Pengaruh Persaingan Usaha dan Konflik Sosial terhadap Persepsi Masyarakat pada Bisnis Minuman Es Boba
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara persaingan usaha dan konflik sosial terhadap persepsi masyarakat pada bisnis minuman es boba. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei, pengambilan sampel dengan teknik probability sampling dengan metode simple random sampling, sebanyak 96 sampel dari masyarakat sebagai responden. Teknik analisis data menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan software analisis SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konflik sosial (X2) berpengaruh signifikan terhadap variabel persepsi masyarakat (Y), hal ini membuktikan bahwa H1 (diterima) dan persaingan usaha (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap persepsi masyarakat, hal ini membuktikan bahwa H2 (ditolak).
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Dewati, Rosita, and Wahyu Adhi Saputro. 2020. “Persepsi Konsumen Terhadap Pembelian Produk Herbal Di Kabupaten Sukoharjo.” AGRISAINTIFIKA: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian 4 (2): 144. https://doi.org/10.32585/ags.v4i2.889.
- Ghozali, Mohammad, Norazzah Binti Kamri, and M Ali Zi Khafid. 2022. “The Merger of Indonesian Islamic Banks: Impact on the Islamic Economy Development.” Al-Iktisab: Journal of Islamic Economic Law 6 (1): 23. https://doi.org/10.21111/al-iktisab.v6i1.7551.
- Hamisah, Siti, and M Tony Nawawi. 2023. “Pengaruh Kepuasan Kerja, Kompetensi, Dan Komitmen Organisasional Terhadap Loyalitas Pegawai Di Taspen Life Jakarta.” Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan 5 (2): 474–83.
- Hendrawan, Andy, and Andi Wijaya. 2020. “Pengaruh Dimensi Orientasi Kewirausahaan Dan Jaringan Usaha Terhadap Kinerja Usaha UKM Di Jakarta Barat.” Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan 2 (3): 577–86.
- Herman, Bahtiar, and Mursalim Nohong. 2022. “Pengaruh Jaringan Usaha, Inovasi Produk, Dan Persaingan Usaha Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM).” JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika) 19 (1): 1–19. https://doi.org/10.26487/jbmi.v19i1.18575.
- Kurniawan, Mario Fushsilat Dwi, and Suhermin Suhermin. 2024. “PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, PROMOSI, DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN.” Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM) 13 (2).
- Laksono, Bernardus Ferry Wahyu, and Paulus Wardoyo. 2019. “Pengaruh Work Life Balance, Kepuasan Kerja Dan Work Engagement Terhadap Turnover Intentions Dengan Mentoring Sebagai Variabel Moderating Pada Karyawan Hotel DAFAM Semarang.” Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis 12 (1): 17–36.
- Manalu, Lenni. 2023. “PENGARUH E-TRUST TERHADAP E-CUSTOMER LOYALTY PADA PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE (Studi Kasus Pada Pengguna Shopee Di Perumahan Swadarma Lestari Maburai Kecamatan Murung Pudak).” SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI TABALONG.
- Mazidah, Amalia, and Nur Laily. 2020. “Pengaruh Knowledge Sharing Terhadap Perilaku Inovatif Dan Kinerja Karyawan.” Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM) 9 (2).
- Mazka, Furqon. 2023. “Human Capital Management Dan Technology Acceptance Model Serta Pengaruhnya Terhadap Produktivitaskerja Karyawan Pada Perusahaan Sektor Perkebunan.” Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Manajemen (EKO-BISMA) 2 (1): 124–37.
- Nainggolan, Arison. 2018. “Competitive Advantage Dan Upaya Meningkatkan Laba Perusahaan.” Jurnal Manajemen 4 (1): 1–14.
- Novianti, Alifah Dwi, and Luqman Hakim. 2021. “Pengaruh Pengetahuan, Produk Dan Religiusitas Terhadap Minat Menabung Dengan Variabel Moderating Persepsi.” Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) 9 (1): 116–22. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n1.p116-122.
- Nst, Venny Fraya Hartin. 2023. “Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Dalam Meningkatkan Pelayanan Terhadap Tamu Hotel Di The 7r Restaurant Pada Asean International Hotel Medan.” Jurnal Ilmiah METADATA 5 (1): 34–56.
- Nurhidayat, Nurhidayat, Fathul Muin, and Ibnu Mansyur Hamdani. 2023. “Pengaruh Kemampuan Operasi Hitung Matematika, Kemampuan Berpikir Divergen Dan Kecerdasan Linguistik Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika 3 (2): 115–28.
- Pautina, Yazid Bustomin, Yulinda L Ismail, and Zulfia K Abdussamad. 2022. “Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Belanja Online Shopee (Studi Pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo).” JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis 5 (2): 474–84.
- Pudyastuti, Esty, and Ahmad Saputra. 2021. “Upaya Peningkatan Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kota Medan Di Masa Pandemi Covid-19.” INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia 4 (3): 437–49.
- Resmanasari, D, W Ruswandi, and S Setiadi. 2020. “Pengaruh Kepercayaan, Keamanan Dan Persepsi Akan Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Belanja Online.” Jurnal Ekonomak VI (2): 16–23. http://ejournal.stiepgri.ac.id/index.php/ekonomak/article/view/153.
- Yamin, Sofyan. 2023. Olah Data Statistik SMARTPLS 3 SMARTPLS 4 AMOS & STATA (MUDAH & PRAKTIS) EDISI III. Dewangga Energi Internasional Publishing.
- Zulaiha, Ayu Rida, and Anton Eko Yulianto. 2023. “Pengaruh Brand Ambassador, Social Media Marketing Dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli.” Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM) 12 (2).