:00 Siti Maryam Mayangkadi@gmail.com Alam Tarlam alamtarlam@gmail.com <p>Pendidikan Al-Qur'an sejak dini memiliki peran penting dalam membentuk karakter religius anak, terutama pada usia emas perkembangan mereka. Namun, metode pembelajaran yang kurang menarik sering menjadi kendala dalam meningkatkan minat dan motivasi anak untuk membaca Al-Qur'an. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran metode Ummi dalam membangun minat dan motivasi membaca Al-Qur'an pada anak usia dini. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus, melibatkan anak-anak, guru, dan orang tua di lembaga pendidikan Islam. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Ummi, yang berlandaskan pendekatan kasih sayang, multisensori, serta pembelajaran yang sistematis dan bertahap, efektif dalam meningkatkan minat dan motivasi anak. Metode ini menciptakan lingkungan belajar yang positif, mengintegrasikan tajwid dan tartil sederhana, serta melibatkan orang tua sebagai pendukung utama. Pendekatan ini tidak hanya membangun motivasi intrinsik, seperti rasa puas dan minat anak, tetapi juga motivasi ekstrinsik melalui dukungan, penghargaan, dan aktivitas kompetitif. Dengan demikian, metode Ummi menjadi alternatif yang relevan dalam mendukung pembelajaran Al-Qur'an pada anak usia dini, menciptakan generasi yang cinta Al-Qur'an sejak usia dini.</p> 2025-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 JUPIDA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Miftahul Huda