UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA MELALUI METODE BERNYANYI LAGU ANAK-ANAK PADA ANAK KELOMPOK A DI PAUD AL-HASAN PURWADADI SUBANG

Authors

  • sukatma STAI MIFTAHUL HUDA SUBANG
  • Alam Tarlam STAI Miftahul Huda Subang
  • Saepulah STAI Miftahul Huda Subang
  • Omang Komarudin STAI Miftahul Huda Subang
  • Nurkesih STAI Miftahul Huda Subang

Abstract

ABSTRAK

 

Kegiatan bernyanyi merupakan kegitan yang menyenangkan bagi semua orang termasuk anak usia dini, bernyanyi merupakan salah satu cara atau metode yang diterapkan pada pendidikan anak usia dini yang bertujuan meningkatkan perkembangan anak dalam berbagai aspek seperti bahasa, seni, sosial emosional, fisik motorik. Kaitannya dengan anak usia dini sering dijumpai permasalahan dalam aspek perkembangan bahasa, sehingga metode bernyanyi dijadikan media penelitian yang berfokus pada upaya meningkatkan perkembangan bahasa anak rentang usia 5- 6 tahun, dalam pelaksanaanya lagu yang dikenalkan kepada anak menggunakan lagu anak-anak yang didalamnya terdapat kosakata yang sesuai usianya dan syairnya menceritakan hal-hal terdekat dengan lingkungannya. Perencanaan Peneliatian menggunakan metode penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Tagart yang terdiri dari 4 komponen yaitu perencanaan , tindakan, pengamatan dan refleksi. Metode ini diterapkan dalam tiga siklus, yaitu prasiklus yang didalamnya termasuk kegiatan Observasi, Siklus I yang didalamnya sudah menerapkan metode bernyanyi lagu anak-anak, dan Siklus II yang didalamnya sudah diterapkan perbaikan atau penambahan bahan lagu untuk menunjang penerapan metode tersebut, sehingga dapat diketahui perbedaan hasil dari perkembangan anak setiap siklusnya. Metode ini sangat berdampak pada perkembangan bahasa anak kelompok A di PAUD AlHasan Purwadadi Subang, terlihat hasil dari perbandingan dari penerapan Metode tersebut, di Prasiklus anak tidak begitu aktif interaktif baik dengan teman-temannya maupun dengan Guru ketika belajar dan bermain, anak cenderung diam dan kesulitan mengungkapkan perasaan yang disebabkan kurang stimulasi berbicara sehingga minimnya kosakata pada anak, dan tercatat dari 10 anak kelompok A PAUD Al-Hasan 50% dengan kriteria anak belum berkembang, 20% kriteria anak mulai berkembang, 30% kriteria anak berkembang sesuai harapan dan 0% kriteria anak berkembang sangat baik.

Kata Kunci : Metode bernyanyi lagu anak-anak, aspek perkembangan bahasa

Downloads

Published

2024-01-01

How to Cite

sukatma, Tarlam, A., Saepulah, Komarudin, O., & Nurkesih. (2024). UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA MELALUI METODE BERNYANYI LAGU ANAK-ANAK PADA ANAK KELOMPOK A DI PAUD AL-HASAN PURWADADI SUBANG. JUPIDA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Miftahul Huda, 1(2), 81–96. Retrieved from https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/jupida/article/view/370