ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN NASABAH PRODUK CILEM DI BSI KCP MOJOAGUNG JOMBANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dede Nurhayati Nuroh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk strategi pemasaran dalam meningkatkan nasabah pada produk cicil emas di BSI KCP Mojoagung Jombang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan data yang diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Strategi pemasaran yang digunakan oleh BSI KCP Mojoagung Jombang yakni dengan pendekatan bauran pemasaran 7P pada pengembangan produk cicil emas. Cicil emas merupakan salah satu produk unggulan BSI yang menawarkan solusi investasi syariah kepada nasabah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bauran pemasaran yang diterapkan BSI KCP Mojoagung berkontribusi secara signifikan terhadap penigkatan jumlah nasabah pada produk cicil emas terutama melalui promosi yang efektif yang mana bisa menyebabkan nasabah pada produk cicil emas ini terus meningkat setiap periodenya. Bank Syariah Indonesia perlu terus mengoptimalkanistrategi pemasaran untuk menghadapi persaingan di masa mendatang.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Nuroh, D. N. (2024). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN NASABAH PRODUK CILEM DI BSI KCP MOJOAGUNG JOMBANG. JEKIS: Jurnal Ekonomi Islam, 2(3). Retrieved from https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/jekis/article/view/674

References

  1. Afifah, Lula Akmal, A Kosim, and H Hakiem. 2022. “Konsep Produk Dalam Pemasaran Mencakup Elemen Desain, Fitur, Dan Kualitas Yang Memenuhi Kebutuhan Konsumen. Penjelasan Ini Diuraikan Dalam Penelitian Tentang Bauran Pemasaran Produk Syariah.” El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam.
  2. Afifah, Lula Akmal, Ahmad Mulyadi Kosim, and Hilman Hakiem. 2023. “Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Cicil Emas Di Bank Syari’ah Indonesia: Studi Kasus Bank Syari’ah Indonesia KCP Sudirman.” El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam 4 (4): 1037–44.
  3. Dewi, Pratiwie Nirmala, Chandra Hendriyani, and Rommy Mochammad Ramdhani. 2021. “Analisis Implementatasi Strategi Bauran Pemasaran 7P Pada Usaha Bakso Wong Jowo By Tiwi.” JIP (Jurnal Industri Dan Perkotaan) 17 (2): 6–13.
  4. Firman, Ahmad. 2022. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Rumah.” Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah) 5 (2): 1549–62.
  5. Hanyfah, Siti, Gilang Ryan Fernandes, and Iwan Budiarso. 2022. “Penerapan Metode Kualitatif Deskriptif Untuk Aplikasi Pengolahan Data Pelanggan Pada Car Wash.” In Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi). Vol. 6.
  6. Hernita, Resmi, Noprizal Noprizal, and Ahmad Danu Syaputra. 2022. “Strategi Pemasaran Produk Cicil Emas Bank Syariah Indonesia.” IAIN Curup.
  7. Meilani, Revi, and Ida Ayu Nuh Kartini. 2020. “Pengaruh Product, People, Dan Process Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Ekspedisi Cv. Hitam Oren Express (Hoe) Di Surabaya.” JEM17: Jurnal Ekonomi Manajemen 5 (1).
  8. Mohamad, Roni, and Endang Rahim. 2021. “Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Dalam Perspektif Syariah.” MUTAWAZIN (Jurnal Ekonomi Syariah) 2 (1): 15–26.
  9. Ningsih, Putri Rahayu, and Taufiqur Rahman. 2023. “Analisis Prosedur Pembiayaan Produk Cicil Emas BSI dalam Upaya Meningkatkan Nasabah pada Bank Syariah Indonesia KC Bojonegoro.” Jurnal Justisia Ekonomika: Magister Hukum Ekonomi Syariah 7 (2). https://doi.org/https://doi.org/10.30651/justeko.v7i2.20651.
  10. Ningsih, Putri Rahayu, and Tufiqur Rahman. 2023. “Analisis Prosedur Pembiayaan Produk Cicil Emas BSI dalam Upaya Meningkatkan Nasabah pada Bank Syariah Indonesia KC Bojonegoro.” Jurnal Justisia Ekonomika: Magister Hukum Ekonomi Syariah 7 (2). https://doi.org/https://doi.org/10.30651/justeko.v7i2.20651.
  11. Putri, Berliana Pradita, Muhammad Iqbal Fasa, and Suharto. 2022. “Implementasi Analisis SWOT Dalam Strategi Pemasaran Pada Pengembangan Perbankan Syariah Di Indonesia.” Jurnal Aplikasi Bisnis. https://doi.org/https://doi.org/10.20885/jabis.vol19.iss2.art2.
  12. Rafik, Zainur. 2023. “Analisis Implementasi Strategi Pemasaran Islami Pada Produk Tabungan Emas Dalam Menarik Minat Nasabah Di Bank Syariah Indonesia Kcp. Buleleng.” Iltizam : Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam 1 (1). https://doi.org/https://doi.org/10.35316/iltizam.v1i1.3378.
  13. Ramadan, Arya Rama Lingga, Wiewiek Indriani, and Lestari Wuryanti. 2024. “Analisis Pengaruh Product, Price, Place, Promotion, Personel, Process dan Physical Evidence terhadap KEPUASAN Pelanggan Magerjek (Transportasi Ojek Online Liwa).” Journal of Management and Innovation Entrepreneurship.
  14. Refilia, Dea Naza, S Suharto, and Nuzulya Pahlawi. 2023. “Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk Bank Syariah Indonesia.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis (JMB). https://doi.org/https://doi.org/10.57084/jmb.v4i1.937.g899.
  15. Ritonga, Mei Linda. 2024. “Analisis Strategi Pemasaran Pembiayaan Murabahah Terhadap Produk Cicil Emas Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah Di BSI KCP Cemara Asri.” Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Bisnis.
  16. Safitri, Della Nuary. 2023. “Analisis Strategi Pemasaran Produk Cicil Emas Di Bank Syariah Indonesia KCP Cirebon Plered 1.” UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
  17. Susanto, Ari, Adiana Novita, Deni Alatas, and Agung Apriana. 2023. “Analisis Perkembangan Perbankan Syariah di Kabupaten Subang.” Jurnal Perbankan Syariah Indonesia (JPSI).
  18. Taufiqurrochman, Muhammad, Wheny Khristianto, and Edy Wahyudi. 2024. “Implementasi Bauran Pemasaran pada Kopixel Jember.” Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBis).
  19. Tenda, Yosua J, Johnny A F Kalangi, and Danny D S Mukuan. 2022. “Analisis Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan