Peran Guru Dalam Memberikan Pemahaman Kepada Orang Tua Dalam Penanaman Kemandirian Anak Usia Dini
Abstract
ABSTRAK
Perkembangan Kemandirian yang terjadi pada anak tidak lepas dari keterlibatan orang tua dalam mendidik anaknya. Kemandirian pada seorang anak dapat terbentuk di sekolah maupun didalam keluarga. Kemandiran pada anak usia dini ditandai dengan kemampuan anak memilih sendiri, kreatif, inisiatif, mengatur tingkah laku, bertanggung jawab, mampu menahan diri, membuat keputusan sendiri, serta mampu mengatasi masalah tanpa ada pengaruh dari orang lain. Tujuan dalam artikel ini yaitu untuk guru memberikan pemahaman kepada orang tua tenytang kemandirian anak usia dini. Metode dalam penelitian ini yaitu studi pustaka (library research) pengumpulan data dengan cara mencari sumber dan merekonstruksi dari berbagai sumber sepert buku, jurnal, dan riset-riset yang sudah ada. Hasil dari penelitian ini yaitu peran guru dalam menyampaikan pemahaman kepada orang tua terkait kemandirian anak dikarenakan di Pendidikan anak usia dini masih banyak orang tua yang belum mengerti tentang kemandirian anak atau masih salah pemahaman yang mengakibatkan perilaku orang tua yang bertentangan dengan teori kemandirian anak usia dini seperti orang tua tidak memberikan kesempatan kepada anak untuk melakukan sesuatu hal yang baru, orang tua mendampingi atau melihat anaknya ketika proses belajar di sekolah, orang tua yang tidak memberikan keleluasaan kepada guru ketika di sekolah, kemudian sampai orang tua mengerjakan pekerjaan anak yang harusnya di kerjaan sendiri oleh anak tersebut karena ingin anaknya di puji yang padahal bukan di kerjakan oleh anak itu sendri.
Kata Kunci: Peran Guru, Orang Tua, Kemandirian