TRANSFORMASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL

Authors

  • ruslan ruslan STAI Miftahul Huda Subang
  • Syahidin Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

Era Digital, Pendidikan Agama Islam, Transformasi Pembelajaran

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk membahas mengenai transformasi pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital. Penelitian ini menggunakan metode library research untuk menggali literatur-literatur yang relevan dengan transformasi pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital. Penelusuran literatur akan dilakukan dengan menggunakan kata kunci seperti inovasi pembelajaran, pendidikan agama Islam, teknologi pendidikan, kualitas pembelajaran, dan transformasi teknologi pembelajaran pada berbagai database seperti google scholar, scopus, dan buku referensi dan lain sebagainya. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah Pendidikan agama Islam memiliki peranan penting dalam membentuk karakter dan moralitas umat Islam, pendidikan ini perlu mengalami transformasi untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya. Transformasi tersebut mencakup berbagai aspek, seperti pembelajaran daring (e-learning) yang memberikan fleksibilitas dan jangkauan yang lebih luas bagi peserta didik. Pembelajaran berbasis multimedia, dengan menggunakan media audiovisual seperti video, presentasi interaktif, dan kuis berbasis game, dapat memperkaya pengalaman belajar dan membuat pembelajaran lebih menarik. Pembelajaran berbasis game (game based learning) juga membantu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan efektif dengan mengintegrasikan elemen-elemen permainan yang menantang. Kolaborasi dalam pembelajaran sosial melalui platform digital, seperti google classroom dan microsoft teams, memfasilitasi interaksi dan kerjasama antar peserta didik. Selain itu, evaluasi berbasis digital memungkinkan pendidik untuk melacak perkembangan peserta didik secara lebih cepat dan efisien, memberikan umpan balik langsung, dan meningkatkan kualitas proses evaluasi. Secara keseluruhan, transformasi pendidikan agama Islam melalui penggunaan teknologi digital dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih fleksibel, menarik, dan efektif, sesuai dengan kebutuhan zaman.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

ruslan, ruslan, & Syahidin. (2025). TRANSFORMASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL. JUPIDA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Miftahul Huda, 2(2). Retrieved from https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/jupida/article/view/982