Upaya Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini Melalui Bermain Bahan Alam Kelompok A RA Darul Ma’arif Pamanukan Subang
Meningkatkan karakter anak dengan media bahan alam
Abstract
Mengingat betapa pentingnya pembentukan nilai karakter pada anak, maka pendidikan karakter dapat dikembangkan oleh guru dengan cara upaya meningkatkan karakter pada anak usia dini melalui bermain bahan alam. Adapun rumusan masalah yang peneliti ajukan adalah bagaimana upaya meningkatkan pendidikan karakter pada anak usia dini melalui bermain bahan alam kelompok A RA Darul Ma’arif Pamanukan Kabupaten Subang. Tujuan penelitian untuk mengetahui tentang upaya meningkatkan pendidikan karakter pada anak usia dini melalui bermain bahan alam kelompok A RA Darul Ma’arif Pamanukan Kabupaten Subang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang melibatkan 1 orang guru dan jumlah 13 anak sedangkan objek penelitiannya adalah upaya meningkatkan pendidikan karakter pada anak usia dini melalui bermain bahan alam kelompok A RA Darul Ma’arif Pamanukan Kabupaten Subang, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan perolehan jumlah skor rata-rata presentase karakter anak usia dini kelompok A di RA Darul Ma’arif Pamanukan Kabupaten Subang sebesar 53.85% kategori belum berkembang, 26.92% kategori mulai berkembang, 19.23% kategori berkembang sesuai harapan dan 0% kategori berkembang sangat baik artinya bahwa karakter anak usia dini dalam menerapkan metode bermain bahan alam secara umum berada pada kategori belum berkembang (BB). Berdasarkan perolehan jumlah skor persentase upaya meningkatkan karakter pada anak usia dini melalui bermain bahan alam kelompok A RA Darul Ma’arif Pamanukan Subang sebesar 17.31% kategori belum berkembang, 63.46% kategori mulai berkembang, 11.54% kategori berkembang sesuai harapan dan 7.69% kategori berkembang sangat baik artinya bahwa karakter anak usia dini dalam menerapkan metode bermain bahan alam secara umum berada pada kategori mulai berkembang (MB). Berdasarkan perolehan jumlah skor persentase upaya meningkatkan karakter pada anak usia dini sesudah bermain bahan alam kelompok A RA Darul Ma’arif Pamanukan Subang sebesar 0% kategori belum berkembang, 0% kategori mulai berkembang, 82.70% kategori berkembang sesuai harapan dan 17.31% kategori berkembang sangat baik artinya bahwa karakter anak usia dini dalam menerapkan metode bermain bahan alam secara umum berada pada kategori berkembang sesuai harapan (BSH). Hal ini mengindikasikan bahwa upaya meningkatkan karakteristik anak usia dini melalui bermain bahan alam terlihat baik dan telah memenuhi target keberhasilan yaitu 80%, sehingga penelitian tindakan kelas berikutnya tidak dilaksanakan. Penelitian ini menggambarkan bagaimana proses guru dalam upaya meningkatkan karakter anak dan dapat dijadikan sebagai salah satu sumber alternatif dalam proses peningkatan karakter anak usia dini.
Kata Kunci : Pendidikan karakter, Metode bermain bahan alam