ARISAN QURBAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Kajian Studi Analisis Al-Qur’an)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

atiatul fauziyah
Alam Tarlam
Ernawati

Abstract

Abstrak


Ibadah qurban adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain itu, qurban juga memperkuat hubungan sosial di masyarakat. Banyak orang yang ingin berqurban sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT, namun tidak semua dapat melaksanakannya karena keterbatasan rezeki. Situasi ini mendorong masyarakat untuk melaksanakan qurban melalui arisan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kejelasan tentang hukum pelaksanaan arisan qurban dalam pandangan ekonomi Islam melalui studi analisis Al-Qur'an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan (library research) dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menjelaskan hukum arisan qurban diperbolehkan dengan syarat tidak  ada kebutuhan lain yang mendesak misalnya memiliki utang dan mengharuskan untuk segera dilunasi. Artinya bagi yang berutang, maka diharuskan untuk melunasi hutangnya terlebih dahulu, baru kemudian mengikuti arisan qurban.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
fauziyah, atiatul, Tarlam, A., & Ernawati. (2024). ARISAN QURBAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Kajian Studi Analisis Al-Qur’an). JEKIS: Jurnal Ekonomi Islam, 2(2). Retrieved from https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/jekis/article/view/473

References

  1. Alam Tarlam, Zaenudin, Jamali, Unique Tradition Of Eidul Adha Celebration In Indonesia (Thematic Study Of The Qur'an), Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, Vol. 9, No. 3, September, 2023.
  2. Al-Jaziri,Abdurrahman, Kitabal-Fiqh‘alaMadzahibal-Arba’ah,Juz 1, Cet.III;Beirut: Daral-Ihyaat-Turatsal-Arabi,1999.
  3. Al-Khotslan, Sa’ad bin Turki, Fiqhu Al-Mu’amalat Al-Maliyyah Al-Mu’ashiroh,cet.2.
  4. Al-Utsaimin,MuhammadbinṢalih,SyarhuRiyādhal-Ṣālihin, Cet.1;Madārual-Waṭan, 2008.
  5. Al-Zuhaili, Wahbah,Al-Fiqhal-IslamiwaAdillatuh,Cet.3,Dimasyiq:Daral-Fikr,1989.
  6. Ash-Shumai’i li An-Nasyri wa At-Tauzi’, Riyadh, 2012.
  7. Ayyub, Hassan, Fiqih al-Ibadatal-Hajj,Cet.II;Beirut:Daral-Nadwahal-Jadidah,1986.
  8. Basyir, Ahmad Azhari. Asas-Asas Hukum Muamalat, Yogyakarta: UUI Press,2000.
  9. Husaini,Abu.Kitabasy-Sya’bShahihMuslim, Kairo:Darasy-Sya’bt, (1998), jilid 4.
  10. Mawi Asmawi, Alam Tarlam, Potensi Hebat Manusia Perspektif Islam, MAKOLAT: Journal of Islamic Studies, ISSN : 2985-5829, Vol. 1 No. 3, 2023.
  11. MuhammadbinṢalihal-Utsaimin,SyarhuRiyādhal-Ṣālihin,Kairo : Dar Ibnu al Jauzi., 1436 H
  12. Nur Baits,Ammi,PanduamKurbandariASampaiZMengupasTuntasSeputarFiqihKurban, 2015.
  13. Rosmita, Zulfiah Sam, Isra ‘Aini, Nasaruddin, Arisan Kurban Perspektif Hukum Islam, AL-KHIYAR: Jurnal Bidang Muamalah dan Ekonomi Islam, 3 (1), 2023.
  14. Rozikin, Mokhamad Rohma, Hukum Arisan Dalam Islam, Jurnal NIZHAM, Vol. 06, No. 02 Juli-Desember, 2018.
  15. Rusyd,Ibny, RujukanUlamaFiqihPerbandinganMazhabAhlussunnahwal-Jama’ah,terj.Beni Sarbeni,Abdul Hadi, Zuhdi:Bidayatul mujtahid, 2006.
  16. Tarlam. Alam, Ekomoni Prespektif Islam(Tinjauan Studi Tematik Al-Qu’ran), Jurnal JEKIS, Volume 1 No.1. 2023.
  17. TimPenyusunKamusPusatPembinaandanPengembanganBahasa, KamusBesarBahasa Indonesia,cet. II, Jakarta: Balai Pustaka,1996.
  18. Vivi Irfiani, Alam Tarlam, Potensi Manusia Dalam Perspektif Islam: Menggali Potensi Diri Untuk Kesempurnaan Spiritual, KAMALIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 1. No. 2. 2023.
  19. Yana Yuhana, Alam Tarlam, Memahami Tugas Manusia Dari Segi Agama Islam, Kamaliyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 1 No. 1. 2023.