TRI SUKSES GENERASI PENERUS SEBAGAI KUNCI KEBERHASILAN PENDIDIKAN DI INDONESIA

Authors

  • dimas aringga Universitas Islam Negri Siber Syekh Nurjati Cirebon

Keywords:

Akhlaqul karimah, Peserta didik, Tri Sukses Generus

Abstract

Dewasa ini pendidikan di Indonesia mengalami penurunan kualitas, terutama masalah moral atau akhlaqul karimah. Banyak berita-berita di media sosial atau media cetak yang mengabarkan kasus-kasus di Dunia pendidikan, seperti contoh Guru dipenjara gara-gara mencubit muridnya karena tidak mengerjakan sholat, atau guru dipenjara karena lalai menjaga anak didiknya sehingga jatuh dan cidera. Dari berita-berita tersebut menunjukkan kurangnya moralitas yang baik dari kalangan peserta didik di era sekarang ini. Dengan kondisi demikian, penulis melakukan studi dan penelitian tentang metode pembelajaran dan solusi yang bertujuan untuk meningkatkan akhlaqul karimah dan moral yang baik bagi peserta didik yang ada di Indonesia. Kenapa harus Tri Sukses generus? Karena didalam pendidikan peserta didik harus mempunyai pemahaman materi dunia maupun materi akhirat, peserta didik harus mempunyai attitude yang baik dalam dunia kerja atau wirausaha dan peserta didik harus mempunyai kemandirian dalam hal ibadah dan usahanya mencari nafkah atau mai’syah. Diharapkan semua peserta didik mulai dari pendidikan PAUD, SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi mempunyai visi yang sama yaitu tidak hanya mencerdaskan tapi juga mempunyai akhlaq dan kemandirian yang baik atau bisa di istilahkan “Profesional Religius”.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

dimas aringga. (2025). TRI SUKSES GENERASI PENERUS SEBAGAI KUNCI KEBERHASILAN PENDIDIKAN DI INDONESIA. JUPIDA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Miftahul Huda, 2(2). Retrieved from https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/jupida/article/view/983