PEMAHAMAN MAKNA PENDIDIKAN SERTA PROSES PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA

Pendidikan Anak dalam keluarga

Authors

  • Zaky Abdullah STAI Miftahul Huda
  • R. Berliyana Triananda Putri P STAI Miftahul Huda Subang

Abstract

Pendidikan merupakan ladang investasi terbesar dalam membangun dan
membentuk manusia seutuhnya. Keluarga sebagai lembaga pendidikan pertama
dan utama bagi anak, karena memiliki peran yang cukup besar dalam
mewujudkan cita- cita tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu sebagai referensi untuk
memperkaya studi literatur tentang pendidikan anak dalam keluarga agar
bermanfaat bagi orang tua, guru, dan orang dewasa lainnya agar lebih terfokus
dalam mengembangkan pendidikan anak dalam keluarga. Adapun jenis penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research yaitu penelitian yang
yaitu jenis penelitian yang membatasi kegiatannya pada bahan-bahan koleksi
perpustakaan tanpa perlu melakukan riset lapangan. Dari penelitian ini diperoleh
aspek pendidikan yang sangatpenting untuk diberikan dan diperhatikan orang tua,
di antaranya: Pendidikan ibadah, Pendidikan Akhlakul Karimah, Pendidikan
Akidah. Sebagai orang tua mempunyai tugas dan kewajiban untuk mendidik,
memberikan pelajaran, didikan dan bimbingantentang ilmu-ilmu yang meliputi
bekal untuk hidup didunia dan akhirat, dengan keduailmu itu akan dapat diraih
kehidupan dunia yang makmur dan kebahagiaan di akhirat.Dan dari orangtualah
anak pertama kali mengenal dunia. Melalui mereka anakmengembangkan seluruh
aspek pribadinya. Dalam hal itu orangtua tidak hanyamelahirkan anak, melainkan
juga orangtua yang mengasuh, melindungi dan memberikan kasih sayang kepada
anak

Downloads

Published

2024-08-01

How to Cite

Abdullah, Z., & R. Berliyana Triananda Putri P. (2024). PEMAHAMAN MAKNA PENDIDIKAN SERTA PROSES PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA: Pendidikan Anak dalam keluarga. JUPIDA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Miftahul Huda, 2(1), 68–87. Retrieved from https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/jupida/article/view/658