PENGAPLIKASIAN MODUL PEMBELAJARAN KARAKTER (PLAY EDUCATION) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI

Authors

  • Abdullah Zaky STAI Miftahul Huda Subang

Keywords:

Modul pembelajaran karakter, play education, motivasi belajar

Abstract

Pendidikan anak usia dini (PAUD) memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan motivasi belajar anak. Salah satu pendekatan yang dapat diterapkan untuk meningkatkan motivasi belajar anak usia dini adalah melalui pengaplikasian modul pembelajaran karakter dengan pendekatan play education. Pendekatan ini memanfaatkan kegiatan bermain sebagai sarana untuk mengembangkan karakter dan motivasi belajar anak. Artikel ini membahas bagaimana modul pembelajaran karakter berbasis play education dapat meningkatkan motivasi belajar anak usia dini. Melalui kajian literatur dan penelitian terbaru, artikel ini mengidentifikasi berbagai komponen penting dalam modul pembelajaran karakter, strategi implementasinya, serta dampaknya terhadap perkembangan motivasi belajar anak. Hasil kajian menunjukkan bahwa play education dapat merangsang minat belajar, meningkatkan keterlibatan anak dalam proses belajar, serta mengembangkan berbagai aspek karakter positif yang mendukung motivasi belajar. Oleh karena itu, pengaplikasian modul pembelajaran karakter berbasis play education merupakan salah satu solusi yang efektif untuk menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan mendukung pengembangan motivasi belajar anak usia dini. Penelitian ini masih berupa usulan tindakan atau akan kami tindak lanjuti dalam Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kualitatif sekalipun sekalipun data yang dikumpulkan akan berupa data kuantitatif dan data kualitatif.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Abdullah Zaky. (2025). PENGAPLIKASIAN MODUL PEMBELAJARAN KARAKTER (PLAY EDUCATION) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI. JUPIDA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Miftahul Huda, 2(2), 108–117. Retrieved from https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/jupida/article/view/986