INTERAKSI NEUOROSAINS HOLISTIK DALAM PERSFEKTIF PENDIDIKAN DAN MASYARAKAT ISLAM

Authors

  • Hilya Kamalia STAI Miftahul Huda Subang
  • Sri Andayani STAI Miftahul Huda Subang
  • Ernawati STAI Miftahul Huda Subang
  • Nur Fitri Amaliya STAI Miftahul Huda Subang

Abstract

ABSTRAK

 

Pendidikan menempati posisi strategis dalam rangka mencerdaskan masyarakat. Visi pendidikan Islam harus mengutamakan pengembangan intelektual peserta didik pada setiap jenis dan jenjang pendidikan dan strata sosial dengan menegakkan dan menjunjung tinggi nilai keislaman dan kemanusiaan melalui dakwah Islam di seluruh aspek kehidupan. Setiap tujuan pendidikan Islam selalu berhubungan dengan pandangan hidup negara. Melalui kajian studi pustaka, penulis menjabarkan interaksi Neurosains holistic dalam persfektif pendidikan dan masyarakat islam. Karena saat ini, penting untuk memasukkan mata pelajaran tentang otak (neurosains) dalam kurikulum pendidikan Islam. Dalam konteks pendidikan Islam, kecerdasan merupakan hal pokok bagi pengembangan potensi peserta didik terlebih pada pembentukan karakter dan rasionalitas, seperti IQ, EQ, SQ, MaQ, dan Multiple Intellegence.

Kata Kunci: Pendidikan Islam, Neurosains

Downloads

Published

2024-01-01

How to Cite

Kamalia, H., Andayani, S., Ernawati, & Amaliya, N. F. (2024). INTERAKSI NEUOROSAINS HOLISTIK DALAM PERSFEKTIF PENDIDIKAN DAN MASYARAKAT ISLAM. JUPIDA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Miftahul Huda, 1(2), 131–144. Retrieved from https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/jupida/article/view/368