Peningkatan Kreatifitas Anak Melalui Kegiatan Mencap Dengan Menggunakan Pelepah Pisang Pada Kelompok B Di TKIT Cahaya Qolbu Tambakdahan

Kreativitas; Pelepah Pisang;

Authors

  • Komariah Dhini Hartini Hartini STAI MIFTAHUL HUDA SUBANG
  • Sukatma
  • Miptah Parid Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Huda Subang

Abstract

Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi sebuah permasalahan rendahnya tingkat peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan mencap dengan menggunakan pelepah pisang pada kelompok B di TKIT Cahaya Qolbu Tambakdahan. Fokus masalah penelitian adalah bagaimana penerapan kegiatan mengecap untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini kelompok B di TKIT Cahaya Qolbu Tambakdahan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa melalui kegiatan mengecap dengan media pelepah pisang pada siswa kelompok B di TKIT Cahaya Qolbu Tambakdahan. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelompok B di TKIT Cahaya Qolbu Tambakdahan Tahun Pelajaran 2022/2023 berjumlah 13 anak, meliputi 5 laki-laki dan 8 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi guru, lembar observasi anak, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis statistik deskriptif. Langkah penelitian terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini adalah kegiatan mengecap menggunakan pelepah pisang dapat mempengaruhi peningkatan kreativitas anak di TKIT Cahaya Qolbu Tambakdahan. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan Berkembang Sangat Baik (BSB). Hasil penelitian pada prasiklus sebagai hasilnya, hanya 1 anak dari total 13 anak yang berhasil mencapai tingkat ketuntasan dalam kegiatan tersebut sebesar 7,69% kategori peningkatan mencetak anak dan kategori peningkatan kreativitas anak sebesar 15,38%, pada siklus I hanya ada 3 anak yang mencapai tingkat ketuntasan dari total 13 anak yang terlibat peningkatan mencap anak 23,07% dan peningkatan kreativitas anak sebesar 23,07%, dan pada siklus II terdapat 11 orang anak dari 13 anak yang mencapai ketuntasan dalam kegiatan mencap sebesar 84,61% peningkatan mencetak anak dan peningkatan kreativitas anak sebesar 84,61%. Simpulan penelitian adalah kegiatan mengecap menggunakan pelepah pisang dapat meningkatkan kreativitas anak usia dini kelompok B di TKIT Cahaya Qolbu Tambakdahan.
Kata Kunci: Kreativitas; Pelepah Pisang;

Downloads

Published

2023-07-12

How to Cite

Hartini, K. D. H., Sukatma, & Miptah Parid. (2023). Peningkatan Kreatifitas Anak Melalui Kegiatan Mencap Dengan Menggunakan Pelepah Pisang Pada Kelompok B Di TKIT Cahaya Qolbu Tambakdahan: Kreativitas; Pelepah Pisang;. JUPIDA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Miftahul Huda, 1(1), 28–42. Retrieved from https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/jupida/article/view/176