4 Strategi Peningkatan Kesadaran Muzakki Melalui Program Kaleng Kebaikan Di Yatim Mandiri Jember menerangkan tentang bagaimana strategi untuk meningkatkan kesadaran muzakki/orang yang menerima melalui program yang dilakukan oleh Lembaga Amil Zakat Yatim Mandiri Jember yaitu Kaleng Kebaikan Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yulia Nurul Fatiha Fatiha
Almahiro
R. Subhan

Abstract

Strategi lembaga amil zakat nasional dalam memaksimalkan jumlah bersedekah melalui kaleng kebaikan yang ada di kota jember dan mayoritas penduduknya beragama Islam. Metode deskriptif kualitatif digunakan sebagai metode penelitian. Metode analisis deskriptif, analisis SWOT. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian peneliti fokus pada analisis SWOT sebagai strategi untuk meningkatkan minat masyarakat menjadi muzakki LAZNAS Yatim Mandiri Jember. Implementasi strategi untuk meningkatkan kewajiban zakat ataupun bersedeekah  masih belum optimal. Selama ini strategi yang dilakukan LAZNAS Yatim Mandiri Jember hanya menggunakan sosialisasi tanpa adanya dorongan dari media cetak, media sosial atau media lainnya dan ketidaktahuan masyarakat tentang bersedekah melalui kaleng kebaikan  masih menjadi faktor penghambat. , dan memutuskan untuk memberikan langsung kepada mustahiq dan stratwegi tersebut dapat disimpulkan bahwa LAZNAS Yatim Mandiri Jember berada pada posisi kuadran (positif) yang berarti bahwa lembaga ini memiliki peluang .strategi yang digunakan oleh LAZNAS Yatim Mandiri guna meningkatkan kesadaran muzakki untuk berzakat,berinfaq,dan bersedekah melalui kaleng kebaikan

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Fatiha, Y. N. F., Almahiro, & Subhan, R. (2024). 4 Strategi Peningkatan Kesadaran Muzakki Melalui Program Kaleng Kebaikan Di Yatim Mandiri Jember: menerangkan tentang bagaimana strategi untuk meningkatkan kesadaran muzakki/orang yang menerima melalui program yang dilakukan oleh Lembaga Amil Zakat Yatim Mandiri Jember yaitu Kaleng Kebaikan . JEKIS: Jurnal Ekonomi Islam, 2(1). Retrieved from https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/jekis/article/view/345

References

  1. Bakhori, A. (T.T.). Tinjauan Aspek Korosi Pada Makanan Dalam Kemasan Kaleng.
  2. Ekonomi Dan Bisnis Islam, F., & Lembaga Zakat, D. (2018). Analisis Mode; Fundraising (Vol. 4, Nomor 1).
  3. Fauziah, M., Bimbingan, P., Islam, K., Ar-Raniry, U., & Aceh, B. (2019). KONSEP Kebaikan Dalam Perspektif Dakwah. 3(1), 73–94. Https://Doi.Org/10.22373/Al-Idarah.V3i1.5130
  4. Hasyim Afandi, M., Pengabdian Masyarakat, J., & Arifin Dan Tri Wahyudi Ramdhan STAI Miftahul Ula Nglawak Kertosono Nganjuk, Z. (T.T.). Upaya Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penghimpunan Dana Koinisasi Di Desa Ngronggot Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk.
  5. Ishak, K., Hakim, L., Audina Putri, R., Mahfud, & Nur Fatila, D. (2021). Strategi Meningkatkan Minat Masyarakat Menjadi Muzakki Melalui Filantropi Islam. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking And Finance, 4(2), 551–561. Https://Doi.Org/10.25299/Jtb.2021.Vol4(2).7948
  6. Kartika, I. K. (2020). Pengaruh Pendapatan Terhadap Minat Membayar Zakat Dengan Kesadaran Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Muzakki Di BAZNAS Salatiga). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(1). Https://Doi.Org/10.29040/Jiei.V6i1.558
  7. Khatimah, H., & Nuradi. (2020). Optimalisasi Zakat Melalui Pemberdayaan Muzakki. Rayah Al-Islam, 4(02), 244–256. Https://Doi.Org/10.37274/Rais.V4i02.90
  8. Mustaqim, K. (2019). Strategi Fundraising Program Kaleng Sedekah Lazisnu Kendal (Studi Pada NU Care-Lazisnu Cabang Kendal). 122411130, 1–23.
  9. Nisak, Z. (T.T.). Analisis Swot Untuk Menentukan Strategi Kompetitif.
  10. Nugroho, A., Ahmad, A., & Wijoyo, W. (2021). Analisis Strategi Fundraising Zakat Dalam Meningkatkan Jumlah Muzakki Studi Pada LAZ Baitulmaalku Kabupaten Karawang. Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 6(01), 77–85. Https://Doi.Org/10.37366/Jespb.V6i01.179
  11. Rahmadani, F. A. (2020). Jurnal Comm-Edu Upaya Menumbuhkan Kesadaran Masyarakat Dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Melalui Pengelolaan Bank Sampah. 3(3), 2615–1480.
  12. Sujana, W. (2020). Analisis Swot Guna Meningkatkan Kesadaran Umat Untuk Menyalurkan Zakat Melalui Lembaga Amil Zakat Di Baznas Kota Baubau. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 3, 2684–9283. Https://Doi.Org/10.35326/Jiam.V3i1
  13. Syafiq, A., & Mahkamah, B. P. (T.T.). Peningkatan Kesadaran Masyarakat Dalam Menunaikan Zakat, Infaq, Sedekah Dan Wakaf (Ziswaf).
  14. Ulfa Direktorat Jenderal Pajak Irwan Aribowo Politeknik Keuangan Negara STAN Alamat Korespondensi, M. (T.T.). STRATEGI Meningkatkan Kesadaran Dan Kepatuhan Wajib Pajak Umkm Di Indonesia.
  15. Wicaksono, A., & Issn, |. (T.T.). Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Analisis SWOT Tanpa Skala Industri Pada PT X Di Jakarta Jurnal Manajemen Industri Dan Logistik. Http://Jurnal.Poltekapp.Ac.Id/