Inovasi Pemasaran Digital Dalam Konteks Ekonomi Islam: Studi Kasus di Toko Muzeyro Hijab Batang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sukma Ayu Cahyakinasih
Adinugraha
M. Shulthoni

Abstract

Abstrak


Penelitian ini menganalisis inovasi pemasaran digital yang diterapkan oleh Toko Muzeyro Hijab di Batang, dengan fokus pada penerapan prinsip – prinsip ekonomi islam dalam strategi pemasaran. Dalam konteks industri fashion muslim yang berkembang, pemasaran digital menjadi krusial untuk meningkatkan daya saing dan keberlanjutan bisnis. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologis. Data primer diperoleh melalui wawancara dan observasi, sementara data sekunder meliputi berbagai literatur terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran digital yang efektif mencangkup segmentasi pasar, penggunaan media sosial, dan influencer marketing, yang semuanya berlandaskan pada prinsip kejujuran dan keadilan. Selain itu, inovasi teknologi seperti live streaming dan augmented reality juga meningkatkan pengalaman berbelanja. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan untuk pengembangan strategi pemasaran digital yang lebih efektif dan berbasis syariah dalam konteks usaha mikro dan kecil.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Cahyakinasih, S. A., Hendri Hermawan Adinugraha, & Muhammad Shulthoni. (2024). Inovasi Pemasaran Digital Dalam Konteks Ekonomi Islam: Studi Kasus di Toko Muzeyro Hijab Batang . JEKIS: Jurnal Ekonomi Islam, 2(3). Retrieved from https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/jekis/article/view/675

References

  1. Asri Lestari, Z. M. (2023). Analisis Perkembangan Digitalisasi Marketing UKM Kuliner Bana Chip Lumer Dalam Perspektif Ekonomi Islam .
  2. Azwar, S. (2017). Peran Umkm Konveksi Hijab Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Perempuan .
  3. Budiani Kusumaningrum, N. T. (2023). Strategi Dan Inovasi Digitalisasi Marketing Pada Bank Syariah Indonesia .
  4. Dewi Pujiani, J. T. (2020). Pengaruh Orientasi Pemasaran Syariah Dan Inovasi Produk Terhadap Strategi Pemasaran Pada Ksp Kopwan Aisyiyah Syariah Karanganyar .
  5. Dwi Astuti Wahyu, N. (2020). Research Methodologi .
  6. Furber, Musa. 2017. “Muslim Usage of Internet.” Tabah Analytic Brief Research, no. 16
  7. Ichraq Hammou, S. A. (2020). Social Media and Intangible Cultural Heritage For Digital Marketing Communication: Case of Marrakech Crafts .
  8. Mohammad Gifari Sono, E. E. (2023). Strategi Pemasaran Digital dalam Mendorong Keberhasilan Wirausaha di Era Digital .
  9. Rudi Yacub, W. M. (2020). Analisis Pengaruh Pemasaran Digital (Digital Mrketing) Terhadap Brand Awareness pada E- Commerce .
  10. Sindhuja, P. (2022). Assessment of Digital Marketing Technologies Using TOPSIS Method .
  11. Suci Hartini, M. I. (2022). Digital Marketing Dalam Perspektif Ekonomi Islam .
  12. Wahyu Pramana, H. N. (2022). Analisis Digital Marketing dan Literasi Ekonomi Syariah Terhadap Pendapatan Pelaku Industri Kecil dan Menengah di Provinsi Lampung Melalui E-Commerce .
  13. Wahyuni, D. (2023). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran Produk Dikalangan Wirausaha Perempuan Muslim Dalam Prespektif Ekonomi Islam (Studi Pada Toko Indah Jilbab Desa Jati Baru Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan)
  14. Yessi Avita Sari, R. R. (2024). Peran Pemasaran Digital Dalam Mengembangkam Bisnis Syariah Di Era Digital .