EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI TK AL-KAUTSAR KABUPATEN PONOROGO DALAM KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Shofia Meifatur Rachma STKIP PGRI Ponorogo
  • Galuh Trias Widodo STKIP PGRI Ponorogo
  • Rizki Mustikasari STKIP PGRI Ponorogo

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis evaluasi pelaksanaan evaluasi pembelajaran yang dilakukan di TK Al-Kautsar apakah sudah sesuai dengan kurikulum merdeka yang sedang berlaku di dunia pendidikan terutama di Pendidikan Anak Usia Dini. Metode penelitian yang peneliti gunakan yaitu instrument evaluasi penilaian observasi langsung, penilaian portofolio dan penilaian proyek. Penelitian ini dianalisi dengan metode analisis data kuwalitatif dengan sumber data kepala sekolah, guru kelas kelompok B, peserta didik kelompok B dan juga wali murid kelompok B. Dari penelitian yang dilakukan di TK Al-Kautsar kurang sesuai antara evaluasi pembelajaran yang dilakukan di TK Al-Kautsar dengan evaluasi pada kurikulum merdeka. Evaluasi pembelajaran yang digunakan di TK Al-Kautsar hanya melalui penilaian portofolio, proyek dan juga observasi langsung. Sedangkan pada kurikulum merdeka evaluasi diambil dari penilaian hasil karya, anekdot, dan juga cheklis. Di TK Al-Kautsar penilaian checklist belum dilaksanakan sesuai dengan penilaian pada kurikulum merdeka, dikarenakan TK Al-Kautsar masih terlalu awal dalam menerapkan kurikulum merdeka di lembaganya. Kepala sekolah TK Al-Kautsar juga belum sepenuhnya memahami kurikulum merdeka, jadi penerapannya kurang maksimal.

Kata kunci : Evaluasi; Metode Penelitian; Penilaian.

Downloads

Published

2024-01-01

How to Cite

Shofia Meifatur Rachma, Widodo, G. T., & Mustikasari, R. (2024). EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI TK AL-KAUTSAR KABUPATEN PONOROGO DALAM KURIKULUM MERDEKA. JUPIDA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Miftahul Huda, 1(2), 97–110. Retrieved from https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/jupida/article/view/367