ANALISIS KONSEPTUAL METODE PEMBELAJARAN UMMI DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN MOTIVASI MEMBACA AL-QUR’AN PADA ANAK USIA DINI
Keywords:
Metode Ummi, Al-Qur'an, Anak Anak Usia DiniAbstract
Pendidikan Al-Qur'an sejak dini memiliki peran penting dalam membentuk karakter religius anak, terutama pada usia emas perkembangan mereka. Namun, metode pembelajaran yang kurang menarik sering menjadi kendala dalam meningkatkan minat dan motivasi anak untuk membaca Al-Qur'an. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran metode Ummi dalam membangun minat dan motivasi membaca Al-Qur'an pada anak usia dini. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus, melibatkan anak-anak, guru, dan orang tua di lembaga pendidikan Islam. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Ummi, yang berlandaskan pendekatan kasih sayang, multisensori, serta pembelajaran yang sistematis dan bertahap, efektif dalam meningkatkan minat dan motivasi anak. Metode ini menciptakan lingkungan belajar yang positif, mengintegrasikan tajwid dan tartil sederhana, serta melibatkan orang tua sebagai pendukung utama. Pendekatan ini tidak hanya membangun motivasi intrinsik, seperti rasa puas dan minat anak, tetapi juga motivasi ekstrinsik melalui dukungan, penghargaan, dan aktivitas kompetitif. Dengan demikian, metode Ummi menjadi alternatif yang relevan dalam mendukung pembelajaran Al-Qur'an pada anak usia dini, menciptakan generasi yang cinta Al-Qur'an sejak usia dini.